Hati-hati! Covid-19 Varian Inggris Ada di NTT, 2 Warga Positif
Ilustrasi - ist

KUPANG, dawainusa.com – Sebanyak 4 warga Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terkonfirmasi positif Covid-19 varian Inggris.

Hal itu diungkapkap oleh Juru Bicara Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT Marius Ardu Jelamu pada Selasa (27/7) malam.

Baca juga: Benarkah Covid-19 Dapat Turunkan Tingkat Kecerdasan Seseorang?

“Dua berasal dari Kota Kupang dan dua lainnya dari Kabupaten Kupang,” kata Jelamu dilansir dari Kompas.com.

Jelamu mengungkapkan, dua warga Kota Kupang yang dinyatakan positif Covid-19 varian Inggris tersebut berinisial JGM (28), warga Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja, dan MHP (38), warga Naikoten 1, Kecamatan Kota Raja.

Sementara itu, dua warga Kabupaten Kupang masing-masing berinisial AK (45) dan CK (11). Keduanya merupakan warga Desa Baumata, Kecamatan Taebenu. Saat ini mereka sedang menjalani isolasi mandiri di rumah mereka.

Covid-19 Varian Inggris Ialah Jenis Varian Baru yang Ada di NTT

Lebih lanjut, Jelamu mengatakan, Covid-19 varian Inggris merupakan jenis varian baru, selain varian delta yang masuk dan ditemukan di wilayah NTT.

Adapun saat ini, jelas Jelamu, pihaknya masih terus menunggu beberapa data hasil uji sampel yang dikirimkan ke pihak Kementerian Kesehatan RI.

Baca juga: Jumlah Pasien Sembuh dari Covid-19 Hari Ini Pecah Rekor, Tanda-tanda Baik?

Sampel pertama yang sudah dikirimkan ialah sebanyak 310 pada bulan April 2021 lalu. Hasilnya bari diinformasikan secara bertahap pada 21 Juli 2021 pekan lalu.

Dari hasil yang sudah diperoleh, demikian Jelamu, pihak Kementerian Kesehatan RI menemukan bahwa ada 31 varian Delta dan 4 varian Inggris di wilayah NTT.

Meski demikian, Jelamu meminta kepada seluruh warga NTT agar tidak panik dan tetap waspada, serta terus mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Vaksinasi Jadi Salah Satu Cara untuk Lawan Covid-19

Adapun saat ini, dalam rangka mengatasi dan mencegah penyebaran kasus Covid-19, pemerintah telah sedang berupaya melakukan vaksinasi bagi seluruh warganya.

Akan tetapi, sejauh ini, banyak warga, termasuk di NTT yang belum mendapatkan vaksin untuk melawan Covid-19 tersebut.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Ini 10 Jenis Bantuan Pemerintah ke Masyarakat

Karena itu, pemerintah daerah NTT meminta kepada pemerintah pusat agar segera kirimkan tambahan jumlah vaksin ke wilayah tersebut.

“Kita sudah minta Pemerintah Pusat untuk tambahan vaksin,” ungkap Jelamu di Kupang, Jumat (23/7).*