Kisah Finalis Indonesia Idol yang Jadi Pencuri Demi Menyambung Hidup

Kisah Finalis Indonesia Idol yang Jadi Pencuri Demi Menyambung Hidup

JAKARTA, dawainusa.com Dede Richo Ramalinggam (29), tak pernah berpikir jika profesi bandit spesialis pecah kaca yang ia geluti berujung pada penangkapan dirinya.

Mantan finalis Indonesian Idol 2008 dibekuk aparat di rumah kontrakannya, Tangerang, Banten, pekan lalu. Dede rupanya punya alasan mengapa ia harus beralih profesi menjadi bandit.

Melansir Viva.co, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tangerang Selatan, Ajun Komisaris Polisi Ahmad Alexander menceritakan, aksi nekat Dede terdorong oleh kondisi ekonomi.

Baca juga: Kisah Perempuan Indonesia Korban Trafficking yang Disiksa di Cina

Sehari-harinya Dede menjadi seorang pengamen. Namun, orderan menyanyi selalu sepi. Dia biasa mengamen di kawasan Tangerang Selatan dan sekitarnya. Hasil mengamen ternyata tidak mampu menutupi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Dede sendiri mengaku, dia merampok untuk membiayai anaknya yang tengah mengenyam pendidikan di pesantren. Dede sudah 10 kali merampok dengan memecahkan kaca mobil di wilayah Tangerang-Jakarta.

“Uang digunakan untuk membiayai anaknya di pondok pesantren. Sebelumnya, saya bekerja sebagai penyanyi jalanan dan pernah ikut Indonesian Idol,” ungkap Dede.

Dede tak seorang diri. Menurut Alex, Ide menjadi bandit turut didukung oleh kakak Deny Fredla (34) dan teman mengamennya. “Dia bersama teman-temannya (ide jadi bandit),” kata Alex.

Mengenang Dede

Di balik profesi banditnya itu, Dede sesengguhnya menyimpan kenangan di belantara musik tanah air. Ia pernah masuk Indonesian Idol seri keempat pada 2008 mewakili Medan, Sumatera Utara.

Saat itu, Dede yang berusia 18 tampil di depan juri Idol seperti Anang Hermansyah, Titi DJ, Indra Lesmana dan Nugie. Dede membawakan lagu “Kucinta Kau Apa Adanya” yang dipopulerkan Once Mekel.

Baca juga: Pesan Terakhir Thoriq ke Sang Pacar Sebelum Bunuh Diri

Dengan suara cukup baik dan kemampuannya bermain gitarnya, para juri pun memberikan golden tiket untuk Dede. Meskipun sebagai peserta audisi, kepercayaan diri Dede Richo sangat tinggi.

Ia bahkan tak malu atau canggung di depan para juri yang diketahui memiliki nama besar. Setelah babak audisi, kiprah Dede Richo kemudian diuji di babak Workshop I dan II.

Di babak tersebut Dede masing-masing membwakan lagu Munajat Cinta (The Rock) dan Yogyakarta (KLa Project). Dan kemudian di babak Pregala dan Wildcard, Dede Richo sukses membawakan lagu Rahasia Perempuan (Ari Lasso) dan mengantarnya ke Specakuler Show.

Di babak Spectakuler Pertama, Dede membawakan lagu Pupus (Dewa). Dalam debutnya ini, ia mendapatkan nilai positif dari para juri. Di babak Spectakuler 2, Dede menjadi pembuka dengan membawakan lagu Hey Gadis yang dipopulerkan Band Samsons.

Sementara itu, di Spectakuler 3, Dede mendapatkan jatah menyanyikan lagu I Miss You But I Hate You, yang dipopulerkan Slank.

Namun sayang di babak ini Dede Richo mendapat banyak kritikan dari para juri. Dan di Spectakuler 4, di sini langkah Dede Richo berakhir. Dede membawakan lagu “Begitu Indah” dari Padi dan membuatnya harus tersingkir dari Indonesian Idol.

Kata Teman Seperjuangan

Penangkapan Dede turut dikomentari Aris. Aris merupakan teman seperjuangan Dede saat sama-sama mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2008.

“Saya sebagai sahabat sangat prihatin, semoga Richo bisa diberikan ketabahan,” kata Aris kepada awak media, Kamis (20/9).

Baca juga: 3 Bocah Disekap Ibu Tiri Bersama Puluhan Binatang

Selama mengenal Dede, Aris menilai lelaki asal Medan itu merupakan pribadi yang baik dan mudah bergaul. Soal mengapa Dede sampai menjadi bandit, Aris yakin pasti ada alasan kuat.

“Sosial terhadap kawan, juga baik. Saya berpikir dia begitu karena faktor himpitan ekonomi aja kali ya, sampai dia nekat berbuat seperti itu,”

Atas perbuatannya, Dede diancam dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara dengan barang bukti tas abu-abu berisi satu unit Drone DJI MAVIC PRO warna silver, bernomor 08QDE2N01204G2.*