KDRT Dianggap Wajar Demi Jaga Aib, Ceramah Oki Setiana Dewi Jadi Trending

KDRT Dianggap Wajar Demi Jaga Aib, Ceramah Oki Setiana Dewi Jadi Trending
Foto: Instagram/@okisetianadewi

Dawainusa.com – Aktris dan pendakwah muda, Oki Setiana Dewi mendapat sorotan warganet di media sosial lantaran unggahan video cuplikan ceramah berdurasi 1,47 menit dalam akun Tik-toknya, Rabu, 2 Februari 2022.

Kakak kandung Youtuber Ria Ricis ini dianggap telah mewajarkan tindakan tindakan Kekerasan dalam Rumah Tangga atau KDRT dalam ceramahnya yang dibungkus ketaatan seorang istri.

Kecaman demi kecaman pun dilayangkan warganet kepada Oki Setiana Dewi atau akrab dipanggil Oki, hingga sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter pada hari yang sama.

BacaSindir Sosok Ini, Dewi Perssik: Jangan Bangunkan Macan Tidur

Soal KDRT Dianggap Wajar Demi Jaga Aib

Dalam video ceramahnya, Oki menyampaikan sebuah kisah ketaatan istri suami namun dengan contoh yang kurang tepat.

Disampaikan ada kisah nyata dari Jeddah sepasang suami istri yang sedang bertengkar hebat hingga dipukullah sang istri oleh suaminya.

“Kemudian istrinya menangis lalu dipukullah wajah istri. Tiba- tiba bel rumah berbunyi ternyata ibu sang istri datang. Suaminya dari kejauhan deg-degaan, takut sang istri mengadu bahwa tadi baru dipukul,” kata Oki Setiana Dewi dalam video.

Aktris Oki Setiana Dewi
Foto: Instagram/@okisetianadewi

“Ibunya bertanya kenapa mata sang istri sembab. Istri bilang ‘Aku kangen ibu dan ayah, eh taunya datang. Doaku dijawab jadi semakin terharu jadi aku menangis’. Karena hal itu suaminya jadi luluh hatinya jadi makin sayang dan cinta suami tersebut,” lanjutnya.

Berdasar cerita tersebut, kakak Ria Ricis itu pun memberikan kesimpulan dan saran pada wanita untuk menutupi tindakan KDRT yang dialaminya.

“Jadi tidaklah perlulah yang sekiranya membuat kita menjelek-jelekkan pasangan kita sendiri,” tutup Oki Setiana Dewi.

Warganet Kritik Ceramah Oki Setiana Dewi

Bukannya mendapat pujian atas unggahan cuplikan ceramahnya itu, warganet justru miris melihat metode dakwah Oki, sebagai pendakwah perempuan. Mereka mengingatkan apapun bentuknya, tidak ada KDRT yang bisa dibenarkan.

“KDRT kok diwajarin. Mbak Oki, tolong kalau mau ngasih contoh tentang bakti seorang istri kepada suami, yang lebih manusiawilah,” tulis @ambn.

“Semua bentuk kekerasan tidak bisa dibenarkan, Ustadzah,” tulis @Firman.

“Tahun 2022 kok masih setuju sama perkataan si mba Ustadzah ini,” tulis @rizk.

“Toxic banget ceritanya. Malah ngajarin korban KDRT buat nggak minta pertolongan. Ustadzah kok begini sih, ckckck,” tulis @rhubarbsorbet.

Penceramah Oki Setiana Dewi
Foto: Instagram/@okisetianadewi

BacaPutra Pemilik SCTV Melamar Putri Pemilik MNC

Di Twitter, video TikTok Oki Setiana Dewi ini menjadi viral dan mendapatkan kritikan serupa. Nadirsyah Hosen, tokoh muda NU dan pengajar di Monash University pun berkomentar tajam.

“Kasih tahu sama sang ustadzah, kalau suami mukul istri itu sebenarnya bukan aib yang harus ditutupi oleh istri. Itu KDRT. Harus lapor polisi. Cerita-cerita begini justru membuat istri dipaksa menerima kelakuan suaminya yang brengsek atas nama jaga aib suami. Istrimu bukan sansak tinju woy!” tulisnya.*