Harus Waspada, Kasus Covid-19 di NTT Terus Meningkat
Ilustrasi - ist

KUPANG, dawainusa.com Kasus positif Covid-19 di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mengalami peningkatan.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT Marius Ardu Jelamu pada Senin (19/7/2021) pagi.

“Data kemarin yang dihimpun dari pagi hingga tengah malam, tercatat ada tambahan 538 orang yang positif Covid-19,” kata Jelamu dilansir Kompas.com.

Jelamu menjelaskan, ratusan kasus tersebut paling banyak terdapat di Kota Kupang, yakni sebanyak 160 kasus.

Sementara kasus lainnya ada di Kabupaten Kupang sebesar 118 kasus, 86 kasus di Ende, 63 kasus di Ngada, 59 kasus di Sumba Timur, 44 kasus di Sumba Timur, 37 kasus di Manggarai Timur, 7 kasus di Timor Tengah Selatan, 6 kasus di Belu, dan 2 kasus di Sumba Barat.

Baca juga: Cegah Takbir Keliling, Polda NTT Tempatkan Personel di Sejumlah Titik

Pasien Covid-19 Tersebut Sedang dalam Perawatan

Terkait dengan sejumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, Marianus menjelaskan bahwa saat ini mereka sedang menjalani perawatan.

Ia mengatakan, untuk pasien yang bergejala berat, mereka mendapatkan perawatan medis di rumah sakit di daerahnya masing-masing.

Sementara untuk pasien yang bergejala ringan, mereka melakukan karantina di pusat karantina dan ada juga yang melakukan isolasi mandiri.

Untuk diketahui, sejauh ini, jumlah kasus konfirmasi positif Corona di NTT sudah mencapai 31.267 orang.

Baca juga: Presiden Jokowi Dorong Kerja Sama Global Atasi Covid-19

Sementara itu, untuk pasien yang dinyatakan sembuh pada Minggu kemarin sudah ada 86 orang, sehingga total keseluruhan pasien yang sembuh ialah sebesar 20.196 orang.

Adapun dengan melihat peningkatan kasus Covid ini, Marianus meminta warga NTT agar mesti menjalankan protokol kesehatan yang ada.

“Masyarakat juga harus menjaga imunitas tubuh dengan asup makanan yang bergizi, minum vitamin C, D, berjemur di matahari serta istirahat yang cukup dan juga berolahraga,” kata Marianus.*