Kisah Turis Asing yang Mengais Makanan dari Tong Sampah di Bali

Kisah Turis Asing yang Mengais Makanan dari Tong Sampah di Bali

BALI, dawainusa.com Sebuah video yang memuat seorang turis asing (wisman) yang mengais makanan dari tong sampah di Bali viral di media sosial. Kejadian itu pertama kali diketahui dari 3 video yang masing-masing berdurasi 19, 17 dan 16 detik.

Dalam tiga video tersebut tampak setelah mengais tong sampah, wisman tersebut mengambil sisa makanan yang sudah dibuang untuk dimakan.

Video aksi pertama wisman tersebut berdurasi 19 detik. Dia terlihat mengais-ngais tong sampah berwarna biru. Dia tampak menemukan buah-bahan dari tong sampah lalu dimakan.

Baca juga: Kisah Romantis di Balik Keputusan Nikita Mirzani Cabut Gugatan Cerai

Selang beberapa saat, dia meninggalkan tong sampah tersebut. Lalu turis asing tersebut bergeser ke tong sampah lainnya, tak jauh dari tempat sampah pertama. Di tong sampah kedua, wisman yang mengenakan celana pendek tersebut kembali mengambil sisa makanan.

Tanpa mempedulikan orang-orang di sekitar, dia mengonsumsi makanan yang diambil dari tempat sampah. Aksi wisman tersebut direkam dan diunggah oleh Dwikayanthi Pudjha di akun Facebook miliknya pada Sabtu (20/10).

Peristiwa ini terjadi di depan Pollok Artshop-Museum Leemayour, Pantai Sanur, Bali. Dwikayanthi mengatakan, sesungguhnya wisman tersebut sudah terlihat mondar-mandir sehari sebelumnya.

Tapi dia tidak menyangka bahwa turis asing itu nekat mengais makanan di tong sampah. “Seperti yang di video, dia jelas sekali makan di tong sampah,” kata Dwikayanthi seperti dilansir Kompas.com, Senin (22/10).

Menurut Dwikayanthi memang sempat beredar informasi ada wistawan asal Latvia yang hilang. Namun setelah video tersebut ditunjukkan ke pihak keluarga, ternyata bukan dia.

Dwikayanti sendiri mengaku tidak sempat mengajak ngobrol wisman tersebut. Ia menyayangkan ada wisman yang luntang-lantung di Bali sampai mengais makanan dari tong sampah.

“Saya pernah keluar negeri, harus ada saldo minimal di rekening. Tapi ini kok ada wisatawan yang ngegembel, miris juga lihatnya,” ujar Dwikayanti.

Komentar Netizen Soal Video Turis Asing Tersebut

Pasca beredarnya video turis asing tersebut banyak warganet yang memberikan komentar. Pada umunya menaruh perhatian dan merasa simpati dengan apa yang dilakukan bule di bali itu. Berikut Dawai Nusa rangkum beberapa komentar dari warganet.

Ninda : Trus yang ngerekam kenapa gak manggil  Itu bule , kasih kek makanan , nasi bungkus gitu.

Aeshin : Tidak ditolongkah? Alangkah baiknya Dibantu kendala si Bule.

Baca juga: Kisah 5 Bocah Yatim Piatu Pengidap HIV yang Ditolak Warga

Val : Emang ada saldo kalau keluar negri dll. Bisa saja dia kalap atau dia habis kena musibah (kehilangan). Mungkin bisa minta bantuan pihak dari kedutaan, imigrasi dll.

Nayu : Nambahin komen yg lain gw jg keselll knp sih yg video in gg bantu cmn miriss doank?? Punya hati gag??? Paling gag bantu dia buat lapor ke perwakilan negara nya di indon biar diurus pulang..gg usah ngasih duit kl gg mau!! Bantu lapor aja.

F..K : Yang videoin dapat keuntungan dari orang susah ga di bantu lagi hadeeeh

Menanggapi komentar nitizen tersebut, Dwikayanti Pudja yang pertama kali mengunggah postingan tersebut di Facebokk bersuara. Ia mengatakan setelah merekam kejadian itu ia membelikan makan untuk bule tersebut.

“haloo para bacoters.. ini saya yg ngerekam. btw setelah rekam saya sudah kasi makan ya. kbtulan punya warung disana. dan FYI ini bule bukan kecopetan,kerampokan,atau sakit mental. thats his way to traveling, he is travelling with no money! dan next destination hari kamis dia sdh ga di Bali, dia bakal ke Hongkong, dan NZ maybe. he have money for plane ticket. pesan : kalo mau travelling harus punya uang ya, jangan sampe malu2in di negara orang” kata Dwikayanti.*