Dawainusa.com –¬†Berawal dari candaan Latuconsina, komedian Andre Taulany dan Rina Nose dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

Kedua komedian itu dilaporkan Pengacara bernama Ruswan Latuconsina karena dianggap menghina marga Latuconsina.

“Benar, laporannya sudah masuk,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus seperti dilansir Tempo.co, Selasa (19/5/2020).

Baca juga: Soal Guyonan Marga Latuconsina, Andre Taulany Minta Maaf

Yusri tidak menjelaskan secara detail mengenai laporan tersebut. Sebab, pihaknya baru menerimanya Senin, 18 Mei 2020 dan perlu dipelajari lebih lanjut.

Laporan terhadap Andre dan Rina itu tertuang dalam surat bernomor LP/2880/V/YAN.2.5/2020/SPKT/PMJ bertanggal 18 Mei 2020. Mereka dilaporkan dengan pasal terkait pencemaran nama baik melalui media elektronik.

Dalam surat tersebut, pelapor mengklaim korban dalam kasus ini merupakan seluruh keluarga besar Latuconsina yang marganya dibuat bahan bercandaan Andre dan Rina.

Adapun awal kasus ini terjadi saat Andre Taulany dan Rina menjadi pembawa acara komedi sahur di Net TV dengan bintang tamu Prilly Latuconsina. Mereka berdua kemudian melontarkan pelesetan dari nama marga Prilly tersebut.

Saat itu Andre Taulany memplesetkan nama Prilly Latuconsina menjadi Prilly Latukondangan dan Rina Nose mempelesetkan nama Prilly menjadi Prilly Latukonstraksi.

Diduga Menghina Marga Latuconsina

Ruswan mengatakan, warga dengan marga Latuconsina tidak suka dengan candaan Andre dan Rina yang diduga telah menghina marganya meski menyebut nama Prilly Latuconsina.

“Iya dari pihak keluarga dari Ambon juga semua sudah satu suara untuk melaporkan yang bersangkutan,” kata Ruswan.

Baca juga: Heboh Video Syur Mirip Syahrini, Netizen Ungkap Sejumlah Bukti

Ruswan menambahkan bahwa pihaknya memiliki bukti kuat untuk bisa menyeret Andre dan Rina ke dalam penjara, atas dugaan penghinaan tersebut.

“Kita punya rekaman video penghinaan itu dan itu sangat jelas, dan kita punya saksi dua orang yang menonton dan menyaksikan itu video kan,” ucapnya.

Ruswan menilai, jika Andre dan Rina memperolok Prilly saja tanpa menyebut marga, pihaknya tidak mempermasalahkannya.

“Karena ini bukan masalah Prilly nya, tapi masalah marga Latuconsina,” tegasnya.

Prilly Latuconsina Mengerti Candaan Andre dan Rina Nose

Sementara itu, Prilly Latuconsina mengaku tahu tentang kejadian tersebut serta sangat mengerti bahwa tujuan Andre dan Rina Nose hanya untuk bercanda.

Ia juga paham bahwa tidak ada niat dari kedua komedian itu untuk melecehkan ataupun menjelekkan marga Latuconsina.

“Tau sih, kalau aku sendiri, aku sangat mengerti kalau itu memang sebuah candaan dan aku tahu banget, kak Rina Nose dan pak Andre itu memang tidak punya niat sama sekali untuk meledek apalagi mereka juga enggak tahu kalau Latuconsina itu adalah nama keluarga ” kata Prilly Latuconsina saat dihubungi awak media, Senin (18/5/2020).

“Ya yang jelas, aku tahu itu hanya candaan dan pak Andre dan kak Rina itu enggak punya niat apapun pasti dan itu hanya candaan aja,” lanjutnya.

Prilly pun menjelaskan bahwa Latuconsina adalah marga keluarga. Selayaknya nama marga keluarga tentu memiliki kesakralan masing-masing, oleh karena itu ada beberapa orang yang menggunakan marga Latuconsina tak terima dan mengecam perbuatan Andre serta Rina.

“Cuma memang Latuconsina itu nama keluarga dan nama keluarga itu kan sakral, marga itu sakral dianggapnya jadi mungkin ada yang tersinggung,” ujar Prilly.

Andre Taulany Sudah Minta Maaf

Prilly Latuconsina akui dirinya sudah mendengar penjelasan dari Andre Taulany dan Rina Nose soal dugaan pelecehan marga Latuconsina.

Kebetulan, Prilly juga diundang dalam acara tersebut dan mendengar langsung penjelasan dari Andre serta Rina bahwa keduanya hanya bercanda.

Prilly pun mengerti betul apa yang dilakukan dua komedian itu hanyalah sebuah komedi dengan niat menghibut masyarakat.

“Udah ketemu karena kebetulan aku diundang. Emang pas ada kejadian itu, aku kebetulan jadi bintang tamunya,” kata Prilly.

“Sebelum kejadian justru aku jadi bintang tamu pas udah sampe sana, orang NET nya ngomong ternyata ada kejadian ini. Wah ternyata, ‘oh iya ya’ gitu. Yaudah akhirnya minta maaf,” bebernya.

Pemeran film Danur itu mengerti bahwa tak ada niat melecehkan marga Latuconsina yang ada pada dirinya.

“Iya pak Andre sama kang Sule udah minta maaf dan bilang itu enggak sengaja. Aku juga yang kayak ‘yaiyalah enggak papa, aku juga tahu itu enggak ada maksud apa-apa’ gitu,” jelas Prilly.

Menanggapi adanya respon dari pemilik marga Latuconsina lainnya, Prilly pun memilih untuk memaafkan di suasana ramadhan seperti saat ini.

Apalagi ia sudah tahu maksud dari ucapan Andre dan Rina bukanlah untuk melecehkan marga Latuconsina.

“Kalau menurut aku ini kan lagi Ramadhan, baiknya kita saling memaafkan gitu. Ya yang paling terpenting dalam sebuah tindakan itu kan niatnya kalau memang tindakan ini enggak ada niat apapun untuk menyinggung, apalagi melecehkan marga yang memang, pure tidak sengaja dan becanda, menurut aku sih enggak usah panjang,” jelas Prilly.

“Yaudahlah lagi Ramadhan, kita kan juga lagi fokus bagaimana menghadapi pandemik, jadi lebih baik kita yaudah saling memaafkan aja sih menurut aku,” lanjutnya.*