Dawainusa.com Empat rumah sakit rujukan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan langsung melakukan pemeriksaan sampel swab Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere kepada wartawan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Minggu (07/06/2020) sore.

Baca juga: 30 Pasien Positif Covid-19 yang Sembuh di NTT Tersebar di 7 Kabupaten/kota

“Dalam waktu dekat, kita akan distribusi alat Tes Cepat untuk pemeriksaan Swab di empat kabupaten,” katanya.

Keempat Rumah Sakit itu diantaranya, RSUD TC Hillers di Kabupaten Sikka, RSUD Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, RSUD Umbu Rara Meha di Kabupaten Sumba Timur, dan RSUD Prof. Dr. W.Z Johannes Kupang

Selain empat kabupaten tersebut, nanti alat Tes Cepat Swab itu akan disiapkan juga di beberapa rumah sakit lainnya, seperti di RS Gabriel Manek untuk Kabupaten Belu, Malaka dan TTU, RS Ende untuk Kabupaten Nagekeo dan

“Yang akan segera didistribusi empat rumah sakit di empat kabupaten. Sedangkan untuk RS Ende dan RS Gabriel Manek, alat Tes Cepat Biomolekuler harus diinstal terdahulu karena belum diinstal,” ujarnya.

Kata dia, pada dasarnya empat rumah sakit diprioritaskan terlebih dahulu. Dan jika sudah berjalan, maka pemeriksaan Swab, tidak hanya dilakukan di RSUD W.Z Johannis Kupang.

“Secepatnya kami akan koordinasikan dengan Kementrian Kesehatan soal hal ini,”pungkasnya.

30 Pasien Sembuh

Sementara itu, data Dinas Kesehatan NTT menunjukkan, sebanyak 30 pasien Covid-19 di daerah tersebut dinyatakan sembuh.

30 pasien tersebut tersebar di tujuh kabupaten/kota yakni, Kota Kupang 12 orang, Manggarai Barat empat orang, Sikka enam orang dan Kabupaten Ende dua orang.

Baca juga: Update Corona NTT: 30 Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Sementara itu di Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba terdapat dua orang yang dinyatakan sembuh, Kabupaten Timor Tengah Selatan tiga orang sembuh.

Sedangkan di Kabupaten Rote Ndao terdapat satu orang yang dinyatakan sembuh adalah anak-anak.

Sedangkan total kasus positif Covid-19 secara keseluruhan di NTT sebanyak 103 orang. Pasien positif tersebut tersebar di Kota Kupang 29 kasus, TTS 4, Sikka 27, Mabar 15, Sumba Timur 8, Ende 12, Nagekeo 3, Flotim 2, Rote Ndao 2, dan Manggarai 1.*