Jabatan Wabub Malaka Kosong, Isteri Almarhum Mantan Wabub Siap Maju

Jabatan Wabub Malaka Kosong, Isteri Almarhum Mantan Wabub Siap Maju

Jabatan Wabub Malaka kosong, Isteri Almarhum mantan Wabub siap maju melanjutkan jabatan wakil Bupati jika diberikan kepercayaan. (Foto: Maria Theresa Un Manek - likuraionline)

MALAKA, dawainusa.com Kematian Wakil Bupati Malaka, Drs. Daniel Asa, pada 15 September Kemarin akibat serangan jantung membuat jabatan wakil bupati di Kabupaten Perbatasan tersebut belum terisi hingga hari ini.

Untuk mengisi kekosongan Jabatan tersebut telah bermunculan figur baru yang menyatakan diri siap maju menjadi calon Wabub di daerah tersebut.

Baca juga: Belum Pulih Operasi, Mahasiswi Pelaku Aborsi ini Status Wajib Lapor

Istri Almarhum mantan Wakil Bupati Malaka, Maria Theresa Un Manek merupakan salah satu figur yang telah menyatakan diri siap maju sebagai calon wakil Bupati mendampingi dr. Stefanus Bria Seran, Bupati Malaka sekarang.

Dikonfirmasi terkait Partai politik yang mendukungnya, Staf Ahli Bupati Malaka itu mengatakan saat ini Ia tengah menjalani komunikasi dengan DPC Partai Demokrat Malaka.

“Sejauh ini baru DPC Partai Demokrat Kabupaten Malaka yang sudah menjalin komunikasi dengan saya untuk mengusung saya maju sebagai calon wakil Bupati Malaka,” ungkap Maria Sebagaimana dilansir tribunnews.com, Kamis, (23/11).

Bupati Malaka Stef Bria Seran sedang berbicara kepada awak media beberapa waktu lalu

Bupati Malaka Stef Bria Seran sedang berbicara kepada awak media beberapa waktu lalu. (Foto: tribunnews.com)

Maria menambahkan, Ia akan siap melanjutkan jabatan wakil Bupati yang ditinggal sang suami jika diberikan kepercayaan dan siap mundur dari ASN jika memang mekanismenya seperti itu.

“Jika memang saya diberi kepercayaan untuk melanjutkan jabatan wakil Bupati Malaka, saya nyatakan siap,” kata Maria.

Terkait dukungan kelurga terhadap langkah poltiknya tersebut, Maria menyampaikan keluarga mendukung penuh atas keputusan tersebut. Ia mengaku sudah mengkomunikasikan hal tersebut dengan keluarganya.

“Keluarga saya termasuk anak-anak sangat mendukung jika saya dipercayakan untuk melanjutkan posisi wakil Bupati untuk mendamping Pak Stef,” tegasnya.

Terpisah, Devi Ndolu, Ketua DPC Partai PDIP Kabupaten Malaka mengatakan siap maju sebagai calon wakil Bupati Malaka jika mendapat kepercayaan dari masyarakat Malaka dan ditugaskan Partai. Ia menegaskan pula dirinya maju bukan karena rakus jabatan.

“Saya siap maju jika mendapat kepercayaan masyarakat dan ditugaskan partai. Tapi, tolong digarisbawahi saya tidak rakus dengan jabatan tetsebut,” kata Devi.

Baca juga: Disekap, Seorang Mahasiswi di Makassar Disetubuhi Berkali-kali

Tergantung Kewenangan Partai

Menanggapi isu yang bergulir tersebut, Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran mengatakan kewenangan mengusul calon wakil Bupati ada di tangan partai pengusung.

“Nanti partai pengusung yang akan mengajukan maksimal dua nama kepada Bupati selanjutnya akan disodorkan kepada DPRD Malaka untuk dilakukan Pemilihan,” kata Stefanus.

Secara teknis kata Stefanus akan dikonsultasikan kepada Gubernur dan dan Menteri Dalam Negeri terkait teknis pemerintahan untuk mengisi kekosongan jabatan wakil Bupati Malaka.* (RAG)