Benahi Infrastruktur, Manggarai Barat Dapat Dana Rp141 M dari Pemprov NTT

Dana tersebut diberikan dalam rangka membenahi infrastruktur jalan di Manggarai Barat

KUPANG, Dawainusa.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan bantuan dana senilai Rp141 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Dilansir dari ANTARA, dana tersebut diberikan dalam rangka membenahi infrastruktur jalan di daerah yang terkenal dengan kekayaan objek wisata itu.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula sendiri menyampaikan bahwa dana tersebut nantinya akan dipakai untuk membangun jalan provinsi di bagian utara daerah itu.

“Dengan dukungan dana provinsi ini maka tahun depan (2020) jalan provinsi di wilayah utara akan tuntas hingga perbatasan kabupaten,” ujar Agustinus Ch Dula di Kupang, Sabtu (21/12).

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula
Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula – Foto: ist

Baca juga: Beras ‘Molas Lembor’ Premium Resmi Diluncurkan di NTT

Manggarai Barat Juga Dapat Bantuan dari Pemerintah Pusat

Selain mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi NTT, Dula menjelaskan, Kabupaten Manggarai Barat juga mendapat bantuan dana dari Pemerintah Pusat.

Dana bantuan dari Pemerintah Pusat itu juga akan dialokasikan untuk pembenahan berbagai macam infrastruktur di daerah tersebut.

Sejumlah infrastruktur yang dimaksudkan itu  di antaranya ialah pembangunan kawasan Goa Batu Cermin, pusat souvenir, rest area di Puncak Waringin serta untuk perpanjangan landasan pacu Bandara Komodo dan fasilitas pendukungnya.

“Termasuk juga rencana pembangunan sektor pertanian, pelabuhan peti kemas di wilayah utara dengan asumsi dana secara keseluruhan dari APBN mencapai Rp1,7 triliun,” jelas Dula.

Lebih lanjut, Dula juga menyampaikan berbagai macam tantangan yang akan dihadapi oleh pemeritahan Manggarai Barat kedepannya dalam kaitannya dengan pembangunan, seperti soal penyiapan tenaga kerja yang terampil dan terlatih.

Selain hal tersebut, tantangan lainnya ialah soal upaya untuk selalu menjamin ketersediaan kebutuhan bahan baku bagi usaha perhotelan dan restoran serta mendorong peningkatan pelayanan yang prima dan terciptanya iklim investasi yang sehat.

“Kami terus berkoordinasi agar investor yang mau masuk di Manggarai Barat agar diberikan pelayanan perizinan yang cepat dan tidak menyulitkan investor,” tutur Dula.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat sendiri juga, jelas Dula, akan terus berupaya meningkatkan kebersihan dan keindahan Kota Labuan Bajo, pusat pemerintahan daerah tersebut.

Presiden Jokowi di Labuan Bajo
Presiden Jokowi di Labuan Bajo – Foto: Kompas

Baca juga: Direktur Angkutan Udara Pantau Langsung Program Subsidi Kargo Perintis di Papua

“Saya sudah minta dinas terkait hingga tingkat kecamatan, dan semua kelurahan dalam Kota Labuan Bajo untuk giat melakukan pembersihan melibatkan masyarakat dan para pelaku usaha dengan mengoptimalkan semua fasilitas di laut dan darat,” tutup Dula.*

Terkini

Ibu di NTT yang Bunuh Anak Kandung Lantaran Pipis di Kasur Ditetapkan sebagai Tersangka

KUPANG, Dawainusa.com - Seorang ibu rumah tangga di Kota Kupang, NTT bernama Adriana Lulu Djami alias Ina (33) yang...

Hanya Karena Buang Air Kecil di Kasur, Ibu di NTT Ini Bunuh Anak Kandungnya

KUPANG, Dawainusa.com - Seorang ibu rumah tangga di Kota Kupang, NTT yang diketahui bernama Adriana Lulu Djami (33) membunuh...

Vanessa Angel Pamer Foto Mesra dengan Suami, Begini Komentar Sang Ayah

JAKARTA, Dawainusa.com - Misteri tentang identitas suami Vanessa Angel akhirnya terjawab melalui postingan di akun Instagram pribadinya bernama @vanessaangelofficial. Lewat...

Merasa ‘Dibentak’ oleh Gadis asal NTT, Begini Reaksi Jokowi

JAKARTA, Dawainusa.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo (Jokowi) merasa 'dibentak' oleh seorang gadis asal Nusa Tenggara...

14 Ekor Domba Milik Warga di NTT Disambar Petir

KUPANG, Dawainusa.com - Sebanyak 14 ekor domba milik peternak di Desa Sangga Ndolu, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote...