Kritik Gugatan RCTI ke MK, Bintang Emon Trending di Twitter
Bintang Emon. Foto/Kolase.

Dawainusa.com — Percakapan mengenai gugatan RCTI dan INews ke Mahkamah Konstitusi perihal UU Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002 yang tidak mengatur Youtube dan Netflix trending di Twitter pada Kamis (27/8) lalu.

Mayoritas netizen memandang secara negatif gugatan yang dilayangkan pada Juni lalu tersebut. Menurut netizen, gugatan tersebut membatasi dan mencaplok hak pengguna media sosial untuk melakukan live streaming.

Komedian Bintang Emon turut  nimbrung mengenai gugatan tersebut. Dalam sebuah video Instagram, Bintang Emon menilai gugatan RCTI tidak masuk akal. Lantas, komedian tunggal itu pun menjadi perbincangan warganet, Senin (31/8).

Baca Juga: Ajukan Gugatan ke MK Soal UU Penyiaran, RCTI Trending di Twitter

Video Bintang Emon Trending di Twitter

Video kritikan Bintang Emon terhadap gugatan RCTI diunggah pada Minggu (30/8) melalui akun Isntagramnya @bintangemon.

Video tersebut telah ditonton 1,8 juta penonton dan menjadi trending di Twitter. Di akun Instagramnya, video tersebut telah dikomentari lebih dari 14 ribu orang.

Dalam video berdurasi 2,25 menit tersebut, Bintang Emon menyoal live streaming.

Ia menggambarkan saat dirinya tengah mengadakan live streaming tiba-tiba saja didatangi oleh pihak berwajib untuk menghadap pengadilan.

“Halo teman-teman sudah lama ini nggak live, kali ini gue lagi makan pangsit goreng ini. Ini pangsitnya dari,” katanya membuka percakapan dalam video tersebut.

“Eh kamu lagi live ya? Kamu ikut saya ya ke kantor karena kamu lagi live. Ayo cepat,” ujar salah satu orang yang berperan sebagai pihak berwajib.

“Salah saya apa Pak? Kok bisa-bisanya, padahal saya cuma pencet tombol live aja nggak mau ada maksud mau menggulingkan negara atau makar segala macam,” timpalnya.

“Justru karena kamu pencet tombol live makanya cepat ikut,” kata sang pria itu.

“Katanya kemarin yang OTT aja, kok sekarang begini, nanti ada regulasinya juga OTT-nya Oh Tipu-tipu kali ya? Ini gimana sih pak kalau sel penuh dengan orang yang kayak gini gimana nasibnya yang koruptor nanti kehalangan sama kita, kan kita yang nggak enak,” jelas komedian remaja tersebut.

Aktor bernama lengkap Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra itu juga menanyakan soal bagaimana hukumnya jika seseorang menyaksikan live streaming.

“Kalau saya nonton live streaming juga, saya nanti kena juga gitu nggak,” tanya dia.

“Iya nanti bisa jadi saksi,” tukas sang pria.

Selain menyinggung gugatan RCTI ke MK, komedian 24 tahun itu juga menyoroti laporan beberapa pihak mengenai penggunaan kata “anjay”.

“Ih, anjay langsung ditarik,” kata Bintang Emon.

“Kena satu pasal lagi, ngomong anjay. Niat kamu ngatain kan?” papar pria itu.

“Ya Pak anjay doang, saya nggak ada niat buat ngatain. Anak Jakarta yo man reggae,” timpal komedian yang juga disapa Gusti Emon itu.

Banyak netizen memuji model kritikan yang disampaikan mantan santri di salah satu pesantren di Jombang, Jawa Timur, itu.

Mereka menganggap apa yang dikritik aktor tersebut merupakan sesuatu yang cerdas dalam menyampaikan sesuatu kepada publik.

“SALUT BANG NYAMPEK BANGET TUHHH KRITIKNYA,” tulis seorang netizen.

“Mantap sindir keras,” timpal yang lainnya.

“Bintang emon bener² cerdass, bisa masukin 2 topik yang lagi booming dalam satu video. Kelassss,” tukas netizen yang lain.

“Terimakasih Bintang Emon sungguh kritik yang luar biasa,” komentar seorang netizen.*