Kunjungi 10 Fakta Menarik yang Ada di Ende, Flores

Kunjungi 10 Fakta Menarik yang Ada di Ende, Flores

TRAVEL, dawainusa.com Ende merupakan salah satu tempat terkenal di dunia karena adanya danau tiga warna yakni Danau Kelimutu. Selain itu Ende juga menjadi salah satu tempat bersejarah bagi Bangsa Indonesia, dimana telah menjadi tempat pergulatan ideologi Pancasila oleh salah satu founding fathers Bangsa Indonesia yakni Bung Karno.

Baca juga: Intip 10 Fakta Menarik yang Terdapat di Lembata, NTT

Namun tidak hanya itu. Ende juga ternyata menyimpan berbagai macam keindahan alam dan budaya yang akan membuat anda merindukan tempat ini. Berikut ini ada 10 alasan mengapa anda merindukan Ende.

10 Fakta Menarik yang Wajib Anda Kunjungi di Ende:

Baca juga: 10 Tempat Paling Indah di TTU yang Wajib Kamu Kunjungi

Danau Tiga Warna

Bagi setiap orang yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Ende, tempat pertama yang selalu dikunjungi adalah Danau Tiga Warna. Danau ini terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT atau sekitar 45 km dari Kota Ende, dan kurang lebih 83 kilometer dari Maumere.

Di tempat ini anda akan menemukan tiga danau yang selalu berubah warna. Ketiga danau tersebut dikenal dengan nama Tiwu Ata Bupu, Tiwu Ata Polo dan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai. Warna Biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” diyakini oleh penduduk setempat menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang meninggal di usia muda.

Warna Merah atau “Tiwu Ata Polo” diyakini menjadi tempat berkumpulnya arwah orang-orang yang semasa hidupnya sering melakukan perbuatan jahat. Sedangkan Warna Putih atau “Tiwu Ata Mbupu” diyakini oleh warga setempat sebagai tempat berkumpulnya arwah-arwah leluhur mereka yang meninggal di usia tua.

Danau Tiga Warna

Danau Tiga Warna – Travel Today

Rumah Pengasingan Bung Karno

Tahukah anda bahwa Bung Karno pernah diasingkan selama 4 tahun (1934-1938) di Ende? Jika belum tahu maka datanglah ke Ende. Di tempat ini anda akan menemukan salah satu rumah tempat Bung Karno diasingkan. Rumah kecil yang berada di Jalan Wirajaya ini menyimpan banyak barang bersejarah. Mengunjungi tempat ini akan membuat anda rindu setelah meninggalkannya.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno – wikipedia

Museum Tenun Ikat

Tak dapat disangkal bahwa setiap wilayah di Indonesia memiliki warisan Budaya. Di Ende, salah satu warisan budaya yang masih terjaga hingga saat ini adalah Tenun Ikat. Jika anda ingin mencari pakaian adat Ende, Museum Tenun Ikat layak menjadi tempat yang anda kunjungi.

Di tempat ini anda akan menemukan berbagai macam jenis pakaian adat Ende. Selain itu, di tempat ini anda juga bisa mempelajari tentang pola kain tenun ikat, memahami arti warna dan motif yang digunakan dalam tenun Ikat.

Museum Tenun Ikat

Museum Tenun Ikat – Flickr

Tarian Gawi

Tarian Gawi merupakan salah satu tarian adat Masyarakat Ende.Tarian ini sering dipentaskan dalam berbagai macam upacara adat seperti, pengangkatan Kepala Suku (Wake Ria Renggi Bewa), pembangunan rumah adat, mengmpulkan hasil panen dalam lumbung padi.

Tarian Gawi memilki filosofi tersendiri yaitu sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat yang telah diterima masyarakat Ende Lio dan masyarakat umum tentang panen yang melimpah, kehidupan yang baik dan kerukunan antar sesama. Semua itu merupakan bagian dari harmoni yang pantas untuk disyukuri akan kebesaran Sang Pencipta.

Tarian Gawi

Tarian Gawi – athanua

Kampung Adat Jopu

Selain keindahan alam, di Ende juga anda akan menemukan sebuah Kampung adat yang dikenal dengan sebutan Kampung Adat Jopu. Kampung ini merupakan salah satu destinasi wisata di Ende.

