Edy Mulyadi Resmi Jadi Tersangka Kasus Ujaran Kalimantan Tempat Jin Buang Anak

Edy Mulyadi Resmi Jadi Tersangka Kasus Ujaran Kebencian
Edy Mulyadi Resmi Jadi Tersangka Kasus Ujaran Kebencian - Ist.

Dawainusa.com –  Edy Mulyadi resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Mabes Polri atas kasus ujaran kebencian berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dan penyebaran berita bohong atau hoaks, Senin (31/1/2022).

Penetapan tersangka dilakukan seusai Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri memeriksa Edy Mulyadi, saksi-saksi, hingga ahli. Dalam pemeriksaan tersebut, tim penyidik memeriksa 57 orang yang terdiri atas 37 saksi dan 18 ahli.

“Setelah penyidik melakukan gelar perkara, hasil dari gelar perkara, penyidik menetapkan status dari saksi menjadi tersangka,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Jakarta, Senin (31/1/2022).

Baca: 5 Mitos Keliru Seputar Masalah Keriput 

Edy Mulyadi Langsung Ditahan di Rutan Bareskrim

Usai ditetapkan sebagai tersangka, pihak Bareskrim Polri langsung menahan Edy Mulyadi di Rutan Bareskrim. Menurut Ramadhan, penahanan tersebut terkait alasan subjektif dan alasan objektif.

Alasan subyektif Edy langsung ditahan lantaran dikhawatirkan melarikan diri, menghilangkan barang bukti, dan mengulangi perbuatan.

“Alasan obyektif ancaman dikenakan di atas 5 tahun,” ungkapnya.

Ramadhan mengatakan, Edy menjalani penahanan di Rutan Bareskrim selama 20 hari ke depan.

“Mulai hari ini sampai 20 hari ke depan penahanan di Bareskrim Polri,” ungkap Ramadhan.

Edy Mulyadi Langsung Ditahan di Rutan Bareskrim
Edy Mulyadi Langsung Ditahan di Rutan Bareskrim – Ist.

Diberitakan sebelumnya, Bareskrim Polri tengah menindaklanjuti semua laporan kepada Edy Mulyadi.

Pelaporan ini berawal saat Edy menyampaikan pernyataan yang menyebutkan istilah “tempat jin buang anak” saat tengah mengkritik perpindahan IKN ke Kalimantan Timur.

Dalam video yang beredar di media sosial, Edy mengkritik bahwa lahan ibu kota negara (IKN) baru tak strategis dan tidak cocok untuk berinvestasi.

“Bisa memahami enggak, ini ada tempat elite punya sendiri yang harganya mahal punya gedung sendirian, lalu dijual pindah ke tempat jin buang anak,” ujar Edy dalam video di kanal YouTube Mimbar Tube beberapa waktu lalu.*