Dede Richo, Finalis Indonesia Idol yang Ditangkap karena Mencuri

Dede Richo, Finalis Indonesia Idol yang Ditangkap karena Mencuri

JAKARTA, dawainusa.com Dunia hiburan dikejutkan dengan tertangkapnya Dede Richo Ramalinggam (29), finalis ajang pencarian bakat di stasiun TV swasta pada 2008 lalu.

Dede tertangkap dalam kasus pencurian oleh pihak kepolisian beberapa waktu lalu. Terkait identitas Dede, sebagian orang mungkin belum mengetahuinya. Karena itu, Dawai Nusa menyajikan sejumlah hal terkait siapa Dede Ricko sebenarnya.

Fakta-Fakta tentang Dede Richo

Berikut fakta-fakta tentang Dede Richo yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga: Kisah Maghfiro, PRT yang Dianiaya dan Dibotaki Majikannya

Sempat Jadi Pengamen

Dede Richo sudah lama mempunyai bakat menyanyi. Dengan bakatnya itu dia tak malu menjadi penyanyi jalanan atau pengamen di Kota Medan. Richo menjalani profesi sebagai pengamen selama dua tahun. Dia biasanya mengamen di Jalan Elisabeth dan Setiabudi, Medan.

Masuk Indonesia Idol

Sadar akan bakat yang dimilikinya, Dede Richo Ramalinggam ikut ajang Indonesian Idol pada tahun 2008. Dia menjadi finalis Idol pada season 5 seangkatan dengan Gisella Anastasia dan Januarisman alias Aris.

Namun sayang, Dede hanya bisa bertahan sampai sembilan besar saja. Dia tereliminasi saat menyanyikan lagu ‘Begitu Indah’ milik band Padi.

Tertangkap Kasus Pencurian

Lama tak terdengar kabar, finalis Indonesian Idol 2008 Dede Richo Ramalinggam diciduk polisi karena terlibat kasus pencurian. Dede mencuri barang-barang di dalam mobil dengan modus pecah kaca.

Rupanya aksi ini bukan yang pertama, Dede yang mencuri bersama kakaknya sudah 10 kali  melakukan pencurian.

“Terakhir korban kejahatan pelaku melapor, kejadiannya Sabtu (15/9) di sebuah restoran cepat saji di BSD. Saat itu satu tas berisi video drone berhasil dicuri dari mobil korban,” kata Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan, Rabu (19/9).

Mencuri Demi Anak

Aksi pencurian yang dilakukan oleh Dede Richo Ramalinggam cukup membuat terkejut dunia hiburan. Sebab dia sempat menjadi finalis Indonesian Idol tahun 2008.

Dede melakukan aksinya bersama kakak kandungnya. Dari pengakuan keduanya, mereka nekat mencuri demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dede mengaku tak punya pilihan lain mencari nafkah dari bernyanyi. “Buat biaya anak sekolah di pesantren, sekarang sudah tidak bekerja. Tadinya menyanyi,” kata Dede.*