Central Klaus Community Berbagi Cerita dengan Siswa Kelas XII Santu Klaus

RUTENG, dawainusa.com – Central Klaus Community, sebuah wadah yang menghimpun para alumni SMP dan SMA Santu Klaus-Kuwu, memberikan kelas inspiratif kepada para siswa dan siswi kelas XII SMA Santu Klaus bertempat di Aula SMP dan SMA Santu Klaus-Kuwu, Sabtu (12/1).

Kelas inspiratif ini dibuat sebagai medium berbagi cerita dan pengalaman yang dimiliki oleh setiap alumni kepada para siswa dan siswi kelas XII SMA Santu Klaus terkait hal-hal seputar dunia perkuliahan.

Para alumni yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari berbagai macam latar belakang jurusan mulai dari jurusan ilmu kedokteran hewan, ilmu politik, ilmu antropologi, farmasi, apoteker hingga ilmu ekonomi.

“Kelas inspiratif ini dibuat untuk memotivasi adik-adik kelas XII Sancla (Santu Klaus) untuk bisa mengetahui tentang pilihan dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi,” jelas Hera Pait, salah satu penanggung jawab Central Klaus Community kepada dawainusa.com.

Baca juga: Praktik Korupsi di Indonesia dan Pendidikan Anti Korupsi

Hera Pait menceritakan, kegiatan ini dilaksanakan karena mereka prihatin dengan masalah yang sering dihadapi selama ini bahwa ketika hendak melanjutkan studi di perguruan tinggi, banyak siswa yang kesulitan untuk menentukan jurusan apa yang akan diambil.

Semua kesulitan itu terjadi karena para siswa tersebut tidak memiliki pengetahuan atau gambaran terkait bagaimana sebenarnya dunia perkuliahan. Mereka selalu sulit mendapat akses informasi lebih jauh terkait berbagai jurusan di perguruan tinggi, yang mungkin dapat mereka ambil.

“Dengan adanya kegiatan ini, harapannya, adik-adik Sancla (Santu Klaus) sedikit mendapat gambaran mengenai dunia perkuliahan. Gambaran jurusan yang dishare oleh teman-teman alumni tadi setidaknya dapat menjawab kesulitan mereka untuk menentukan jurusan apa yang akan mereka ambil di bangku kuliah nanti,” jelas Hera Pait.

“Pada intinya kegiatan hari ini dilakukan untuk memantapkan diri para siswa kelas XII dalam mengambil jurusan di perguruan tinggi. Mereka juga diberikan pemahaman akan pentingnya sikap bertanggung jawab terhadap pilihan yang sudah akan mereka ambil itu,” lanjut Hera Pait.

Hera Pait sedang memberikan materi kepada para siswa kelas XII SMA St. Klaus – Foto – Dawainusa.com

Selain berbagi cerita seputar jurusan, Central Klaus Community juga memberikan berbagai macam tips dalam menjalani kehidupan di luar perkuliahan, seperti di antaranya ialah tentang cara hidup yang baik ketika menjadi “anak kos” dan juga pemahaman tentang cara mengatur keuangan pribadi serta pentingnya hidup berorganisasi ekstra kampus.

Disambut dengan Apresiasi

Kelas inspirasi ini mendapat sambutan apresiatif dari semua siswa dan siswi kelas XII Santu Klaus, Kuwu yang hadir. Kepada dawainusa.com, salah seorang siswi yang diketahui bernama Rosni Seriang mengatakan, apa yang dilakukan oleh Central Klaus Community ini sangat membantu diri dan masa depannya.

“Ada banyak kegiatan sosialisasi yang sudah dilakukan oleh para alumni selama ini. Akan tetapi, baru kali ini, saya mendapatkan hal yang sangat luar biasa,” kata Rosni Seriang, siswi kelas XII IPA SMA Santu Klaus.

Rosni menceritakan bahwa ada banyak hal menarik yang ia dapatkan dari kegiatan ini. Pertama, dengan kelas ini, ia mendapatkan informasi yang lebih terkait kehidupan perkuliahan.

Rosni Seriang, siswa kelas XII IPA SMA St. Klaus – Foto: Dawainusa.com

“Kedua, saya mendapatkan informasi terkait beasiswa. Selama ini, saya hanya tahu bahwa beasiswa hanya dapat diperoleh lewat jalur Bidik Misi dan SNMPTN. Tetapi, ternyata, dengan sharing dari kakak-kakak alumni, saya dan teman-teman tahu bahwa ada banyak jalur beasiswa yang bisa kami dapatkan,” ungkap Rosni.

Baca juga: Klaim Frans Lebu Raya Soal Kualitas Pendidikan di NTT

Selain mengungkapkan demikian, Rosni juga mengaku mendapat inspirasi dan motivasi dengan kehadiran dan keberadaan para alumni yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kelas ini cukup inspiratif. Terlebih dengan kehadiran kakak-kakak alumni yang beberapa di antaranya sudah sukses. Pencapaian dan prestasi mereka cukup memotivasi diri kami,” tutur Rosni Seriang.

Selain Rosni Seriang, siswi lainnya yang diketahui bernama Ecak Mulia juga mengaku cukup tergerak dan mendapatkan banyak pencerahan dari kegiatan tersebut.

“Dari beberapa hal yang dibagi, saya sangat tertarik dengan ajakan mereka akan pentingnya beroganisasi ketika kuliah. Karena dengan beroganisasi, saya nantinya akan mendapatkan banyak hal di luar bangku kuliah, seperti bisa kenal dengan orang-orang hebat hingga hingga bisa belajar untuk tampil di hadapan publik,” kata Ecak.

Ecak Mulia, siswi kelas XII IPA SMA St. Klaus – Foto: Dawainusa.com

“Saya juga akhirnya mendapat pengetahuan terkait bagaimana nantinya saya harus menjadi seorang pribadi yang mandiri. Pengalaman kakak-kakak alumni soal bagaimana nantinya kalau kami tinggal di kos, bagi saya cukup membatu untuk diri saya ketika masuk kuliah nanti,” tutup dia.

Foto-Foto Kegiatan Kelas Inspiratif

Berikut beberapa foto dalam kelas inspiratif yang diselenggarakan oleh Central Klaus Community.

Siswi SMA kelas XII St. Klaus – Foto: Dawainusa.com

Siswa SMA kelas XII St. Klaus – Foto: Dawainusa.com

Siswi SMA kelas XII St. Klaus – Foto: Dawainusa.com

Para alumni yang hadir dala kelas inspiratif – Foto: Dawainusa.com

COMMENTS