Ini 5 Partai yang Punya Dana Kampanye Awal Paling Sedikit

Ini 5 Partai yang Punya Dana Kampanye Awal Paling Sedikit

JAKARTA, dawainusa.com Sebanyak 16 partai politik peserta pemilu 2019 telah menyerahkan laporan awal dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Untuk jumlah dana yang masuk beraneka ragam. Mulai dari angka tertinggi yang mencapai miliaran sampai dengan angka terendah satu juta.

Baca juga: Ini 5 Partai yang Punya Dana Kampanye Awal Paling Banyak

Partai politik yang memiliki dana awal tertinggi dimiliki oleh PDIP. Dana Partai yang diketuai oleh Megawati Soekarnoputri mencapai Rp 105 miliar.

Sementara Gerindra menempati posisi kedua adalah Gerindra dengan jumlah dana awal kampanye sebesar Rp Rp 75,3 miliar. Siapa parpol yang memiliki dana awal kampanye terendah? Berikut rinciannya:

Partai yang Punya Dana Kampanye Awal Paling Sedikit

1. PPP

Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) telah menyerahkan dana awal kampanye ke KPU sebesar Rp 510 juta. Direktur Eksekutif Lajnah Pemenangan Pemilu PPP, M. Qoyum menjelaskan dana tersebut murni dari kas partai.

“Murni dari kas partai saja,” jelasnya di kantor KPU, Minggu (23/9).

2. Partai Berkarya

Partai dengan dana kampanye terendah lain adalah Partai Berkarya dengan total dana mencapai Rp 100 juta. Menurut Bendahara Umum Partai Berkarya Neneng A. Tutty dana tersebut berasal dari kas partai.

3. PAN

PAN juga menjadi parpol dengan jumlah dana kampanye yang rendah. Untuk dana awal PAN hanya melaporkan sebesar Rp 50 juta. Angka itu terbilang kecil untuk partai besar yang sudah lama berkiprah di pemilu.

Bendahara PAN Nur Indah mengatakan dana tersebut berasal dari kas partai. PAN sendiri tidak meminta (caleg) menyumbang dana kampanye. “Berasal dari partai. Seluruh dana awal untuk caleg sudah dilaporkan ke KPU,” jelasnya.

4. Partai Hanura

Selanjutnya, Partai Hanura menjadi partai dengan dana kampanye terendah hanya Rp 13 juta. Wakil Bendahara Umum Partai Hanura Amelia mengatakan dana tersebut berasal dari internal partai sendiri.

Amelia juga mengungkapkan angka Rp 13 juta mempunyai makna tersendiri. “Karena itu sesuai filosofi partai dan sama dengan nomor kami 13,” ujarnya.

5. Partai Perindo

Yang terakhir dengan dana awal kampanye terendah adalah Partai Perindo sejumlah RP 1 juta. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Perindo, Muhammad Sopiyan mengatakan dana itu berasal dari internal partainya.

Walau Partainya milik pengusaha ternama jadi tidak sert merta dana kampanye seluruhnya ditanggung oleh Harry Tanoesudibjo.

“Rp 1 juta dari rekening partai. Jadi tidak secara otomatis kerena milik ketua umum, semua ada prosesnya,” jelas Sopiyan.*