Dawainusa.com — Kemunculan Happy Hariadi sontak mengejutkan publik di tengah gelimang kesuksesan keluarga Halilintar sebagai pengusaha dan kreator digital (Youtube).

Happy Hariadi membuka aib keluarga Halilintar ketika semua orang melihat keluarga sukses tersebut hidup akur meski memiliki banyak anak.

Seperti yang muncul belakangan ini, ayah Atta Halilintar, Halilintar Anofial Asmid, dilaporkan ke Polisi oleh Happy Hariadi, mantan istri keduanya.

Ayah Atta Halilintar itu dilaporkan atas dugaan diskriminasi anak sebagaimana diatur pasal 76A dan 76B juncto 77 UU RI No.35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Dalam laporan itu, Happy Hariadi menuntut agar ayah Atta Halilintar itu memberi nafkah serta mengakui anak hasil pernikahan mereka.

Pernikahan keduanya diketahui dilangsungkan secara resmi di Bandung tahun 1988. Pernikahan itu pun direstui oleh istri pertama Halilintar, Lenggogeni Faruk.

Buah dari pernikahan itu melahirkan seorang anak bernama Mubarokah pada tahun 2003 dan menjadi anak ke-12 dalam keluarga Halilintar.

Namun ayah Atta Halilintar tak pernah mengakui itu merupakan anaknya dan selanjutnya tidak menafkahi lagi anak dan istrinya itu.

Halilintar Anofial dan Happy disebutkan telah bercerai sejak 18 April 2006 silam. Proses persidangan perceraian keduanya berlangsung di Pengadilan Agama Pekanbaru.

Adapun laporan HH telah dilayangkan pada 7 Oktober 2019 oleh kuasa hukum Dede Gunawan, dan saat ini sedang dalam penyelidikan saksi, termasuk ayah Atta Halilintar.

Baca Juga: Viral Netizen Sebut Keluarga Gen Halilintar sebagai Tukang Tipu

Kak Seto Rekomendasi Polisikan Ayah Atta Halilintar

Terkait laporan HH, Seto Mulyadi atau Kak Seto rupanya memberikan rekomendasi agar kliennya menempuh jalur hukum untuk mempolisikan ayah Atta Halilintar.

Kepada Kompas.com, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) itu mengakui sudah mencoba memediasi terkait kasus tersebut.

Namun, mediasi itu tidak direspons dengan baik oleh Halilintar Anofial Asmid. Kak Seto menambahkan, Halilintar Anofial pernah berjanji akan mendatangi Kantor LPAI, namun sampai dengan saat ini tidak pernah datang atau menghubungi pihak LPAI.

Melihat respons yang serius dari pihak Halilintar Anofial mengenai kasus tersebut, Kak Seto akhirnya menutup kasus setelah empat bulan lamanya.

“Kami sebagai lembaga yang indepen dalam perlindungan anak mencoba untuk memediasi, jadi kami juga mengundang Bapak HA untuk berkenan hadir di sini untuk mendapat mengklarifikasi apa yang sebenarnya terjadi bagimana dan sebagainya. Jadi stafnya juga tak pernah menunjukan surat tugas ataupun surat kuasa sebagai staf beliau gitu,” ujar Kak Seto di Kantor LPAI di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (1/9).

Akhirnya, selaku Ketua LPAI, Kak Seto memberikan saran kepada Happy Hariadi agar aduan tersebut ditempuh lewat jalur hukum.

“Lalu, kami menyarankan kepada Bapak Dede selaku kuasa hukumnya, ya sudah menempuh jalur hukum saja, begitu,” kata Kak Seto.

Kepala Unit Kanit PPA Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nunuk Suparmi membenarkan adanya aduan dari pihak Happy Hariadi untuk mempolisikan Halilintar Anofial.

“Jadi benar, bahwa kami Polres Metro Jakarta Selatan menerima laporan polisi oleh Dede Gunawan sebagai kuasa hukum dari saudari Happy (Hariadi),” kata Nunuk di Polres Jakarta Selatan, awal pekan ini.

Nunuk menjelaskan, Halilintar Anofial dilaporkan karena tidak mengakui anak dari pernikahan dengan Happy Hariadi serta tidak memberikan nafkah pada anak.

“Beliau melaporkan karena anaknya yang bernama Mubarokah, anak dari pernikahan Pak Halililintar dengan Happy, tidak mendapatkan pengakuan dari pak Halilintar,” tuturnya.

Sebelumnya, aib keluarga Halilintar terbongkar setelah seorang netizen mengunggah tulisan dan foto-foto masalalu keluarga kaya itu ke media sosial.

Dalam beberapa unggahan, netizen tersebut menyebutkan bahwa ibu Atta Halilintar, Lenggogeni Faruk, merupakan seorang yang licik dan penipu, di mana perempuan itu telah meminjam ratusan juta uang dari netizen tersebut tapi tidak pernah dikembalikan.

Sampai saat ini, keluarga Halilintar tak satupun yang mencoba mengklarifikasi isu miring mengenai keluarga sukses itu di tengah persiapan Atta Halilintar meminang Aurel Hermansyah, putri Anang Hermansyah, dalam waktu dekat ini.*