Cerita Sopir Motor Laut Ikuti Perkembangan Pemilu 2019

Cerita Sopir Motor Laut Ikuti Perkembangan Pemilu 2019

Dawainusa.com – Eman seorang sopir taksi motor laut memiliki cara tersediri mengikuti perkembangan pemilu 2019. Disela aktivitasnya sebagai sopir taksi motor laut, ia tetap memantau jalannya proses pemilu.

Ia menceritakan, informasi tentang pesta demokrasi hanya diikuti lewat pemberitaan media massa. Di tengah kesibukannya sebagai sopir taksi di laut, ia sulit menemui para penyelenggara pemilu.

“Saya tahu tentang Pemilu 2019 dan hari H pemungutan suara pada 17 April, melalui pemberitaan di televisi,” kata Eman di Ponelo Kepulauan, Rabu,(27/03/2019)

Baca juga: Potensi Kopi Lokal Tinggi, Ini Rencana Gubernur NTT

Ia menambahkan, pekerjaannya sebagai sopir taksi di laut, membuatnya sulit membagi waktu. Dua pilihan yang cukup sulit antara mengikuti sosialisasi dan bekerja mencari uang.

Pekerjaan sebagai pengemudi di laut membuatnya berurusan dengan suara bising perahu motor. Dengan demikian, komunikasi di atas perahu sangat sulit dilakukan.

Namun demikian, ia mengaku tetap berusaha untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanan pilpres dan pileg. Ia berusaha meluangkan waktu di malam hari agar bisa menyaksikan tayangan media massa khusus pemilihan umum.

Tayangan Soal Pemilu Membantu Masyarakat

Lebih lanjutkan ia menjelaskan, tayangan media massa sebenarnya sangat membantu masyarakat kecil. Terutama bagi masyarakat yang mempunyai pekerjaan seperti dirinya.

Ia dapat mengetahui informasi tentang penyelenggaran pemilu melalui tayangan tersebut. Selain itu, pemberitaan media massa juga membantu mengenal capres dan cawapres yang akan dipilih.

Eman mengaku, pemilu sekarang sangat berbeda dengan pemilihan umum sebelumnya. Kali ini,pemilu dilaksanakan secara bersama antara pileg dan pilpres.

Hal ini membuat masyarakat kecil kesulitan terutama pada saat pemilihan. Alasannya karena pemilih diberikan kertas surat suara yang begitu banyak untuk ditusuk.

Melaui media televisi, ia mencermati jenis surat yang akan diberikan kepada masyarakat saat pemilihan. Hingga saat ini, ia masih cukup kesulitan membedakan jenis surat suara untuk setiap peserta pemilu.

“Beberapa saluran televisi menayangkan tentang Pemilu 2019, termasuk mengenalkan jenis-jenis surat suara yang akan digunakan. Saya senang menyaksikan tayangan-tayangan tersebut,” jelasnya.

Baca juga : Dinas Pariwisata NTT Luncurkan Perpustakaan Berbasis Digital

Ia berharap, sosilisasi tentang pemilu dapat menjangkau seluruh lapisan masyararakat. Terutama sopir taksi dilaut karena kesulitan untuk mendapatkan informasi secara detail.

“Saya sudah mengenal tentang lima jenis surat suara yang akan digunakan, namun masih ragu-ragu saat akan mencoblos apakah dicoblos pada tanda gambarnya, namanya, partai atau lainnya,”ungkapnya.

Kisah Berbeda dari Sopir Taksi Arifin

Ada kisah berbeda dari Eman dengan sopir taksi laut lainnya bernama Arifin. Berbeda dengan pengalaman Eman, Arifin mengaku, sering didatangi oleh para penyelenggara pemilu.

Penyelenggara pemilu tersebut datang dengan tujuan melakukan kegiatan sosilisasi pemilu. Mereka datang dari langsung ke rumah Arifin menyampaikan informasi penting seputar pemilu.

Tidak hanya Arifin, anggota keluarga Arifin juga didatangi oleh petugas pemilu. Petugas pemilu tersebut, kata Arifin, berasal dari kecamatan tempatnya berasal.

“Saya pun mendapat informasi dari isteri dan anak yang sudah mengikuti sosialisasi tentang Pemilu 2019, termasuk contoh atau jenis surat suara yang akan digunakan,” jelasnya.

Baca juga: AHY: Tenaga Honorer Kurang Diperhatikan Selama Masa Jokowi

Arifin pun mengaku gembira dengan penyelenggara pemilu yang terus menyampaikan informasi seputar pemilu. Melalui informasi tersebut, ia tidak kesulitan untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan pesta demokrasi 2019.

Hingga kini, Arifin masih merahasiakan pilihannya menjelang hari pencoblosan 17 April mendatang. Soal pilihan, jelas Arifin, merupakan rahasia dan tidak boleh disampaikan kepada orang lain.

“Soal pilihan sudah ada di hati,” pungkasnya.*

COMMENTS