Nama Jokowi dan Budi Gunawan Disebut-sebut Sebagai Calon Kuat Ketum PDIP
Foto Kolase/Ist

Dawainusa.com – Nama Joko Widodo alias Jokowi dan Budi Gunawan akhir-akhir ini disebut-sebut sebagai calon kuat Ketua Umum PDI Perjuangan.

Nama keduanya mengemuka meski Megawati Soekarnoputri menjabat sebagai ketua Umum PDI Perjuangan hingga 2024.

Dilansir dari TribunNews, Sabtu (17/4/2021), perkembangan terbaru, muncul nama Budi Gunawan untuk menggantikan posisi Megawati.

Baca juga: Penganiaya Perawat di Palembang Dijerat Pasal Berlapis 

Budi Gunawan dan Jokowi

Menyangkut regenerasi kepemimpinan PDI Perjuangan, Ketua DPD PDIP Sumatera Barat, Alex Indra Lukman ikut berkomentar.

Menurutnya, jawaban terkait hal itu maupun spekulasi pergantian kepemimpinan sudah jelas.

“Ibu Mega tahu apa yang terbaik untuk masa depan PDI Perjuangan,” kata Alex Indra Lukman, Jumat (16/4/2021) seperti dikutip dari Kompas.TV.

Bagi Alex Indra Lukman kepiawaian Megawati Soekarnoputru memutuskan yang terbaik untuk PDIP sudah tidak perlu dipertanyakan.

Megawati, sebut Alex, berhasil menakhodai PDIP melalui berbagai badai sehingga partai berlogo kepala banteng itu berhasil memenangkan tiga kali pemilu pasca reformasi.

“Bahkan dua kali pemilu dimenangkan secara berturut-turut,” ungkap Alex.

Berdasarkan hal itu, dia dan seluruh pengurus PDIP Sumbar yakin Megawati juga mengetahui yang terbaik bagi masa depan PDIP.

Megawati Soekarnoputri
Foto Instagram/
megawati.soekarnoputri

Baca jugaSebelum Terjadi Penganiayaan, Perawat Sempat Tagur Istri Pelaku

Bukan Cuma itu, Alex juga mengingatkan bahwa salah satu keputusan Kongres PDIP pada 2019 juga telah menyerahkan persoalan regenerasi partai politik ke tangan Megawati.

Karena itu Alex mengatakan bahwa PDI Perjuangan Sumatera Barat percaya dan yakin bahwa Ibu Megawati Soekarnoputri tahu apa yang terbaik untuk masa depan PDI Perjuangan.

“Semua kader PDI Perjuangan tahu dan paham dengan keputusan kongres itu,” tuturnya.

Dia menyatakan, sejarah yang telah dilewati PDIP sudah cukup membuktikan bahwa keputusan-keputusan Megawati Sokearnoputri telah membuat partainya semakin besar.

“Sudah jelas, sudah terbukti, jadi tidak perlu diragukan. Bahkan PDI Perjuangan Sumatera Barat meminta Ibu Megawati memimpin PDI Perjuangan lagi,” kata Alex.

Sementara itu, menurut rencana sebuah organisasi bernama Persatuan Aktivis Pemuda Indonesia (PAPI) menyatakan bakal mendeklarasikan dukungan kepada Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan untuk menggantikan Megawati Soekarno Putri.

Deklarasi bakal dilakukan, Sabtu (17/4/2021) besok di Jakarta.

“Kami dengar dari media ada dua nama yang muncul untuk memimpin PDIP yaitu bapak Joko Widodo dan Budi Gunawan. Kami menyatakan dukungan terhadap PDIP,” kata Koordinator PAPI Achmad Donny, kepada Kompas TV.

PAPI mengklaim sebagai organisasi yang independent.

Artinya PAPI bukan dibentuk untuk mempromosikan Budi Gunawan dan juga bukan bagian dari PDI Perjuangan.