Dawainusa.com Ada pemandangan yang unik saat John Kei dan kelompoknya digiring pihak kepolisian untuk dihadirkan dalam jumpa pers yang digelar Polda Metro Jaya, Rabu 24 Juni 2020. Cara memakai baju tahanan John Kei menjadi sorotan.

Dari rangkaian gelar rekontruksi kasus penembakan di Perumahan Green Lake, hanya John Kei yang tak mengancingkan baju tahanan. Semua anak buah John Kei baju tahanannya dikancingkan. Tampak John Kei mengenakan kos dalam merah tua.

Baca juga: Driver Ojol Terluka dalam Peristiwa Penembakan di Green Lake City Tangerang

Aksi mengenakan baju tahanan tanpa dikancingkan yang dilakukan John Kei mungkin bukan yang pertama terjadi. Namun biasanya tahanan memang harus mengancingkan baju tahanan. Tak heran jika aksi John Kei ini pantas mendapat sorotan meski terlihat perut John Kei yang buncit.

Bukan John Kei jika tak tampil beda. Pada 2014 silam, saat ia dipindahkan dari Lapas Cipinang ke Lapas Nusakambangan terkait kasus pembunuhan bos PT Sanex Steel Indonesia, Tan Harry Tantono alias Ayung, aksinya juga menjadi sorotan.

Saat itu, John Kei yang akan dipindahkan ke lapas Nusakambangan menjadi satu-satunya tahanan yang enggan berjalan jongkok. John Kei yang mengenakan kaos oranye dengan tangan terborogol berjalan santai saat tahanan yang lain berjalan jongkok.

Aksi John Kei tersebut sempat menjadi bahan perbincangan di tengah masyarakat. Tak sedikit yang menyayangkan petugas yang memilih ‘diam’ dan tak menegur aksi John Kei yang menolak untuk berjalan jongkok. Dalam kasus terbaru, John Kei kembali tampil beda.

Tanggapan Pihak Kepolisian

Menanggapi baju tahanan yang tak dikancingkan John Kei, pihak kepolisian memberi tanggapan. Bukan membeda-bedakan John Kei dengan tersangka lainnya, namun karena memang tak tersedia baju tahanan besar yang muat untuknya.

“Gak dikancingkan karena bajunya kekecilan, atau perutnya terlalu gendut,” kata Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Barnabas S Imam seprti dilansi VIVA.co.id, Kamis 25 Juni 2020.

Dalam kesempatan itu, Barnabas S Imam juga menjelaskan prosedur memakai baju tahanan yang diberlakukan pihak kepolisian. Menurutnya, hanya ada aturan khusus terkait baju tahanan yakni berwarna orange.

“Ada aturan khusus yaitu terkait warna harus orange, bertuliskan tahanan pada punggung, demikian mas,” kata Barnabas S Imam.*