Gempa Bumi Berkekuatan 4.0 SK Guncang Wilayah Manggarai Barat

Gempa Bumi Berkekuatan 4.0 SK Guncang Wilayah Manggarai Barat

LABUAN BAJO, dawainusa.com – Wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali diguncang gempa bumi dengan kekuatan 4.0 Skala Ricther (SR) pada Senin (10/12).

Dilansir Pos Kupang, dari laporan yang disampaikan oleh pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Waingapu, gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 05:24:48 WIB.

Lokasi gempa bumi ini ada di 8.06 Lintang Selatan (LS) 119.65 bujur timur (BT) atau dengan jarak 82 kilometer (KM) barat laut Manggarai Barat, dengan kedalaman 16 kilometer (km).

Baca juga: Gempa Palu, Balita Tertimbun Memeluk Ibunya yang Sudah Meninggal

“Info Gempa Mag:4.0 SR, 10-Dec-18 05:24:48 WIB, Lok:8.06 LS,119.65 BT (82 km Barat laut MANGGARAIBRT-NTT), Kedlmn:16 Km :BMKG-PGR III,” tulis pihak Stasiun Geofisika Waingapu yang disampaikan via group WhatsApp (WA) Info BMKG Sumba, Senin (10/12).

Meski demikian, hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi terkait dampak dari adanya gempa bumi tersebut bagi aktivitas masyarakat di daerah Manggarai Barat.

Gempa Bumi Sebelumnya di Manggarai Barat

Gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Manggarai Barat memang bukan kali pertama terjadi. Pada 17 Agustus lalu, wilayah ini juga diguncang gempa bumi yang dilaporkan memiliki kekuatan 6, 7 Skala Ritcher (SK).

Saat itu, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Waingapu memberikan keterangan bahwa gempa bumi tersebut terjadi pada malam hari, yakni pukul 22:35:00 WIB.

Lokasi gempa itu dilaporkan ada pada 7.35 Lintang Selatan (LS),119.88 bujur timur (BT) atau dengan jarak 128 kilometer (KM) barat laut Manggarai Barat, dengan kedalaman 559 kilometer.

Baca juga: Gempa Bumi di Sumba Timur, Pemerintah Minta Warga Tetap Waspada

Gempa bumi tersebut diketahui cukup besar, karena efeknya terasa sampai di daerah Bima, Lombok Utara II SIG-BMKG (IV MMI), Waingapu II SIG-BMKG (III-IV MMI), Mataram, Loteng, Kuta II SIG-BMKG (III MMI), Denpasar II SIG-BMKG (II-III MMI), Lobar I SIG-BMKG (II MMI).

Meski demikian, gempa ini tidak menimbulkan tsunami. Sebab dari keterangan pihak BMKG, suatu gempa bumi bisa menimbulkan tsunami apabila hal itu berasal dari kedalaman yang sangat dangkal.

Tidak hanya begitu, saat itu, gempa bumi ini juga tidak menimbulkan kerusakan dan gangguan terhadap segala aktivitas masyarakat di wilayah setempat.*

COMMENTS