Dawainusa.com Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Kesehatan Provinsi NTT kembali mengkonfirmasi penambahan dua kasus positif corona di daerah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere mengatakan, penambahan dua kasus tersebut berdasarkan pemeriksaan swab di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Johanes Kupang, dan Laboratorium di Jakarta.

Baca juga: Hasil Swab di Kupang, Pasien Positif Covid-19 di NTT Bertambah Tiga Orang

“Ada dua lagi yang positif, berdasarkan hasil pemeriksaan swab,” ungkap Dominikus kepada wartawan di kantor Gubernur NTT, Selasa (12/05/2020)

Domi menuturkan, dua pasien positif covid-19 itu merupakan pasien rujukan dari Ba’a, Rote Ndao.

Selain ada penambahan dua pasien positif corona, kata dia, satu pasien dari klatser Sukabumi yang dirawat di RS Titus Ul dinyataka negatif setelah dilakukan pemeriksaan swab sebanyak dua kali .

“Dari 9 pasien dari Klatser Sukabumi, satunya dinyatakan sembuh, sehingga siap dipulangkan,” katanya.

Klaim Temukan Penawar Corona

Di tengah penambahan kasus positif yang cukup signifikan, Pemprov NTT mengklaim telah menemukan obat penawar corona (Covid-19). Saat ini obat tersebut telah dikirim ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengkonfirmasi hal tersebut saat melakukan penandatanganan kerja sama pengawasan penggunaan dana COVID-19 dengan Kejaksaan Tinggi serta BPKP NTT di Kupang, Senin (11/5).

Baca juga: Warga di NTT yang Kembalikan Uang Bansos: Saya Kasihan Lihat Nenek Henderina

“Pemerintah NTT telah mengirim ramuan obat tradisional itu kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional, Doni Monardo guna membantu menyembuhkan pasien positif COVID-19,” kata Viktor seperti dikutip dari Antara.

Viktor mengatakan, penelitian terhadap obat ini akan terus dilakukan, karena menurutnya mampu menyembuhkan Covid-19.

“Kami sudah kirim ke Jakarta untuk digunakan dalam menyembuhkan pasien Covid-19,” kata Viktor didampingi Wakil Gubernur NTT Josep A Nae Soi.

Menurut Viktor, ramuan tersebut merupakan obat tradisional yang sering digunakan warga NTT dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang dialami warga daerah tersebut.

“NTT kaya dengan ramuan tradisional untuk berbagai jenis penyakit. Ramuan tradisional untuk COVID-19 itu sudah dikirim ke Jakarta untuk digunakan dalam penanganan pasien Covid-19,” ucapnya.*