Ini 10 Alasan Mengapa Anda Akan Rindu Kota Larantuka

Ini 10 Alasan Mengapa Anda Akan Rindu Kota Larantuka

TRAVEL, dawainusa.com – Larantuka, merupakan salah satu kota di Pulau Flores-NTT yang terkenal dengan pariwisata rohani. Prosesi Tuan Ma merupakan salah satu tradisi umat Katolik Larantuka yang sudah diwariskan ratusan tahun yang lalu.

Momen ini kemudian menjadi salah satu peristiwa unik yang mendatangkan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Namun jika dilihat lebih jauh, bumi Larantuka ternyata menyimpan aneka kekayaan budaya dan alam yang indah dan unik.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di TTS yang Bisa Mambuat Kamu Jatuh Cinta

Prosesi Tuan Ma hanya salah satu dari aneka macam keunikan yang terdapat di tempat ini. Berikut ini 10 fakta menarik yang dapat anda temukan di Larantuka.

10 Fakta Menarik yang Ada di Larantuka

Baca juga: 10 Obyek Wisata Menarik yang Ada di Ngada, Flores

Danau Asmara
Menyebut Pantai Asmara, pikiran, anda pasti tertuju pada suasana romantis yang akan anda rasakan ketika mengunjungi tempat tersebut. Danau ini terletak di Desa Waibao Kecamatan Tanjung Bunga. Keindahan panorama danau ini membuat anda terpesona.

Bagi kaum muda yang sedang dilanda asmara dan menjalin hubungan LDR, maka danau asmara adalah pilihan tepat untuk melepas beratnya beban rindu yang telah lama anda tanggung.Tertarik? Ayo ke Larantuka.

Danau Asmara

Danau Asmara – Liputan6

Istana Raja Larantuka

Istana Raja Larantuka merupakan salah satu fakta sejarah yang mau mengisahkan bahwa tempat ini pernah dipimpin oleh seorang raja. Istana Kerajaan Larantuka merupakan salah satu tempat menarik yang wajib anda kunjungi jika mempunyai kesempatan ke Flores Timur.

Istana ini dibangun pada 1887 oleh Raja Don Lorenso DVG yang memerintah dari tahun 1887-1910. Tempat ini menyimpan warisan sejarah masa lalu Kerajaan Larantuka yang sampai saat ini masih dilestarikan.

Istana Raja Larantuka

Istana Raja Larantuka – merahputih

Waiplatin Oka

Waiplatin-Oka merupakan salah satu obyek wisata menarik yang terdapat di Larantuka. Letaknya sangat strategis karena berada tepat di pintu masuk bagian barat Kota Larantuka. Akses menuju tempat ini sangat muda. Dari Kota Larantuka, anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit menuju tempat tersebut.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi. Di tempat ini anda bisa menikmati mandi sauna dan berbagai macam fasilitas lainnya seperti kolam renang, kamar ganti, arena rekreasi keluarga, fasilitas hiburan yang bisa membuat anda betah.

Waiplatin Oka

Waiplatin Oka – nyero.id

Pantai Weri

Adanya Pantai Weri yang terletak di ujung timur Pulau Flores, membuat Larantuka memiliki banyak pantai cantik. Pantai Weri berada tak jauh dari pusat kota. Pantai Weri merupakan pantai kebanggaan Warga Larantuka. Di pantai ini anda bisa menjumpai berpasir putih kekuningan dengan air laut yang bening.

Meski berada di kota, pantai Weri cukup bersih dan indah. Jika sampai di Kota Larantuka, anda tidak perlu membuang banyak biaya menuju tempat ini, karena letaknya di Kelurahan Weri di samping GOR Kota Larantuka.

