Dawainusa.com — Kehidupan pribadi desainer Oscar Lawalata selama ini memang jarang terekspos. Ia lebih terlihat sangat menyembunyikan kehidupan pribadinya.

Namun belakangan namanya mencuat dan menjadi perbincangan publik lantaran diketahui bahwa ia telah memutuskan untuk menjadi perempuan.

Pengakuan desainer 42 tahun mengenai perubahan orientasi seksualnya sebenarnya telah diutarakan enam tahun lalu. Namun baru kali ini diketahui secara jelas.

Kebenaran informasi perubahan orientasi seksual Oscar Lawalata diungkapkan ibunya dalam sebuah tayangan video di Youtube berjudul “Untold Story Reggy Lawalata-Anakku Feminin” di akun The Lawalatas yang diunggah 5 Agustus 2020 lalu.

Baca Juga: 5 Bulan Pasca Meninggalnya Ashraf, BCL Unggah Foto Bersandar di Bahu Seorang Pria

Keluarga Restui Pilihan Oscar Lawalata

Begitu berat bagi keluarga Oscar Lawalata untuk mengikuti kata hati anak mereka. Namun apapun pilihan anak, orangtua mesti mendukung agar tidak membuatnya menjadi lebih sulit menjalani kehidupan barunya.

Dalam video yang diunggah tersebut, Reggy Lawalata, ibunda Oscar Lawalata dan juga artis Mario Lawalata, adiknya, mengungkapkan isi hatinya.

Suatu waktu Reggy Lawalata melihat ada lilin-lilin di kamar. Ia sempat berpikir mungkin anaknya itu sedang mengikuti sebuah ajaran sesat. Namun ternyata, anaknya sudah mengubah orientasi seksualnya meski belum terbuka kepada keluarga.

Selama enam tahun, terutama setelah anaknya mengungkapkan isi hatinya untuk mengubah orientasi seksual, Reggy Lawalata berusaha berbicara dari hati ke hati dengan anaknya. Untuk memastikan bahwa pilihan itu tidak sulit baginya.

Selama waktu tersebut, ia pun berusaha meyakinkan dirinya untuk tetap menerima apa yang menjadi pilihan anaknya. Tentu itu menjadi hal terbaik.

Reggy Lawalata, yang telah bercerai dengan suaminya, Manado Alexander Polii, juga berbicara dengan Mario Lawalata, adik Oscar. Dengan hati tertegun, Mario mengikhlaskan apa yang menjadi jalan terbaik kakaknya itu.

“Bisa menerima kondisi Oscar itu 5 atau 6 tahun. Saya dan Oscar bicara dari hati ke hati dan saya harus menentukan, tidak sampai di situ, saya juga bicara dengan Mario begini begini begini akhirnya kita bilang apapun yang mau kamu lakukan, apapun yang buat kamu bahagia,” ungkap Reggy Lawalata dalam video itu.

Reggy Lawalata pun mengatakan akan terus mendukung pilihan anaknya dan berusaha menerima kenyataan bahwa anaknya memilih apa yang terbaik baginya.

“Pemilihan Oscar apa pun itu, saya support karena bagaimana pun kamu adalah anak saya,” tutur Reggy Lawalata.

Bintan sinetron senior tidak menampik bahwa dalam budaya masyarakat Indonesia, banyak orang akan melihat perubahan orientasi seksual sebagai hal yang negatif.

Karena itu, keluarganya pun akan menerima apa adanya apapun yang menjadi kekurangan Oscar Lawalata dalam kacamata masyarakat. “Saya tidak peduli sama semua orang. We no comment now, we support you,” kata Reggy Lawalata.

Baca jugaVideo Sejumlah Pria Hadiri Pesta Pernikahan Pakai Celana Bola Viral, Begini Reaksi Pengantin Wanita

Kepribadian Oscar Lawalata yang feminin sebenarnya menjadi kegalauan tersendiri buat keluarga Lawalata. Sejak kecil ia sudah terlihat sangat feminin.

Oscar bahkan sempat bingung dengan perbedaan antara dirinya dengan adiknya Mario yang meski dibesarkan dengan cara yang sama tapi memiliki orientasi berbeda.

“Saya juga nggak tahu. Saya dikasih sayang sama, makan sama, tinggal sama, semua sama tapi kenapa saya berbeda?” kata Oscar suatu waktu.

Reggy Lawalata pada mulanya sempat berpikir bahwa anaknya itu feminin akibat perceraian kedua orang tuanya. Namun dalam perjalanan, terungkap bahwa perubahan itu murni merupakan perbedaan yang mesti dihargai.

Artis berusia 60 tahun pun tidak melihat pilihan Oscar Lawalata untuk menjadi wanita sebagai kekurangan. Ia percaya bahwa Tuhan memiliki tujuan tertentu buat anaknya.

“Untuk saya, belum tentu anak seperti itu kekurangan. Tuhan menitipkan anak, berilah kebahagiaan jangan kita aja yang mau bahagia,” ungkap Reggy Lawalata.*