ENDE, Dawainusa.com – Kondisi jalan yang buruk dimembuat Karolina Karo (37), warga Desa Liselande, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Ende, Flores, NTT terpaksa melahirkan dalam perjalanan ke Puskesmas Kotabaru, Kamis (12/12/2019).

Dilansir Kompas pada Jumat (13/12/2019), Karolina bersama sang suami, Sebatianus Bedu, berangkat menuju Puskesmas Kotabaru untuk melahirkan. Keduanya berangkat menggunakan kendaraan roda dua.

Mereka berangkat ditemani Agustina Lita, seorang bidan tenaga suka rela Desa Liselande yang menggunakan jasa ojek pemuda dari desa menuju puskesmas.

Melahirkan di Pondok di Tepi Jalan

Jarak dari Desa Liselande ke ibu kota Kecamatan Kotabaru sekitar 17 Kilometer. Disebutkan, kondisi jalan rusak parah. Terdapat lubang menganga di mana-mana.

Karolina dan suami melintasi jalan itu dengan hati-hati, apalagi memboncengkan Karolina yang mau melahirkan.

Saat baru menempuh perjalanan sejauh 3 kilometer. Rasa sakit, tanda-tanda mau melahirkan sudah mulai terasa. Rasa sakit pun tidak bisa tertahan lagi.

Ibu Hamil di Ende Melahirkan di Pondok di Tepi Jalan
Bidan Agustina sedang membantu Karolina dalam proses persalinan di sebuah pondok di tepi jalan. – Burgis/VoxNTT

Baca jugaSatu Gereja dan 4 Rumah di Manggarai Barat Rusak Diterjang Angin

Karolina pun meminta sang suami menghentikan motor. Mereka pun bersepakat berhenti dan menggotong Karolina ke pondok yang berada di tepi jalan.

Beberapa saat kemudian, Karolina pun melahirkan seorang bayi perempuan. Proses melahirkan dibantu bidan Agustina. Setelah melahirkan, ibu dan bayi tersebut kemudian diantar ke Pustu Hangalande untuk dirawat.

Sering Terjadi, Ibu Hamil Melahirkan di Jalan

Kejadian yang dialami Karolina dibenarkan oleh bidan Agustina saat dikonfirmasi Kompas, Jumat (12/12/2019).

“Benar. Kejadian itu kemarin pagi. Ibu Karolina mau diantar ke Puskesmas Kotabaru untuk melahirkan. Dalam perjalanan, Ibu Karolina mengeluh sakit dan akhirnya melahirkan di pondok. Puji Tuhan, anak dan ibu selamat,” ungkap Agustina.

Baca JugaSoal Pelukan Betrand Peto dengan Sarwendah, Begini Kata Ruben Onsu

Menurut bidan Agustina, kejadian ibu hamil melahirkan di jalan sudah sering terjadi. Hal itu disebabkan kondisi jalan yang amat buruk.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten Ende bisa memperbaiki jalan menuju Desa Liselande dan lainnya.*