Deretan Pengusaha Muda yang Bergabung ke Jokowi-Ma’ruf

Deretan Pengusaha Muda yang Bergabung ke Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA, dawainusa.com Keterlibatan pengusaha dalam konstelasi politik bukan hal yang baru. Kehadiran mereka kerap diidentikkan dengan sponsor finansial sebuah pertarungan politik.

Dalam konteks Pilpres 2019, para pengusaha terbelah ke dalam dua kubu. Untuk kubu Jokowi-Ma’ruf, beberapa pengusaha muda Indonesia mulai ditarik ke dalam barisan petahana itu.

Baca juga: Benarkah Gerakan 212 Sebagai Keran Pembuka Arus Intoleransi?

Dalam rangka memaksimalkan dukungan para pengusaha muda ini, mereka masuk dalam struktur tim kampanye pemenangan Jokowi-Ma’ruf.

Masuknya pengusaha akan membantu visi-misi Jokowi-Ma’ruf terkait masalah ekonomi. Siapa saja mereka? apa posisi mereka di tim kampanye Jokowi? Berikut ulasannya:

Rosan Roeslani

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roslani memutuskan mendukung pasangan nomor urut 01. Rosan menjadi Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf.

“Pak Rosan Roeslani kan sebagai Wakil Ketua, nanti membantu daripada visi-visi ekonomi. Di mana beliau sendiri kan yang real bisnisnya, jadi bukan teori,” kata Ketua Tim Pemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Minggu (23/9).

Rosan adalah pria kelahiran Jakarta dan kini usianya terbilang muda, 49 tahun. Ia dikenal sebagai Chairman Grup Recapital.

Bahlil Lahadalia

Selanjutnya ada Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia. Ia masuk dalam Tim Sukses Pemenangan Jokowi-Ma’ruf. Bahlil menjadi Direktur Penggalangan Anak Muda Milenial dan Kepemudaan.

“Kalau Ketua HIPMI mas Bahlil, itu dia juga bisa menggerakkan, memberikan masukan daripada ekonominya untuk anak-anak muda,” kata Erick Thohir.

Erick Thohir

Pengusaha ternama Erick Thohir masuk dalam barisan pengusaha muda pendukung Jokowi. Tak tanggung-tanggung Erick ditunjuk menjadi ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf.

Jokowi mengungkap kehebatan Erick saat pengumuman ketua tim kampanye nasional. Menurutnya, Erick merupakan pengusaha yang sukses.

“Memiliki media, memiliki klub bola, memiliki klub basket dan memiliki banyak. Tetapi yang jelas dalam setiap hal yang beliau pimpin selalu mendapatkan kesuksesan. Terakhir beliau ketua Inasgoc 2018,” kata Jokowi.

Hary Tanoesoedibjo

Pengusaha media massa juga mendeklarasikan mendukung Jokowi-Ma’ruf. Dia adalah Hary Tanoesoedibjo atau HT. HT merupakan bos dari MNC Corporation; Global Mediacom; MNC Media.

Dengan berbagai usahanya itu HT menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. HT yang juga Ketum Partai Perindo menduduki posisi sebagai Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf.

Kubu Prabowo

Kepindahan Hary Tanoesoedibjo mendukung Jokowi bikin peta konglomerat di belakang Prabowo kini berpusat pada jaringan keluarga dan kolega.

Selain Sandiaga Uno, yang mendampinginya sebagai cawapres, Prabowo selalu mengandalkan kekayaan dari bisnis adiknya, Hashim Djojohadikusumo.

Selain keduanya, nama lain tapi bukan wajah baru adalah Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Tommy terlibat dalam Pemilu 2019 berkat Partai Berkarya.

Kakak Tommy, Titiek Soeharto, yang sebelumnya politikus Golkar tapi kini berlabuh lewat Partai Berkarya, mengatakan Prabowo datang ke Cendana untuk minta dukungan.

“Kami bersedia menyambut dukungan itu untuk pasangan Pak Prabowo Subianto dan Pak Sandiaga Uno,” ucap Titiek, 10 Agustus 2018, yang bercerai dengan Prabowo pada 1998.

Tommy Soeharto disebut Globe Asia 2017 memiliki kekayaan 600 juta dolar AS.

Hashim Djojohadikusumo

Hashim di kubu Prabowo adalah kunci. Seorang pendana utama Prabowo sejak Pilpres 2009, investasi keluarga Djojohadikusumo belum juga berhasil. Laporan Forbes pada 2010 menyebut Hashim “selalu memberi Prabowo apa yang diinginkannya.”

Marcus Mietzner (2015) menerangkan bahwa Prabowo, dalam kampanye Pilpres 2014, berupaya menghapus citra negatif sebagai “kroni Soeharto.”

Prabowo menggambarkan diri sebagai “orang luar yang secara heroik berusaha menyelamatkan Indonesia dari demokrasi yang membusuk,” tulis Mietzner. Menurut laporan Globe Asia 2017, kekayaan Hashim sebesar 920 juta dolar AS.

Sandiaga Uno

Mantan Wakil Gubernur Jakarta, pengusaha lewat bendera PT Recapital Advisors, Adaro, dan PT Saratoga Investama Sedaya, Sandiaga disebut Globe Asia 2017 memiliki kekayaan 500 juta dolar AS.

Ia bergabung dengan Partai Gerindra sejak 2015. Saat “Panama Papers” mencuat pada 2016, namanya muncul dan disebut-sebut sebagai direktur dan pemegang saham beberapa perusahaan seperti Goldwater Company Limited, Attica Finance Ltd, Velodrome Worldwide, dan Sun Global Energy Inc.*