Imigrasi Sebut Joseph Paul Zhang Tinggalkan Indonesia Sejak 2018
Foto Kolase/Ist

Dawainusa.com – Kasus penistaan agama yang dilakukan Joseph Paul Zhang kini menyita perhatian publik tanah air hingga pihak Imigrasi angkat bicara.

Terkait hal itu, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyebut pelaku meninggalkan Indonesia sejak 2018.

Dilansir dari TribunNews, Senin (19/4/2021), Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara mengungkapkan Joseph Paul Zhang menuju Hongkong pada 11 Januari 2018.

Baca jugaAyah Melisha Sidabutar Ungkap Kondisi Sang Anak Sebelum Meninggal

Kata Kantor Imigrasi Joseph Paul Zhang

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara berkata bahwa  Joseph pada 11 Januari 2018 menuju Hong Kong.

“Berdasarkan informasi dari database perlintasan Imigrasi, WNI atas nama Shindy Paul Soerjomoeljono, atau yang dikenal masyarakat sebagai Joseph Paul Zhang, terakhir kali meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong pada 11 Januari 2018,” ungkap Angga dalam keterangannya, Senin (19/4/2021).

Mengenai tindak lanjut atas Joseph Paul Zhang, kata Angga telah berkoordinasi dengan pihak Bareskrim Polri.

“Imigrasi telah menyampaikan informasi perlintasan yang bersangkutan kepada Bareskrim. Proses investigasi akan dilanjutkan oleh Bareskrim sebagai pihak yang berwenang dalam penanganan perkara ini,” kata Angga.

Adapun penyidik Bareskrim Polri sedang mendalami video Joseph Paul Zhang yang mengaku nabi ke-26 tersebut. Polisi pun melengkapi dokumen penyidikannya.

“Sedang didalami, lengkapi dokumen penyidikannya,” kata Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Agus Andrianto di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Imigrasi
Foto/Kompas

Baca jugaFakta Tentang Penganiaya Perawat di Palembang yang Disebut Mengaku Polisi

Agus menyatakan penyidik Bareskrim Polri sejak awal telah menduga Joseph Paul Zhang tidak berada di Indonesia.

Namun, lanjut Agus, hal itu tidak menghalangi pihaknya untuk melakukan penyelidikan terkait dengan dugaan penistaan agama tersebut.

“Kami berkoordinasi dengan Imigrasi dengan baik. Data yang bersangkutan (Joseph Paul Zhang) meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018 dan tercatat belum kembali,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Joseph Paul Zhang diduga melakukan penghinaan kepada umat Muslim dalam sebuah diskusi melalui zoom.

Melalui akun YouTube pribadinya, pria tersebut mengungkapkan bahwa dirinya adalah nabi ke-26.

Tidak hanya itu, bahkan Joseph juga menantang untuk melaporkan dirinya ke polisi terkait dengan ucapannya.

Video tersebut kemudian menuai beragam reaksi publik dan meminta pelaku untuk segera ditangkap.

Namun ternyata, Joseph Paul Zhang kini sedang tidak berada di Indonesia sejak tahun 2018 yang lalu.*