Kisah Muazin Palu yang Meninggal demi Selesaikan Azan Saat Gempa

Kisah Muazin Palu yang Meninggal demi Selesaikan Azan Saat Gempa

PALU, dawainusa.com  Gempa berkekuatan 7,7 SR melanda Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9). Lebih dari 800 orang tewas. Diperkirakan korban akan bertambah.

Akibat gempa tersebut, muncul tsunami dengan ketinggian 1,5 meter di Pantai Talise dan menerjang bangunan di sekitarnya.

Getaran gempa yang cukup besar mengakibatkan sejumlah bangunan seperti rumah, ruko dan tempat ibadah di wilayah tersebut roboh. Hingga saat ini, upaya pencarian korban jiwa juga masih terus berlangsung.

Baca juga: Sindiran Penceramah Kondang Aa Gym Soal Gempa Sulteng

Di antara ratusan korban jiwa, sosok Agil Ababil memercikkan setitik kisah pilu yang mengharukan. Pria tersebut tengah mengumandangkan azan maghrib di sebuah masjid saat gempa berkekuatan besar mengguncang Palu dan Donggala.

Alih-alih memilih berlari bersama jamaah lainnya, Agil justru memilih untuk menyelesaikan lantunan azannya. Tak lama, bangunan masjid tersebut roboh akibat gempa dan Agil tewas tertimpa reruntuhannya.

“Akhi Agil ababil (Kader KAMMI Palu) sdh dipanggil Allah swt. Beliau meninggal saat Ingin menyelesaikan Azan nya meskipun semua jamaah sudah pada lari keluar Masjid dan saat azan telah selesai beliau kumandangkan, Allah panggil beliau sebagai salah satu Hadia karna telah berjuang memanggil Umat. Selamat jalan, teman seperjuangan kami. Semoga Amal ibadah beliau di terima di sisi Allah SWT .. Amin,” tulis Ronal Elrasyid dalam keterangan foto yang diunggahnya.

Warganet Ucap Belasungkawa

Kisah Agil inipun menjadi sorotan warganet. Banyak dari mereka yang mendoakan kebaikan untuk mendiang Agil, tak jarang mereka mengungkapkan kekagumannya terhadap niat baik pria yang satu ini.

Kisah Muazin Palu yang Korbankan Nyawa demi Selesaikan Azan Saat Gempa

Muazin Palu yang Korbankan Nyawa demi Selesaikan Azan Saat Gempa – Liputan6

“Aamiiiin ya Allah tempatkan hambamu di syurgamu,” kata akun NurLiviya Zakaria.

“Innalilahi wa innailaihi Raji’un, semoga Husnul khatimah, amin ya Allah,” ujar akun Ummi Dira Mirza.

“Aamin. Semoga Allah tempat kn di tempat yg plg indah…dn keluarga yang di tinggalkan semoga tabah,” sahut akun Cut Satriyani.

“Allahuakbar semoga diberikan tempat disurga,” kata akun Tino Rambo.

Selamat jalan Agil. Semoga engkau mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan YME.*