Dawainusa.com Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, berapa pun jumlah pasien covid-19 di daerah itu akan diobati.

“Berapa pun pasien covid di NTT akan kita obati. Mau berapapun kita akan obati. Namanya juga orang sakit. Paling kita obati,” kata Viktor kepada wartawan di Kantor Gubernur NTT, Rabu (06/05/2020).

Baca juga: 1 PDP Baru di Manggarai, NTT Diisolasi di RSUD Ben Mboi Ruteng

Viktor menegaskan, warga yang positif corona atau covid-19 di NTT telah melewati masa inkubasi, sehingga tidak menjangkit ke warga lokal NTT.

“Semua yang positif corona telah melewati masa-masa inkubasi, dan saya harapkan ini menjadi kekuatan buat kita,” ungkapnya.

Gubernur juga mengapresiasi sikap taat dan patuh dari masyarakat yang senantiasa mengikuti protokol-protokol kesehatan baik WHO maupun otoritas pemerintah.

“Kita selalu jaga jarak. Semua sesuai protokol Covid-19,” kata Gubernur.

Saat ini, kata dia, NTT telah siap melakukan pemeriksaan swab di laboratorium RSUD WZ Johanes Kupang, sehingga hasilnya bisa lebih cepat diketahui.

“Mulai sekarang, swab sudah bisa diperiksa disini. Periksa pagi, sore sudah bisa tahu hasilnya,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 12 warga NTT sudah terkonfirmasi positif corona, satu diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Uji Swab Perdana

Pemerintah Provinsi NTT melakukan pembukaan pelayanan perdana uji swab laboratorium pasien Covid-19 di Rumah Sakit W. Z Johanes Kupang, pada Kamis (7/5/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere mengatakan, langkah tersebut dilakukan dalam rangka mempercepat informasi penanganan covid-19 di NTT.

Baca juga: Satu Lagi Warga NTT Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pihak RSUD W. Z Yohanes Kupang kata dia, sudah siap untuk melakukan pemeriksaan swab covid-19 di NTT.

“Dan muda-mudahan besok sudah dilakukan pemeriksaan swab dari rujukan yang sudah ada RSUD W. J Yohanes Kupang,” pungkasnya.

Ia berharap agar seluruh rangkaian proses pemeriksaan swab bisa dilakukan secara baik dan secara terkoordinasi.

“Sebagaimana kita ketahui, Bapak Gubernur, bapak wagub sudah mengambil kebijakan agar supaya hasil-hasil swab yang sudah diambil dari Kabupaten/Kota bisa dilakukan pengambilan dengan menggunakan pesawat yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Menurutnya, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat telah mengambil kebijakan agar semua swab pasien corona dari seluruh wilayah di NTT segera dikirim ke RSUD prof dr WZ Johanes menggunakan pesawat yang telah disiapkan.

“Bapak gubernur sudah ambil kebijakan agar supaya hasil-hasil swab yang sudah diambil oleh rekan-rekan kita di kabupaten agar segera dikirim menggunakan pesawat yang telah dipersiapkan,” ungkapnya.*