Home Berita Wujudkan Kedamaian, BNPT Gelar Dialog Kebangsaan dengan Tokoh Papua

Wujudkan Kedamaian, BNPT Gelar Dialog Kebangsaan dengan Tokoh Papua

Kepala BNPT berharap pertemuan dialog kebangsaan yang berlangsung di Hotel Rimba Papua Timika itu nanti bisa melahirkan pandangan-pandangan positif.

Foto/Ist

Dawainusa.com – Badan Nasional Penganggulangan Terorisme (BNPT) menggelar acara dialog bersama dengan para tokoh di  Papua.

Dialog bersama para tokoh Papua yang diinisiasi BNPT tersebut dilaksanakan pada Timika pada Jumat (11/6/2021).

Hal itu diungkapkan Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar di Timika, Rabu, (9/6/2021).

Kepala BNPT/Ist

Baca jugaTrekait Vaksinasi, Jokowi Minta Kepala Daerah Targetkan 1 Juta Dosis

BNPT Dialog dengan Tokoh Papua Demi Wujudkan Perdamaian

Dalam keterangannya, Boy Rafli Amar di Timika mengatakan dialog kebangsaan dengan para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan sejumlah bupati di wilayah pegunungan Papua itu dalam upaya untuk mewujudkan kedamaian di Tanah Papua.

“Damai itu dambaan dan cita-cita kita semua. Kami berharap ada kontribusi dari semua pihak untuk mewujudkan Papua yang damai,” kata Boy Rafli.

BNPT menggagas kegiatan dialog kebangsaan dengan para tokoh Papua itu menyikapi masih terus terjadinya aksi-aksi kekerasan, terutama kekerasan bersenjata di berbagai wilayah pedalaman Papua akhir-akhir ini.

Baca jugaPolda NTT Kirim Personil BKO ke Sabu Raijua

Aksi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata itu, demikian Boy Rafli, telah mengganggu rasa aman dan nyaman masyarakat.

“Kita ingin ada semacam kesamaan persepsi bagaimana sebaiknya membangun Papua yang damai. Karena membangun Papua yang damai adalah cita cita kita semua. Kita ingin hidup damai dan rukun,” ujar Boy Rafli.

Mantan Kadiv Humas Polri yang pernah menjabat Kapolda Papua itu berharap pertemuan dialog kebangsaan yang berlangsung di Hotel Rimba Papua Timika itu nanti bisa melahirkan pandangan-pandangan positif.

Hal tersebut untuk kepentingan pembangunan Papua yang jauh lebih baik, lebih bermartabat dan pada akhirnya membawa kesejahteraan bagi masyarakat Papua ke depan.*

Exit mobile version