Dawainusa.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Kesehatan NTT kembali melaporkan perkembangan kasus positif Covid-19 di daerah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere mengatakan, Berdasarkan pemeriksaan 97 spesimen swab, Senin (8/6/2020), dilaporkan satu pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca juga: Ini Daftar 4 RS Rujukan di NTT yang Bakal Periksa Sampel Swab Covid-19

Dominikus mengatakan, pasien tersebut berasal dari Kabupaten Manggarai Barat, dan berdasarkan laporan gugus tugas Sulawesi Selatan, ada satu pasien positif covid-19 yang berada di Kupang.

“Jadi, hari ini tambah dua positif covid-19, sehingga total menjadi 105 dari 103 kemarin, ” katanya Kepada wartawan di kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Senin (08/06/2020).

Sampel yang diperiksa kata Dominikus, berasal dari Kota Kupang, Rote Ndao, Manggarai Barat, Manggarai, dan Sumba Barat Daya.

Ia juga menyampikan bahwa hari ini ada satu pasien dari Rote Ndao berdasarkan hasil pemeriksaan negatif dan dinyatakan sembuh.

“Itu berarti Kabupaten Rote Ndao sudah tidak ada lagi pasien yang terkonfirmasi positif. Dan saat ini kami sudah berkoordinasikan dengan Direkturnya untuk sore hari ini memulangkan pasiennya yang sudah sembuh,” pungkasnya.

Rincian Kasus Covid-19 di NTT

Ia merincikan pasien positif Covid-19 per kabupaten/kota di NTT yakni, Kota Kupang 30 Kasus, sembuh 12, dan satu meninggal.

Timor Tengah Selatan (TTS) 4 kasus, sembuh 3, saat ini sedang dirawat tinggal satu orang. Kabupaten Rote Ndao 2 kasus, keduanya telah sembuh.

Kabupaten Ende 12 kasus, sembuh satu, masih dirawat 11 orang. Sikka 27 kasus, sembuh 6, masih dirawat 21 orang. Flores Timur 2 kasus masih dirawat.

Kabupaten Manggarai Barat 16 kasus, sembuh 4, masih dirawat 12. Sumba Timur 8 kasus, yang sembuh tiga, dan yang sedang dirawat saat ini 5 orang. Nagekeo 3 kasus dan Manggarai 1 kasus.

“Jadi, total pasien positif covid-19 total 105 kasus, sembuh 32, saat ini sedang dirawat 72, dan meninggal satu,” ungkapnya.*