Dawainusa.com —¬†Presiden Joko Widodo baru saja meninjau langsung uji coba fase III calon vaksin virus corona buatan perusahaan farmasi asal China, Sinovac Biotech, kepada 21 relawan di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/8) pagi.

Sinovac memang sudah memiliki pengalaman dalam memproduksi massal obat untuk melawan virus di dunia, antara lain vaksin H1N1 atau flu babi pada 2009 lalu.

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi mengatakan dengan penuh keyakinan bahwa vaksin anti-virus Covid-19 sudah dapat diberikan kepada masyarakat awal tahun 2021.

PT Bio Farma, sebagai perusahaan BUMN, dipercayakan sebagai perusahaan yang memproduksi vaksin tersebut dalam kerjasama dengan Sinovac.

Pada Agustus ini, Bio Farma menyatakan akan memproduksi 100 juta vaksin dan pada akhir tahun nanti siap memproduksi 250 juta vaksin per tahun.

Awal tahun depan, kata Jokowi, vaksin tersebut diharapkan dapat segera digunakan masyarakat di tanah air agar  segera keluar dari peperangan panjang melawan virus.

“Kita berharap uji klinis yang ketiga ini Insyaallah akan diselesaikan dalam 6 bulan ini dan kita harap di bulan, Insyaallah Januari kita bisa memproduksi dan sekaligus juga kalau produksi siap, langsung diberi vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air,” kata Jokowi sebagaimana disiarkan Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Uji Coba III Calon Vaksin Corona Buatan China di Bandung

Jokowi: Vaksin Buatan Indonesia Selesai Pertengahan 2021

Selain bekerjsama dengan Sinovac, Indonesia saat ini juga sedang mengembangkan vaksin corona buatan sendiri, setidaknya dalam tiga bulan terakhir. Ini berarti Indonesia memiliki dua calon vaksin yang bisa dimanfaatkan untuk vaksinasi.

Pengembangan vaksin ini melibatkan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), hingga Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI.

Menurut lembaga Eijkman, vaksin bernama Merah Putih ini akan diuji coba pada hewan terlebih dahulu sebelum diserahkan ke Bio Farma untuk melakukan uji klinis.

Presiden Jokowi tiba di Bandara Husein Sastranegara Bandung untuk meninjau uji klinis vaksin Sinovac di PT Bio Farma. Foto/Biro Pers Setneg.
Presiden Jokowi tiba di Bandara Husein Sastranegara Bandung untuk meninjau uji klinis vaksin Sinovac di PT Bio Farma. Foto/Biro Pers Setneg.

Baca Juga: Jokowi Anggarkan Rp13,2T untuk Bantu 13 Juta Pegawai Non-PNS

Jokowi juga berharap, vaksin buatan anak bangsa yang diperkirakan diselesaikan di pertengahan tahun 2021 ini dapat segera diproduksi dan diedarkan.

“Kita harapkan vaksin Merah Putih ini juga akan segera selesai dan diperkirakan ini akan bisa diselesaikan nanti di pertengahan tahun 2021,” katanya.

Indonesia, selain bekerjasama dengan Sinovac dan mengembangkan vaksin sendiri, juga bekerjasama dengan Korea Selatan dan Uni Emirab Arab dalam rangka vaksinasi.*