Pantai Weri

Pantai Weri – ist

Pantai Nuha

Kabupaten Flores Timur memiliki hamparan pasir putih yang sangat elok dan cocok untuk berwisata. Keunikan pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang membentuk sebuah pulau kecil di tengah laut. Bukan hanya keindahan pasir yang ditawarkan. Lebih dari itu anda juga dapat menikmati gugusan terumbu karang dan biota laut yang ada di pantai ini.

Pemandian Air Panas Mokantarak

Larantuka juga merupakan salah satu Kabupaten di Pulau Flores yang memiliki pamandian air panas. Jika anda ke tempat ini, mata anda akan dikejutkan dengan keindahan panorama teluk Mokantarak, pemandian air panas Mokantarak.

Tempat ini menawarkan keindahan alam yang sangat menarik dan membuat anda sangat merindukannya setelah anda meninggalkan tempat ini.

Pemandian Air Panas Mokantarak

Pemandian Air Panas Mokantarak – Cerita Febrian

Taman Doa Kapela Tuan Maninu

Taman Doa Tuan Meninu merupakan salah satu tempat rohani dan tempat ziarah bagi umat Katolik. Tempat ini selalu dikunjungi para peziarah terutama pada perayaan Paskah. Di dalam kapela Tuan Meninu disimpan Patung Tuan Meninu atau patung kanak-kanak Yesus.

Saat Semana Santa, patung ini, bersama Patung Tuan Ma dan Tuan Ana akan dibuka dan diarak oleh peziarah.Taman Doa Kapela Tuan Maninu terletak di San Dominggo, Kelurahan Larantuka, Kecamatan Larantuka.

Taman Doa Kapela Tuan Maninu

Taman Doa Kapela Tuan Maninu – Pen@ Katolik

Jagung Titi

Larantuka tidak hanya terkenal dengan tempat wisata religius dan keindahan alamnya, tetapi juga makanan khasnya. Jagung titi merupakan salah satu makanan khas masyarakat Larantuka.

Makanan ini biasanya disuguhkan oleh orang Larantuka bagi para tamu yang datang ke rumah mereka. Jika anda ke Larantuka maka anda akan merasakan betapa nikmatnya makanan tradisional Larantuka ini menemani kopi.

Jagung Titi

Jagung Titi – Pos Kupang

Pantai Ina Burak

Pantai Ina Burak merupakan salah satu pantai yang memamerkan keindahan alam yang sangat menarik di Larantuka. Pantai ini terletak di Desa Lawokeleng sekitar setengah jam dari Kota Waiwerang Adonara menuju arah Timur.

Pantai yang ditaburi pasir putih ini sangat indah dan mempesona. Sesuai dengan namanya, Ina Burak yang arteinya gadis putih. Pantai Ina Bura menampilkan dua wajah kontras.

Di sisi kiri adalah hamparan pasir putih sepanjang 300 m. Sedangkan di sisi kanan adalah hamparan batu karang dengan berbagai bentuk yang berwarna hitam. Tempat ini akan membuat anda sangat terpesona oleh keindahan alamnya.

Pantai Ina Burak

Pantai Ina Burak – Manfred Mabuasa Blog

Danau Waibelen

Jika anda ke Larantuka, anda tidak akan berpikir di tempat ini ada danau karena suhu udaranya sangat panas. Namun jika anda keluar sedikit dari Kota Larantuka menuju ke Timur, anda akan menemukan danau yang sangat indah dan jernih yakni Danau Waibelen.

Kejernian danau danau ini bisa merayu anda untuk mandi. Danau Waibelen terletak di Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Waibelen

Danau Waibelen – Pantau Hutan

Demikian 10 alasan yang bisa membuat anda merindukan Larantuka. Tempat ini akan membuat anda merasa betah dan nyaman oleh kindahan alam, peninggalan sejarah, budaya dan makanan tradisionalnya.

Kabupaten yang terletak di ujung Timur Pulau Flores ini menyimpan aneka pesona keindahan alam yang memikat bagi siapa saja yang mengunjungi tempat ini. *

COMMENTS