Bebas dari Penjara, Ahok Dikabarkan Akan Nikahi Polwan

Bebas dari Penjara, Ahok Dikabarkan Akan Nikahi Polwan

JAKARTA, dawainusa.com Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dikabarkan akan menikah lagi dengan seorang polwan yang merupakan mantan ajudan Veronica Tan.

Kabar ini diperoleh dari pemberitaan sebuah media asing, Asia Times. Dalam pemberitaannya, media ini mengungkapkan siapa saja yang akan mendukung Jokowi di pemilihan presiden 2019.

Dalam media tersebut ditulis bahwa Ahok akan mendahulukan urusan pribadinya sebelum ikut mendukung Jokowi di Pemilu 2019.

Baca juga: Kontroversi Aturan Perempuan-Lelaki Dilarang Duduk Semeja di Aceh

“Prioritas pertama Purnama setelah keluar dari balik jeruji adalah sesuatu yang jauh lebih pribadi. Yakni pernikahannya dengan polisi wanita yang bertugas sebagai pengawal istrinya Veronica,” kutip Asia Times, Selasa (4/9).

Sosok Polwan Pendamping Ahok Belum Diketahui Pasti

Ahok sekarang berstatus sebagai duda, pasca bercerai dari Veronica Tan sejak Rabu, 4 April 2018. Perceraian itu diresmikan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Namun belum diketahui secara pasti siapa sosok polwan yang akan menjadi pendamping hidup Pak Ahok selanjutnya.

Baca juga: Di Aceh, Perempuan dan Laki-Laki Diharamkan Duduk Semeja

Dilansir JawaPos.com, berdasarkan sumbernya di kepolisian, mantan ajudan Veronica yang akan dinikahi Ahok tersebut berinisial P.

Yang jelas, sosok polwan yang dimaksud kerap mendukung Ahok sewaktu mendekam di Mako Brimob Kelapa Dua. Ahok dihukum selama dua tahun penjara sejak bulan Mei 2017 lalu.

Terkait hal ini, adik Ahok, Fifi Lety Indra, kepada Kumparan mengkonfirmasi bahwa ia akan menjelaskan semuanya melalui instagram.

Terpisah, Nana Riwayatie, kakak angkat Ahok, sewaktu ditanyai mengenai kabar ini memilih untuk tidak menanggapi. “Pak Ahok masih sibuk nulis buku,” kata Nana singkat.

Rencana pernikahan ini sebelumnya pernah diungkapkan oleh Nana, pada Agustus 2018 lalu. Riwayatie pernah mengatakan bahwa, setelah bebas, Ahok berencana untuk menekuni bisnis dan juga menikah lagi.

“Pernah bercerita sudah lama. Dia katanya mau menikah lagi kalau bebas. Kalau terjun ke politik, dia enggak bilang. Beliau hanya bilang mau bisnis,” kata Nana.

Kalau memang akan menikah lagi, Ahok dipastikan akan menikah di tahun 2019 ini, karena ia diperkirakan bebas di tahun tersebut. Kapan tepatnya waktu ia dibebaskan, bergantung dengan remisi.

“Tergantung dapat remisi atau enggak, remisinya berapa bulan atau berapa hari,” tutur Fifi dalam wawancaranya dengan Najwa Shihab dalam channel Youtube Najwa (16/4/2018).

Sewaktu natal 2017 kemarin, Ahok mendapatkan pengurangan hukum otomatis 15 hari, karena ia adalah tahanan yang beragama Kristen. Di tanggal 17 Agustus 2018 kemarin, masa tahanan Ahok juga dipotong dua bulan.

Pengurangan masa tahanan diberikan kepada narapidana yang dinilai berkelakuan baik sewaktu dalam masa pidana. Selain itu, pengurangan masa tahanan dilakukan jika narapidana telah menjalani masa pidana lebih dari 6 bulan.*