Dawainusa.com – Raden Roro Ayu Maulida Putri atau yang lebih dikenal dengan Ayu Maulida, terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020 pada Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang berlangsung di JCC, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Ayu Maulida berhasil membawa pulang mahkota Puteri Indonesia 2020 setelah mengalahkan 38 konstestan lainnya dalam kontes kecantikan yang digelar Yayasan Puteri Indonesia itu.

Ayu Maulida lantas dimahkotai oleh Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull. Ia pun dikalungi selempang oleh Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan.

Baca: Asayel Slay, Wanita Arab yang Dituding Hina Kota Suci Mekah

Ayu Maulida, Puteri Indonesia 2020 

Ayu Maulida merupakan finalis Putri Indonesia asal Jawa Timur. Dengan terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020, ia akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020.

Pada Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020, ia tampil begitu meyakinkan saat menjawab pertanyaan Putri Kus Wisnu Wardani, Penasihat Utama Yayasan Puteri Indonesia.

“Apa arti kebahagiaan bagimu?” tanya Putri.

Raden Roro Ayu Maulida Putri - Puteri Indonesia 2020
Ayu Maulida – @ayumaulida97

BacaSoal Konsumsi Babi Sebabkan Corona, Ini Klarifikasi MUI

“Bahagia buat saya adalah bagaimana kita bisa bersyukur atas jati diri kita, atas kelebihan dan kekurangan kita, atas segala kesuksesan dan kegagalan kita,” jawab Ayu Maulida

“Bagaimana kita dapat bermanfaat bagi orang lain di sekitar kita. Bagaimana kita sela.lu bersykur atas segala cobaan, jatuh dan bangunnya, karena itulah yang menjadikan kita orang yang sukses,” imbuhnya.

“Orang yang sukses adalah orang yang selalu bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa,” lanjutnya yang disambut teriakan riuh dari penonton.

Wanita yang karib disapa Ayuma itu akhirnya berhasil mengalahkan dua pesaingnya yakni, Putu Ayu Saraswati dari Bali yang keluar menjadi Runner Up 1, dan Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah yang menjadi Runner Up 2.

Putu Ayu Saraswati dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2020 dan akan mewakili Indonesia di Miss International 2020.

Sementara Jihane Almira Chedid yang didaulat menjadi runner up 2 meraih gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2020 dan akan jadi wakil Indonesia di ajang Miss Supranational 2020.

Raden Roro Ayu Maulida Putri
Ayu Maulida – @ayumaulida97

BacaTak Pakai Bra Saat Hamil, Ini Komentar Vanessa Angel

Profil Raden Roro Ayu Maulida Putri

Gadis kelahiran Surabaya, 11 Juli 1997 ini adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ketika kelas 5 Sekolah Dasar (SD) ia menyabet Juara 2 Lomba Hijab Sanggarwati.

Kesadaran untuk meraih cita-cita sebagai model terus Ia tumbuhkan dengan berbagai upaya. Ia mengikuti sejumlah kontes kecantikan baik yang berskala lokal maupun internasional.

Upaya-upaya yang dilakukannya tidak selalu berjalan mulus. Tepat saat usianya 20 tahun, Ia mengikuti kontes kecantikan Puteri Jawa Timur 2017. Saat itu Ia berhasil menduduki peringkat runner-up 1.

Posisi itu tidak berhasil membawanya menjadi wakil Jawa Timur di kontes kecantikan nasional, Puteri Indonesia 2017.

Ayu Maulida - Puteri Indonesia 2020
Ayu Maulida – @ayumaulida97

BacaFoto Tanpa Busana Tara Basro yang Banjir Pujian Warganet

Pada akhir Maret 2019, Ayu mengikuti ajang modelling terbesar di Indonesia, Indonesia Fashion Week. Ia memeragakan busana dari desainer seperti Poppy Dharsono, Agnes Budisurya, Danjyo Hiyoji, Barli Asmara, Misan, Tethuna, dan Lia Afif.

Pada acara bergengsi yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) itulah Ia meraih penghargaan. Namanya dinobatkan sebagai The Best Catwalk Female Model.

Pada Juni 2019, Ayu menjadi salah satu perwakilan dari Indonesia pada Asia Model Festival 2019. Di kontes modeling yang digelar di Korea Selatan itu, ia kembali meraih prestasi mengagumkan.

Ia mendapat gelar Face of Asia, gelar yang disebut-sebut paling bergengsi pada kontes tersebut. Ia menyingkirkan 79 peserta lain yang berasal dari 27 negara.

Di tengah kesibukannya menjadi model, ia menempuh studi di Universitas Airlangga Surabaya jurusan Hukum. Pada September 2019, Ia berhasil lulus dan mengikuti wisuda sebagai Sarjana Hukum di Universitas Airlangga Surabaya.

Perjalanannya dari Jawa Timur

Kegagalan Ayu dalam kontes Puteri Indonesia Jawa Timur sebelumnya, tidak membuatnya putus asa. Tahun 2020, ia kembali maju dalam kontes yang sama. Cita-citanya menjadi wakil Jawa Timur di kontes Puteri Indonesia 2020 akhirnya terpenuhi.

Sebelum berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Puteri Indonesia, Ayu Maulida pernah meminta dukungan pada Arumi Bachsin, istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak.

Ia meminta restu agar dapat memberikan hasil yang maksimal di ajang kontes kecantikan tingkat nasional ini.

Pemenang Puteri Indonesia 2020
Ayu Maulida – @joephotoworksid

BacaSejumlah Kontroversi Tara Basro Sebelum Foto Tanpa Busana

Terimakasih kepada Ibu Arumi, selaku Istri Wakil Gubernur Jawa Timur atas waktu dan kesempatannya memberikan wejangan dan doa restu kepada saya dalam mengikuti Puteri Indonesia 2020 nanti

Terimakasih juga kepada IAPI @puteri.jatim yang selalu mensupport saya atas segala persiapan hingga detik ini

Dan tak lupa terutama untuk keluarga saya yang selalu mendoakan dan mensupport saya dalam keadaan apapun

Mohon doa restunya kepada seluruh masyarakat Jawa Timur, agar nantinya saya dapat memberikan hasil yang maksimal,” tulis Ayu Maulida dalam postingan-nya.

Berkat dukungan dari berbagai pihak, dan juga tekadnya yang pantang menyerah, Ayuma akhirnya dinobatkan menjadi Puteri Indonesia 2020. Selamat!!*