dawainusa.com Hasil tes swab terhadap 35 sampel dari Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dikirim untuk diteliti di laboratorium di Jakarta maupun Surabaya dinyatakan negatif Covid-19.

Hal itu disampaikan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu, di Kupang, Rabu, (15/4).

Baca juga: Warga NTT yang Pernah Kontak dengan Pasien Corona Diminta jujur

“Sampai dengan saat ini kami sudah mengirim 55 sampel swab dan dari hasil laboratorium terdapat 35 sampel yang dinyatakan negatif COVID-19,” kata Marius.

Marius mengatakan, terdapat satu sampel yang dinyatakan positif dan pasiennya sedang diisolasi di RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang, sedang sisanya belum keluar hasil laboratorium.

“Satu pasien positif yang sedang dirawat ini juga saat ini dalam kondisi stabil,” katanya.

Hasil negatif tersebut menunjukkan pemeriksaan swab melalui metode PCR mengkonfirmasi hasil sampel yang dikirimkan ke Jakarta maupun Surabaya.

Jumlah Pasien Negatif Bertambah

Jumlah sampel yang dinyatakan negatif Covid-19 ini juga bertambah dari sebelumnya sebanyak 26 sampel dari total yang dikirim sebanyak 43 sampel.

Pemerintah provinsi saat ini sedang mempersiapkan laboratorium di RSUD W.Z. Prof. Dr. Johannes Kupang agar bisa melakukan uji swab agar bisa lebih cepat.

Baca juga: Ribuan Sopir di NTT Dapat Bantuan Rp 600.000 per Bulan dari Polisi

Menurut dia, langkah ini penting dilakukan mengingat pemerintah daerah seringkali menghadapi kendala dalam mempercepat mendapat hasil uji swab karena pengiriman sampel ke luar NTT acap terkendala akibat minimnya fasilitas transportasi udara.

“Untuk itu kita harapkan laboratorium di Rumah Sakit Johannes Kupang segera selesai dan beroperasi agar pemeriksaan swab bisa dilakukan di Kupang,” katanya.*