Hardiknas di Tengah Pandemi Covid-19, Momentum Transformasi Digital
Foto Ilustrasi/@boedi_kwodokijo

Dawainusa.com – Momen Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas merupakan bagian yang paling penting dalam perjalanan Bangsa Indonesia.

Namun, acara Hardiknas tahun ini, bangsa Indonesia berhadapan dengan persoalan pandemi Covid-19, yang mengharuskan institusi pendidikan tidak bisa berjalan normal.

Berhadapan dengan persoalan ini, Rektor Universitas Jakarta (UNJ) Komarudin mengatakan, Hardiknas harus dijadikan momentum transformasi digitalisasi dunia pendidikan.

Hal itu diungkapka Komarudin dalam sambutan peluncuran TV Edura di Gedung UTC UNJ, Minggu (2/5/2021).

Baca jugaPeringatan May Day, Ratusan Buruh Divaksin

Hardiknas di Tengah Pandemi Covid-19

Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, nyatanya tak melunturkan semangat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021.

Menurutnya, perkembangan media digital saat ini begitu pesat termasuk di dalamnya TV Digital.

Untuk itulah lembaga pendidikan tinggi harus mampu memanfaatkan keunggulan media digital sebagai media transformasi pendidikan.

“UNJ sebagai lembaga pendidikan tinggi tentu perlu adaptif dengan perkembangan media digital yang ada, dan harus mampu memanfaatkan keunggulan media digital ini sebagai media transformasi pendidikan,” kata Komarudin.

Di sisi lain, lanjut Komarudin, UNJ sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU), maka harus mampu menangkap peluang dari kebermanfaatan media digital untuk memperoleh revenue atau income generating.

“UNJ memiliki banyak potensi yang dapat diaktualisasikan dan dikonversi menjadi income generating baik di bidang olahraga, seni, kuliner, fashion, teknik, pariwisata, maupun konten dan media pembelajaran. Semua itu bisa dikemas menjadi programa dan komoditas media digital yg marketable,” ujar Komaruddin.

Gambar Ilustrasi Hardiknas
Foto Ilustrasi/@gedelilaofficial

Baca jugaAL China Siap Bantu Indonesia Evakuasi KRI Nanggala-402

Dua fungsi utama inilah, lanjut Komarudin, yang menjadi alasan penting diluncurkannya TV Edura yang merupakan media transformasi UNJ, unit bisnis di bawah Edura UNJ sebagai University Bussines Center UNJ,

“Edura TV merupakan TV kampus yang akan menampilkan kegiatan – kegiatan di UNJ maupun di luar UNJ sebagai media yang menghubungkan dan mendekatkan UNJ kepada masyarakat,” kata Komarudin.

Pada tahap awal, Edura TV digawangi oleh Edura oleh Edura UNJ dan UPT Humas sampai mampu berdiri sendiri sebagai unit bisnis.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Peluncuran Edura TV, Syaifudin mengatakan bahwa dengan peluncuran Edura TV ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses informasi tentang UNJ melalui platform berbasis media digital ini.

“Selain itu juga Edura TV dapat menjadi media yang dapat memberikan berbagai informasi mengenai berbagai inovasi pendidikan yang ada di sekolah maupun di UNJ sendiri,” ungkap Syaifudin yang juga Kepala Media Humas UNJ.*