Jika anda mengunjungi tempat ini, anda akan bertemu dengan Mama Maria, satu-satunya orang yang bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Mama Maria dikenal oleh setiap wisatawan yang datang ke Ende. Dia sangat piawai dalam bercerita akan menceritakan setiap detail makna setiap benda dan setiap guratan yang ada di rumah adat tersebut.

Kampung Adat Jopu

Kampung Adat Jopu – Pesona Desa Jopu

Bukit Cinta

Bagi kaum muda yang sedang dilanda asmara, mengunjungi Bukit Cinta adalah pilihan tepat bagi anda. Di tempat ini anda akan menikmati indahnya Pulau Ende, lautan biru dan bukit hijau yang membuat mata terpanah. Penduduk sekitar mengenal bukit ini dengan sebutan Tengu Manu, sebuah bukit dengan pemandangan indah di puncaknya.

Bukit Cinta Ende

Bukit Cinta Ende – Nyero.ID

Ubi Nua Bosi

Ende juga merupakan salah satu tempat di Pulau Flores yang memiliki makanan lokal yang paling terkenal adalah Ubi Nuabosi. Ubi Nuabosi adalah salah satu jenis ubi terbaik di daratan Flores bahkan di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Nama Nuabosi adalah nama salah satu kampung di Desa Ndetundora I yaitu daerah asli asal nama ubi kayu tersebut. Tempat ini terletak di sebelah utara Kota Ende dengan jarak tempuh sekitar 14 kilometer. Kondisi tanah di tempat ini sangat subur sehingga membuat Ubi Nuabosi bertumbuh dengan baik.

Ubi Nuabosi hanya dikembangkan di dataran Desa Ndetundora I – III dan Desa Randotonda dengan areal tanam di daerah ketinggian. Jika anda ke Kota Ende, anda akan menemukan ubi ini disuguhkan di setiap rumah warga. Kenikmatan ubi ini sangat berbeda dengan jenis ubi lainnya.

Ubi Nua Bosi

Ubi Nua Bosi – Ragam Budaya Kita

Air Terjun Murundao

Murundao merupakan salah satu Air terjun yang sangat jernih dan alami di Ende. Air terjun ini menawarkan sensasi petualangan liburan yang sangat menyenangkan.

Sensasi aliran air terjun yang jatuh ke kolam cukup menggoda untuk dinikmati kesegarannya. Di lokasi ini anda juga bisa menemukan sumber air panas. Sensasi yang ditawarkan dari air terjun ini dijamin dapat membuat anda merasa nyaman dan tak ingin pulang.

Air Terjun Murundao

Air Terjun Murundao – Daily Voyagers

Pasar Tradisional Ende

Jika ingin mendapatkan sesuatu yang berharga dari Ende, maka jangan lewatkan untuk sejenak mengunjungi salah satu Pasar Tradisional di tempat ini. Tidak lengkap rasanya jika berlibur tidak membawa buah tangan khas dari daerah Ende. Di tempat ini anda akan disuguhi berbagai macam produk lokal masyarakat Ende baik makanan maupun pakaian motif Ende.

Pasar Tradisional Ende

Pasar Tradisional Ende – Tempat Wisata

Pantai Batu Cincin

Menyebut Batu cincin, mungkin akan membuat anda penasaran. Jika merasa penasaran, maka mampirlah di Pantai Batu Cincin. Di tempat ini anda akan terperanga ketika menikmati keindahan alam yang sangat mempesona. Warga sekitar menyebut tempat ini dengan nama Watu Pere atau batu yang menyerupai pintu.

Sebuah tebing berongga yang dihempas alunan ombak menjadi sajian alam yang begitu indah. Anda tidak mudah untuk menuju tempat ini karena akses jalan yang lumayan sulit. Namun anda tidak akan kecewa setelah menikmati keindahan alam di tempat ini.

Pantai Batu Cincin

Pantai Batu Cincin – YouTube

Itulah 10 hal menarik yang dapat anda temui jika anda ingin mengunjungi Ende. Kesepuluh hal menarik di atas merupakan bagian dari kekayaan masyarakata Kabupaten Ende yang membuat bumi pertiwi semakin mempesona di mata dunia.*

COMMENTS