Ingin LDR Anda Bertahan? Berikut Hal-Hal yang Mesti Anda Lakukan

Ingin LDR Anda Bertahan? Berikut Hal-Hal yang Mesti Anda Lakukan

RELATIONSHIP, dawainusa.com – Menjalin dan menjalani hubungan jarak jauh atau biasa disebut dengan Long Distance Relationship (LDR) bukanlah suatu pekerjaan mudah. Setiap pasangan yang berada dalam hubungan seperti ini tidak jarang akan menghadapi beragam tantangan.

Banyak orang yang berpikir bahwa hubungan seperti ini akan sangat sulit untuk bertahan. Sebab, saat LDR, seseorang akan diuji dan ditantang dengan banyak hal yang cukup berat, mulai dari soal cara mengatur atau memanagemen kesabaran, menjaga kesetiaan hingga bagaimana membangun suatu kepercayaan.

Baca juga: Cara Jitu Atasi Rasa Bosan Saat Menjalani LDR

Bagi sebagian orang, tantangan tersebut merupakan hal yang sangat berat, sehingga mereka tidak menghendaki agar dirinya bersama pasangan akan mengalami hubungan seperti itu. Pandangan seperti itu memang sah-sah saja.

Akan tetapi, benarkah menjalin LDR merupakan sesuatu yang sulit? Tepatkah apabila kita mengatakan bahwa orang yang menjalin hubungan seperti ini akan dengan mudah berpisah? Jawaban dari pertanyaan tersebut tentu akan diketahui dari sejauh mana kita membangun dan mengambil sikap atas realita LDR itu.

LDR itu sendiri memang tidak akan bertahan apabila dibangun tidak dengan kemauan dan komitmen yang kuat. Karena itu, bagi pasangan yang sedang atau akan LDR, berikut beberapa tips ampuh apabila LDR anda ingin tetap bertahan.

Tips Membuat LDR Tetap Bertahan

Hubungan jarak jauh atau LDR akan bertahan jika setiap pasangan setidaknya melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Baca juga: 6 Hal yang Diinginkan Pria saat Menjalin Hubungan Asmara

1. Anggap LDR sebagai Sebuah Kesempatan

Ketika menjalin LDR, pertama-tama anda mesti menganggap hal tersebut sebagai sebuah kesempatan berharga untuk anda jalani dan nikmati. Artinya, saat LDR anda bisa memanfaatkan hal itu dengan hal-hal yang baik seperti dengannya anda bisa belajar untuk hidup lebih mandiri.

Akan tetapi, saat itu juga, ada harus tetap mengingat soal pasangan anda, yakni dengan sikap saling mendukung satu dengan yang lain. Anda mesti membangun kepercayaan dan menumbuhkan keyakinan pasangan anda bahwa pengalaman seperti ini justru akan mempererat hubungan anda dengannya.

Bukankah anda percaya dengan ungkapan, “Karena jarak, aku tahu rasanya rindu”? Jarak yang anda alami saat LDR justru akan semakin membuat anda sadar bahwa betapa pentingnya pasangan anda di dalam kehidupan anda.

Lagipula, LDR juga sebenarnya dapat membantu anda untuk lebih fokus menata hidup anda sendiri. Hal ini sangat penting untuk kehidupan anda dengan pasangan anda di masa yang akan datang, bukan?

LDR

Ilustrasi – ist

2. Hindari Komunikasi Berlebihan

Hal penting lain yang juga mesti anda jalani ketika LDR ialah soal bagaimana mengatur komunikasi dengan pasangan anda. Salah satu cara yang baik dalam menjalani hubungan seperti ini ialah dengan sebisa mungkin tidak terlalu sering berkomunikasi.

Kita memang sepakat bahwa hubungan tanpa dibangun dengan komunikasi pasti akan dengan cepat menjadi runtuh. Akan tetapi, anda harus sadar bahwa komunikasi yang berlebihan juga justru akan merusak hubungan anda dengan pasangan anda.

Usahakan, anda tetap memberikan ruang bebas bagi pasangan anda. Hal itu juga sangat berguna agar dalam berkomunikasi, anda tidak akan kehabisan bahan obrolan. Komunikasi yang diatur seperti ini juga akan membuat hubungan anda dengan pasangan anda semakin dinamis dan tidak membosankan.

3. Be Honest

Sikap jujur dan saling terbuka ialah hal penting dalam menjalani suatu hubungan. Apabila anda memiliki suatu masalah terkait kehidupan anda dengan pasangan anda, sebaiknya anda harus menceritakannya secara terbuka.

Sikap seperti ini, selain akan membantu anda untuk mengetahui pasangan anda lebih dalam, juga akan membantu anda untuk bisa memecahkan segala persoalan yang menimpa hubungan anda dengannya.

Lagipula, apabila anda memiliki rahasia terhadap pasangan anda dan tidak mau mengatakannya, hal itu hanya akan membuat anda semakin stres. Jadikan pasangan anda sebagai orang yang dapat membantu mengatasi persoalan anda.

4. Be Sexy

Hal lain yang bisa anda lakukan ialah bahwa anda sebaiknya tidak boleh lupa untuk menunjukkan sisi wild anda! Artinya, sedapat mungkin anda mesti bisa membuat pasangan anda semakin kangen dengan anda.

Hal itu bisa anda lakukan dengan cara merekam voicenote yang menggoda atau bahkan mengirim sebuah foto nakal. Ingatkan sang pasangan betapa anda menginginkannya, dan ia pun akan semakin bersemangat untuk bersatu kembali dengan anda.

5. Miliki Tujuan Bersama

Memiliki tujuan bersama merupakan hal yang terpenting dalam membangun suatu hubungan. Apa gunanya menjalani LDR bila anda berdua tidak memiliki rencana untuk masa depan?

Karena itu, anda sebaiknya mesti meluangkan waktu untuk membahas masa depan bersama dan pastikan anda berdua memiliki tujuan yang sama.

Bila anda berdua ingin menjalani hubungan tersebut dengan serius, teruskan dan jangan lupa untuk mencari tanggal di mana anda berdua bisa bersatu kembali.*