Fadli Zon: Gerindra Akan Segera Deklarasi Prabowo Capres 2019

Fadli Zon: Gerindra Akan Segera Deklarasi Prabowo Capres 2019

Fadli Zon mengungkapkan, deklarasi Prabowo jadi calon presiden itu akan dilaksanakan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gerindra pada April mendatang. (Foto: Prabowo - tropongsenayan)

JAKARTA, dawainusa.com – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto didengungkan akan kembali maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Informasi tersebut disampaikan oleh wakil ketua umum partai Fadli Zon di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin (12/3).

Ia mengungkapkan, deklarasi Prabowo jadi calon presiden itu akan dilaksanakan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gerindra pada April mendatang.

“Nanti Rakornas yang rencananya akan diselenggarakan awal April akan ada deklarasi,” kata Fadli.

Baca juga: Pilpres 2019, Prabowo Masih Pikir-pikir untuk Maju

Fadli kemudian menerangkan, deklarasi tersebut dilakukan atas dasar inisiatif dari seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra.

Ia juga mengklaim Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra tidak pernah memberikan instruksi kepada DPD Gerindra untuk melakukan deklarasi itu.

“Kalau capres kami pasti mencalonkan Pak Prabowo, bukan orang lain,” tutur Fadli.

Selain itu, Fadli juga mengatakan, sejauh ini partai berlambang burung garuda itu belum menentukan calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo.

Posisi cawapres itu, katanya, akan dibahas bersama partai koalisi yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Apalagi, demikian Fadli, pendaftaran capres dan cawapres sudah semakin dekat, yakni akan dilakukan pada Agustus 2018.

Untuk hal ini, Fadli menegaskan, partainya sendiri telah melakukan komunikasi dengan berbagai partai politik lainnya untuk melakukan koalisi guna memenangkan Prabowo dalam Pilpres tersebut.

Belum Putuskan Maju Pilpres 2019

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, sejauh ini, Prabowo belum memutuskan untuk maju dalam kontestasi politik pada Pilpres 2019 tersebut.

“Beliau sampai sekarang masih terus berpikir,” kata Muzani ketika hadir mewakili Prabowo pada acara deklarasi DPD Gerindra DKI Jakarta di Lapangan Arcici, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (11/3).

Baca juga: Pilpres 2019, Prabowo Masih Pikir-pikir untuk Maju

Muzani menerangkan, Prabowo masih menimbang apakah dirinya akan kembali bertarung atau tidak. Sampai saat ini, terangnya, Prabowo terus mempertimbangkan terkait kesanggupannya untuk memimpin bangsa ini.

“Beliau masih berpikir apakah beliau sanggup memimpin bangsa di tengah-tengah masalah yang begitu berat,” tutur Muzani.

Walau belum ada kepastian, Muzani tetap percaya bahwa Prabowo akan kembali memutuskan dirinya untuk maju dalam Pilpres 2019 tersebut.

“Kami akan meneruskan ini kepada Pak Prabowo. Insya Allah dalam waktu yang tepat dia akan memberi jawaban di hadapan rakyat,” katanya.

Selain soal pilpres 2019, Muzani yakin partainya akan mampu memenangkan pemilu legislatif yang pemungutan suaranya bakal digelar pada 17 April 2019.

Akan Lakukan Rembuk Ketua DPD

Sementara itu, Wakil Ketua Sekretaris Jenderal Gerindra Andre Rosiade mengatakan, seluruh Ketua DPD Gerindra se-Indonesia akan berembuk malam ini.

Ia mengatakan, pertemuan itu akan dilakukan di Hotel DoubleTree by Hilton Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat, sekitar pukul 19.00 WIB, Senin (12/3).

“Pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut deklarasi yang telah dilakukan 34 DPD Gerindra di daerahnya masing-masing kemarin,” kata Andre.

Baca juga: Puan Maharani: Ada Kemungkinan Duet Jokowi-Prabowo di Pilpres 2019

Andre mengatakan pertemuan tersebut dilakukan untuk membahas langkah lebih lanjut untuk mendorong Prabowo segera mendeklarasikan diri sebagai capres 2019. Ia pun mengatakan untuk agenda malam nanti, seluruh ketua DPD sudah terkonfirmasi akan hadir dalam pertemuan itu.

“Untuk membahas langkah lanjutan agar mendorong Pak Prabowo segera mendeklarasikan diri sebagai capres 2019,” tutur Andre.

Nantinya, demikian Andre, hasil pertemuan itu akan diserahkan kepada DPP Gerindra. “DPD mendorong DPP agar segera mendeklarasikan pak Prabowo,” ungkapnya.

Terkait Pemilu 2019, sejauh ini kandidat yang memiliki peluang besar untuk maju sebagai capres ialah presiden petahana, Ir. Joko Widodo. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini telah mendapatkan dukungan dari tujuh partai. Sementara itu, ada juga isu bahwa bakal munculnya poros ketiga untuk memunculkan bakal kandidat presiden lainnya.*