Keliling Dunia Pakai Mobil, Ini Kata Sepasang Suami Istri

Keliling Dunia Pakai Mobil, Ini Kata Sepasang Suami Istri

Teddy Unggul Wicaksono (55) dan Yana Kusryanti (55), suami istri asal Indonesia, melakukan perjalanan keliling dunia menggunakan mobil. (Foto: Teddy dan Yana - Tribunnews.com).

TRAVEL, dawainusa.com Jalan-jalan keliling dunia merupakan impian setiap orang. Demikian halnya dengan sepasang suami istri, Teddy Unggul Wicaksono (55) dan Yana Kusryanti (55). Mereka telah mewujudkan mimpi mereka untuk keliling dunia.

Baru-baru ini, Teddy dan Yana, suami istri asal Indonesia berkunjung ke Eropa dan Asia menggunakan mobil. Keduanya melakukan perjalanan ke dua benua ini selama 8 bulan. Mobil jadi tunggangan mereka menelusuri kota demi kota di berbagai negara.

“Ingin meihat dunia dengan cara yang berbeda, kalau pakai pesawat itu kita hanya datang ke kota-kota besarnya. Tapi dengan mobil itu kita mesti lewat perbatasannya, kota kecil, hutan segala macam, baru ke kota besarnya,” ujar Teddy, Minggu (21/1/2018) lalu.

Baca juga: Ini 10 Tempat Wisata Menarik Saat Berlibur di Ende-Flores

Ia menjelaskan, dalam perjalanan mereka masuk dan keluar kota, banyak kesan menarik yang didapatkan. Selain itu perbedaan geografis alamnya juga dialami keduanya.

“Tiap negara memiliki keunikannya masing-masing, bisa merasakan kulinernya dari setiap negara, bangunan-bangunannya yang unik, juga manusianya,” ungkap Yana.

Hal menarik lainnya, kata Teddy, ialah interaksi antar manusia dari setiap negara. Ia mengakui, dirinya bersama Yana mengalami kesulitan di beberapa negara yang tidak lazim menggunakan bahasa Inggris. Meski demikian, mereka cukup tertolong berkat teknologi penerjemahan.

“Eropa umumnya bahasa Inggris, tapi di Rusia itu kita gunakan Google translate-nya. Kalau di China ada pemandu wisata atau guide lokal ikut di mobil kita,” tuturnya.

Adapun pasangan yang tiba di Indonesia pada 5 Januari 2018 tersebut, telah melakukan perjalanan sejauh 60.000 kilometer dengan rute Indonesia-Singapura-Malaysia-Kamboja-Laos-China-Rusia-Skandinavia-Norwegia-Swedia.

Tren Keliling Dunia Menggunakan Mobil atau Motor

Melakukan perjalanan keliling dunia bukan merupakan perkara mudah. Berhenti kerja untuk jalan-jalan adalah satu keputusan yang sangat dilematis.

Hal lainnya adalah anggaran perjalanan anda dan niat anda, apakah benar-benar melakukannya dan merencanakan keliling dunia, menjelajah benua, satu demi satu atau tidak. Namun, rencana anda bepergian keliling dunia tidak mesti sesulit yang anda pikirkan.

Pengalaman Teddy dan Yana, suami istri asal Indonesia berkunjung ke Eropa dan Asia menggunakan mobil menjadi suatu tanda bahwa keliling dunia bukanlah sesuatu sangat sulit.

Adapun pengalaman lainnya dialami Mike Mills dan Shannon Mills. Suami istri asal Amerika Serikat ini berkunjung ke Indonesia setelah melakukan perjalanan panjang melintasi 41 negara dan lintas benua menggunakan 2 unit sepeda motor.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Sebaiknya Anda Ketahui di Kabupaten Ngada

Keduanya berusaha menepis anggapan bila keliling dunia membutuhkan dana finansial yang besar atau memerlukan sponsor. Bermodalkan motor keduanya suskes melampaui berbagai rintangan.

“Orang-orang yang kita temui di setiap negara itu sangat ramah dan luar biasa. Kami pikir motor Suzuki kami sudah menjadi pilihan yang tepat untuk berkeliling dunia,” ujar Mike, Senin (15/5/2017) lalu.

Mike dan Shannon menjelaskan, keduanya memulai perjalanan menakjubkan ini sejak 6 September 2014 lalu dari kediaman mereka di Seattle, Amerika Serikat. Mereka langsung melakukan perjalanan ke arah selatan lalu kemudian menyeberang ke Eropa dan dilanjutkan hingga Asia Tenggara.

Total jarak tempuh perjalanan mereka sekitar 81.859 kilometer, dengan total bermalam di perjalanan sebanyak 981 hari dan melakukan camping sebanyak 345 hari.

Di Indonesia, mereka masuk melalui Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, lalu berkendara ke utara menuju Banda Aceh dan Pulau Weh, sebelum akhirnya bergerak ke selatan menyusuri pantai barat menuju Bandar Lampung.

Rencananya, mereka akan ke Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk menghadiri pertemuan tahunan bertajuk Horizons Unlimited Indonesia (18–21 Mei 2017) yang diselenggarakan oleh Jeffry Polnaja (orang Indonesia pertama yang berkeliling dunia dengan sepeda motor selama tujuh tahun).*