Kisah-kisah Korban yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat Terbang

Kisah-kisah Korban yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat Terbang

JAKARTA, dawainusa.com – Kecelakaan dalam dunia transportasi udara kembali terjadi pada Senin (29/10) pagi. Kecelakaan ini dialami oleh pesawat terbang Lion Air J610 dengan rute penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandara Pangkalpinang.

Pesawat yang mengakut 189 orang penumpang tersebut dikabarkan hilang kontak setelah 12 menit lepas landas. Pihak Badan SAR Nasional (Basarnas) sendiri telah mengonfirmasikan bahwa pesawat tersebut telah jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Sejauh ini proses evakuasi korban masih terus berlangsung.

Baca juga: Pengakuan Conchita Caroline: Lion Air JT-610 Bermasalah di Malam Sebelum Jatuh

Apa yang terjadi pada Pesawat Lion Air J610 tersebut memang bukan kali pertama terjadi. Sudah banyak kecelakaan dalam dunia penerbangan yang selama ini terjadi.

Pesawat Lion Air

Pesawat Lion Air – ist

Tidak hanya itu, setiap ada kecelakaan pesawat, pasti presentasi korbannya sangat tinggi dan jarang sekali terdengar bahwa ada korban yang selamat dari kejadian seperti ini.

Beberapa Kisah Orang yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat Terbang

Akan tetapi, tahukah anda bahwa ternyata dari sekian banyak kecelakaan pesawat terbang di dunia ini, ada beberapa fakta bahwa ternyata ada korban yang justru selamat dari bahaya maut tersebut. Dilansir OPINI.id, berikut Dawai Nusa menyajikan kisahnya.

Baca juga: Kesaksian Calon Penumpang Lion Air yang Selamat Karena Macet

1. Mengapung Selama 9 Jam

Pada 2009 lalu, Pesawat Yemen 626 jatuh ke laut. Dalam insiden tersebut terdapat 152 orang meninggal dunia. Akan tetapi ada satu penumpang bernama Bahia Bakari yang berumur 15 tahun selamat dalam kejadian tersebut.

Dari kisahnya, Bahia mengapung di atas laut selama 9 jam dengan berpegangan pada pecahan pesawat, sebelum akhirnya ditemukan tim pencari.

2. Hidup dari Air Hujan

Pada 1992, Penerbangan Vietnam Airline VN474 mengalami kecelakaan. Pesawat ini jatuh di pegunungan terpencil. Dalam insiden tersebut semua penumpang meninggal dunia kecuali Annette Herfkens.

Dalam peristiwa tersebut, hebatnya Annette tidak mengenakan sabuk pengaman. Walaupun ia saat itu mengalami luka yang sangat serius, Annette bertahan hidup hanya dari air hujan selama 8 hari sampai ditemukan polisi setempat.

3. Selamat Karena Terpental dari Pesawat

Pada tahun 1985, Penerbangan Galaxy Airline 203 jatuh di daerah Nevada, Amerika Serikat. Dalam insiden itu, terdapat 70 penumpang tewas, kecuali George Lamson Jr.

Dari kisahnya, George terpental dari pesawat ketika pesawat yang ditumpanginya itu terjatuh. Ajaibnya, George selamat, lengkap dengan kursi tempat ia duduk dan tetap menggunakan sabuk pengamannya.

4. Jatuh dari Ketinggian 33.000 Kaki

Pada tahun 1972, pesawat JAT 367 mengalami gangguan teknis dan kemudian jatuh dari ketinggian lebih dari 33.000 kaki.

Luar biasanya, pramugari Vesna Vulovic selamat dari kecelakaan tersebut. Walaupun luka berat, Vesna berhasil pulih dan kemudian memegang guiness rekor orang jatuh dari langit terjauh tanpa parasut.*