Intip 10 Fakta Menarik yang Terdapat di Lembata, NTT

Intip 10 Fakta Menarik yang Terdapat di Lembata, NTT

TRAVEL, dawainusa.com Pulau Lomblen atau yang sering dikenal dengan Lembata memiliki daya pikat tersendiri. Kabupaten yang mekar dari Kabupaten Flores Timur ini memiliki fakta menarik yang layak untuk dikunjungi.

Baca juga: 10 Tempat Unik yang Membuat Kamu Merindukan Alor

Aneka fakta menarik ini menjadi alasan yang tepat bagi anda untuk merindukan dan mengunjungi tempat ini. Berikut ini ada 10 fakta menarik yang terdapat di Lembata.

Hal-hal Menarik yang Ada di Lembata

Baca juga: 10 Obyek Wisata Menarik yang Ada di Ngada, Flores

Ritual Penangkapan Ikan Paus di Desa Lamalera

Lamalera dikenal sebagai salah satu desa yang memiliki tradisi unik yang patut anda ketahui yakni tradisi penangkapan Ikan Paus. Ritual Penangkapan Ikan Paus merupakan salah satu tradisi masyarakat Lamalera yang dirayakan setiap tahun.

Upacara ini merupakan salah satu tradisi warisan nenek moyang yang masih dilestarikan hingga kini. Lamalera terletak di Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaaten Lembata-NTT.

Ritual Penangkapan Ikan Paus di Desa Lamalera

Ritual Penangkapan Ikan Paus di Desa Lamalera – Netralnews

Gunung Batu Tara

Salah satu keindahan alam yang sangat menarik di Kabupaten Lembata adalah Gunung Batu Tara. Keunikan gunung ini adalah meletus setiap 20 menit sekali.

Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi agar anda bisa melihat aktivitas gunung yang menarik untuk dipandang.

Untuk menyaksikan letusan Gunung Batu Tara, anda bisa menaiki kapal dengan jarak tempuh sekitar tiga jam menuju tempat ini.

Gunung Batu Tara

Gunung Batu Tara – Dion DB Putra

Bukit Cinta

Jika anda sedang jatuh cinta datanglah ke Bukit Cinta. Di sini anda akan menemukan indahnya pemandangan savana dan lautan biru yang mengelilingi Pulau Lembata.

Untuk mencapai Bukit Cinta, anda bisa menggunakan mobil. Pada musim kemarau Bukit Cinta menawarkan panorama alam yang menarik ini dihiasi padang rumput dan tanah berwarna coklat. Bukit Tempat ini terletak di Desa Bour, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata-NTT.

Bukit Cinta Lembata

Bukit Cinta Lembata – PETANI ADV

Pantai Bean

Walaupun dikenal sebagai pulau yang tandus namun Lembata memiliki seribu pesona dan menyimpan sejuta panorama indah yang menakjubkan.

Keindahan tempat ini disempurnakan oleh hamparan pasir putih, gulungan ombak, serta tebing dan gua alam. Pantai Bean adalah salah satu Pantai Pasir putih dalam bentuk kristal yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Pantai ini membentang dari Barat sampai Timur sepanjang 5 km. Jika kamu penasaran datanglah ke tempat ini untuk mengobati rasa penasaran anda.

Lokasi pantai ini cukup jauh dari Lewoleba, Ibukota Kabupaten Lembata. Jika kamu ke tempat ini maka kamu akan membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan jarak tempuh sekitar 82 km. Pantai Bean terletak di Desa Bean Kecamatan Buyasuri, Kabupaten Lembata-NTT.

Pantai Bean

Pantai Bean – Indahnya Flores

Puncak Ile Lewotolok

Ile Lewotolok merupakan salah satu gunung berapi di Lembata yang terletak di antara Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur, Lembata. Untuk mencapai tempat ini anda harus melewati wilayah Ile Ape Timur, tepatnya di Desa Lamagute.

Ketika sampai di tempat ini anda akan menjumpai keindahan kawah gunung yang mampu mengusir lelah yang anda pikul sepanjang perjalanan.

Puncak Ile Lewotolok

Puncak Ile Lewotolok – YouTube

Tanjung Nuhanera

Tak dapat disangkal bahwa Pulau Lembata juga menawarkan keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Itulah Tanjung Nuha Nera yang semakin popuer di kalangan para traveler.

Di tempat ini anda bisa melakukan diving dan snorkling. Tanjung Nuhanera terletak di Teluk Waienga, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tanjung Nuhanera

Tanjung Nuhanera – Pesona Indonesia

Pantai Mingar

Pantai Mingar merupakan salah satu destinasi wisata yang terdapat di Pulau Lembata. Pantai ini terletak sekitar 20 km dari pusat kota Lewoleba.

Salah satu keunikan dari pantai Mingar adalah perubahan pantai dari pasir putih selama bulan April-Januari menjadi batu karang dan sedikit Pasir dari bulan Februari – Maret. Pantai ini terletak di Desa Mingar, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata-NTT.

Pantai Mingar

Pantai Mingar – SERGAP

Air Terjun Lodovavo Atawuwur

Lembata tidak hanya dikenal sebagai pulau yang memiliki keindahan pantainya, tetapi juga memiliki air terjun yang mempesona. Salah satu air terjun yang terdapat di Lembata adalah Air Terjun Lodovavo Atawuwur.

Keindahan air terjun alami ini mampu memikat siapa saja yang berkunjung ke Lembata untuk menikmati indahnya alam dan sejuknya udara ditemani bunyi air terjun yang memeca keheningan di sekitar air terjun.

Dengan berkunjung ke tempat ini kamu akan bisa merasakan udara sejuk yang menyenangkan. Tempat ini terletak di Desa Atawai, Kecamatan Nagawutung-Lembata.

Air Terjun Lodovavo Atawuwur

Air Terjun Lodovavo Atawuwur – kompasiana

Dapur Alam Karun Watuwawer

Bumi Lembata tidak hanya menyimpan keindahan alam dan budaya. Tapi juga menyimpan fakta unik yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu fakta unik nan menarik untuk dikunjungi adalah Dapur Alam Karun Watuwawer. Dapur alam ini terletak 40 km dari kota Lewoleba tepatnya di Desa Atakore, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata-NTT.

Pengunjung dapat menemukan sumber daya alam gas di Karun Watuwawer. Dapur alam ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk memasak segala jenis makanan, seperti kacang dan singkong.

Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam lebih menunggu sampai masak dan langsung mengkonsumsinya. Anda penasaran? Ayo datang ke Lembata.

Dapur Alam Karun Watuwawer

Dapur Alam Karun Watuwawer – ist

Bukit Doa Watomiten

Pulau Lembata tidak hanya terkenal dengan wisata alam dan di bawah laut, tetapi juga Pariwisata Rohani. Salah satu tempat pariwisata rohani yang pantas untuk dikunjungi di Lembata adalah Bukit Doa Watomiten.

Bukit ini terletak di Desa Bour, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata. Jika anda ingin melakukan perjalanan pariwisata rohani, datanglah ke Bukti Doa Watomiten.

Bukit Doa Watomiten

Bukit Doa Watomiten – Katolik News

Demikianlah 10 fakta menarik di Lembata yang wajib kamu kunjungi. Datanglah ke tempat ini, sebelum rindu itu pergi dan anda melupakannya. Sebab di Lembata ada aneka keindahan yang layak untuk dinikmati.*

COMMENTS