Peringati Harlah Pancasila, Satgas Pamtas RI-Timor Leste Bagi Kaos Merah-Putih
Personel Satgas Pamtas RI-Timor Leste (kanan) membagikan kaos Merah-Putih kepada warga di wilayah perbatasan RI-Timor Leste di Kabupaten TTU/Antara

Dawainusa.com – Dalam memperingati hari lahirnya (Harlah) Pancasila, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Timor Leste bagi kaos merah-putih kepada masyarakat.

Satgas Pamtas RI-RDTL membagikan kaos Merah-Putih kepada warga perbatasan di Desa Eban dan Desa Sallu Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Hal itu diungkapkan Komandan Satgas RI-Timor Leste Komandan Satgas RI-Timor Leste Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Letkol Arm Andang Radianto dalam keterangan, Selasa (1/6/2021).

Baca jugaSoal Pemilu 2024, Komisi II DPR Minta KPU Buat Jadwal Alternatif

Pembagian Kaos Memperingati Harlah Pancasila

Dalam keterangannya, Andang Radianto mengatakan kegiatan pembagian kaos dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke-76 pada 1 Juni 2021.

“Kita memperingati hari lahir Pancasila ini dengan membagikan kaos Merah-Putih untuk menggugah rasa nasionalisme warga, khususnya di wilayah perbatasan negara,” katanya.

Selain kaos Merah-Putih, pihaknya juga membagikan pakaian yang layak dipakai secara gratis kepada di wilayah beranda Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu.

Radianto mengatakan pembagian pakaian ini di sisi lain juga untuk mempererat tali persaudaraan antara anggota satgas dan warga yang sudah terjalin dengan baik.

“Semoga dengan dibagikannya kaos Merah-Putih ini dapat menggugah rasa nasionalisme warga diperbatasan sekaligus mempererat tali persaudaraan TNI dengan warga di perbatasan,” ujarnya.

Baca jugaMa’ruf Amin Ungkap Penyebab Dunia Hadapi Pelanggaran HAM, Kemisikinan dan Perang

Sementara itu, tokoh adat Desa Sallu Yohanis L Fallo mengapresiasi cara Satgas Pamtas dengan membagikan kaos Merah-Putih kepada warga untuk memperkuat rasa nasionalisme.

“Warga tentu menyambut gembira kegiatan ini, apalagi selama ini bapak-bapak tni dari Satgas sudah banyak membantu kami,” katanya.

“Kami juga mengucapkan selamat hari kelahiran Pancasila, dengan kegiatan ini kami menjadi lebih peduli dan sadar tentang nasionalisme dan semakin menghormati Ideologi negara kita yaitu Pancasila,” katanya.*