Kenapa Sih Labuan Bajo Begitu Memikat? Berikut Jawabannya

Kenapa Sih Labuan Bajo Begitu Memikat? Berikut Jawabannya

TRAVEL, dawainusa.com – Labuan Bajo berhasil masuk dalam sepuluh destinasi wisata prioritas dan menjadi wisata terfavorit Internasional.  Kota yang sering dijuluki sebagai kota nelayan ini menyimpan banyak pesona bahari yang berhasil memikat wisatawan.

Baca juga: Labuan Bajo Ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas

Tahukah anda apa saja pesona bahari yang ada di Labuan Bajo tersebut? Berikut 10 hal dari Labuan Bajo yang memikat para wisatawan lokal maupun mancanegara.

10 Hal yang Menakjubkan di Labuan Bajo

Baca juga: Batik Air Siap Layani Penerbangan Langsung Surabaya-Labuan Bajo

Predator Purba Terakhir Ada di Labuan Bajo

Komodo adalah predator yang sangat memikat karena merupakan binatang yang langka dan berkuasa di dalam habitatnya di pulau Rinca dan Komodo. Ia tidak memiliki indera pendengaran dan menggunakan lidah beracunnya untuk mencium dan mendeteksi. Wisatawan yang hendak mendekati disarankan untuk berhati-hati dan selalu ditemani ranger saat memasuki habitatnya.

Komodo

Binatang Purba Komodo – ist

Gugusan Pulaunya Sangat Eksotis

Labuan Bajo juga memiliki pulau yang memikat seperti pulau Padar, Kelor, Kambing, Bidadari, Kanawa, Gili Lawa, dan Kalong. Kelebihan pulau-pulau ini terletak pada panorama pemandangan alamnya yang menggiurkan mata. Bagi kamu yang doyan selfie, panorama di pulau ini bisa memberimu hasil foto yang terbaik.

Pulau Padar

Pulau Padar – TripAdvisor

Memiliki Satu dari 7 Pink Beach Terbaik di Dunia

Sesuai namanya, pantai yang terletak di Kawasan Taman Nasional Komodo ini, memiliki pasir yang berwarna merah muda. Pantai ini sejajar dengan enam pantai ‘merah muda’ lainnya di dunia seperti Pantai Budelli di Italia, Barbuda di Karibia, Elafonisi di Yunani, Harbour Island di Bahama, Tangsi di Lombok, dan Great Santa Cruz di Filipina. Bagi kamu yang pecinta Pantai, karakteristik yang unik seperti ini pasti membuat kamu terpikat, bukan?

Pink Beach

Pink Beach – ist

Punya Tempat Snorkeling  Terbaik di Dunia

Komodo bersama Raja Ampat dinobatkan oleh CNN dalam surveinya pada 2015 sebagai destinasi snorkeling terbaik di dunia mengalahkan kepulauan Galapagos. Keindahan alam dan terumbu karang yang masih terjaga menjadi kesan tersendiri yang berhasil memikat mata wisatawan. Oleh karena itu, menyelam di Komodo tidak bakal membosankan.

Labuan Bajo

Labuan Bajo – ist

Air Terjun di Labuan Bajo Mirip Grand Canyon

Bila Kanada memiliki Grand Canyon, Labuan Bajo memiliki Cunca Wulany. Air terjun ini terletak di ketinggian 200 mdpl di dalam kawasan hutan Mbeliling. Bagi kamu yang ingin berenang, berjemur, dan bersantai sejenak dari panasnya kota Labuan Bajo, air terjun yang memikat ini bisa menjadi jawaban yang membawa kesegaran.

Cunca Wulany

Cunca Wulany – ist

Pulau Kalong: Spot Sunset Terbaik

Kalong, dalam bahasa Manggarai, berarti ‘kelelawar’. Kelelawar berukuran besar dalam pulau ini bersembunyi di dalam hutan bakau pada siang hari dan mulai terbang di siang serta malam hari. Kelelawar yang berterbangan pada saat sunset merupakan momen pemandangan yang memikat bagi pengunjung.

Pulau Kalong

Pulau Kalong – ist

Bukit Cinta: Latar Selfie yang Menyajikan Sunset

Bukit cinta terletak di dalam kota labuan Bajo dan bisa diakses dengan menggunakan motor atau mobil. Selain di Pulau Kalong, spot terbaik untuk menikmati sunset di sore hari adalah bukit cinta. Saat sunset, hamparan laut dan pulau kecil yang terlihat dari ketinggian akan menjadi latar belakang selfie-mu yang memikat.

Bukit Cinta Labuan Bajo

Bukit Cinta Labuan Bajo – ist

Di Labuan Bajo, Ada Cermin Alam Raksasa Loh…

Gua Batu Cermin berbentuk terowongan gelap dengan luas 19 hektar dan tinggi 75 meter. Cahaya matahari yang masuk ke dalam gua akan memantul dan merefleksikan cahaya kecil ke dinding gua lain seperti cermin. Bagi teman-teman yang terpikat dengan wisata gua, Gua Batu Cermin di Labuan Bajo dapat menjawab keingintahuanmu.

Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin – ist

Gua Rangko: Kolam Renang Alam Pribadi

Berbeda dengan Batu Cermin yang sudah terkenal, Gua Rangko tergolong destinasi wisata yang jarang dijamah banyak orang. Di dalam Gua Rangko, wisatawan dapat berenang dalam air yang bersih, tenang, dan berwarna biru cerah yang berasal dari laut dan masuk melalui celah gua tersebut. Wisatawan akan juga dimanjakan oleh eksotisnya stalaktit dan stalakmit dan merasakan sensasi berenang di kolam ‘alamiah’ pribadi.

Gua Rangko

Gua Rangko – ist

Kelor: Tempat Berkemah

Sebagai pulau yang dekat dengan kota Labuan Bajo, Kelor menjadi pulau yang sangat mudah dijangkau. Pulau ini berukuran kecil, memiliki bukit, dan sunggu memikat. Karena tidak berpenghuni, Kelor menjadi tempat yang bagus untuk berkemah. Bagi yang mau berkemah, jangan lupa menyiapkan tenda Dom-nya ya.

Pulau Kelor

Pulau Kelor – Kapanlagi

Ya itulah sepuluh hal yang memikat dari Labuan Bajo versi Dawai Nusa. Semoga sepuluh poin di atas dapat menjadi referensi awal anda untuk datang dan mengenal Labuan Bajo lebih jauh lagi ya.*(Fandis Nggarang).

COMMENTS