Bayar Uang Sekolah Anak Lamongan, Kado Akhir Tahun Ahok

Bayar Uang Sekolah Anak Lamongan, Kado Akhir Tahun Ahok

Di penghujung tahun 2017, Ahok mendapat sepucuk surat dari seorang siswi di Lamongan-Jatim yang tidak bisa mengambil izasah karena tunggakan uang sekolah. (Foto: Basuki Tjahja Purnama - ist)

JAKARTA, dawainusa.com Tahun 2017 akan segera berakhir dan tahun baru 2018 akan segera datang. Saat yang tepat untuk mengatakan “selamat tinggal 2017 dan selamat datang 2018″.

Cerita-cerita mengiringi pamit pergi-nya 2017 dan datangnya 2018 diwarnai kisah-kisah haru. Salah satunya, kisah tentang seorang siswi SMAN 30, Lamongan-Jawa Timur yang mengirim sepucuk surat untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Sepucuk surat itu ditulis siswa tersebut karena dirinya belum bisa mengambil ijazah lantaran tunggakan uang sekolah. Kepada Ahok, yang kini sedang mendekap dalam penjara di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat itu, anak tersebut meminta bantuan untuk menebus tunggakkannya sehingga dia bisa memperoleh ijazah SMA-nya.

Baca juga: Soal Banjir, Ulama Jakarta Turun Tangan Sandiaga Kaget

Kebenaran kisah ini disampaikan staf pribadi suami dari Ibu Veronica Tan itu, yakni Nathanael. Nael, begitu dirinya disapa mengungkapkan bahwa anak tersebut berani mengirim surat ke Ahok mungkin karena melihat dan mendengar rekam jejak Ahok yang tidak sungkan-sungkan untuk membantu kaum miskin.

“Anak itu mungkin lihat di medsos soal Pak Ahok banyak bantu siswa tidak mampu untuk penebusan ijazah. Dia coba tulis surat ke Mako Brimob, ditanggepin sama Bapak. Pak Ahok balas surat anak itu dan disuruh hubungi saya, saya yang akan bantu urus ijazahnya,” ujar Natanael, sebagaimana dilansir kompas.com, Sabtu (30/12).

Ahok Sekarang Masih Seperti Ahok yang Dulu

Soal empati terhadap orang-orang kurang mampu atau miskin, Ahok yang sekarang masih seperti Ahok yang dulu. Ahok yang ‘ringan tangan’ mengulurkan kasih kepada mereka yang memang membutuhkan bantuannya tanpa memandang latar belakang suku, agama, ras, etnis dan golongan.

Kepada sang anak tersebut, Ahok membalas dengan sepucuk surat yang berisi kesediaannya untuk menebus tunggakan anak tersebut. Dalam surat tersebut, ayah tiga anak itu meminta siswa asal Lamongan itu untuk menghubungan Nathanael, stafnya.

Baca juga: Soal Pengusutan Kasus Novel Baswedan, Ini Tuntutan KPK ke Jokowi

Siswi itu pun benar-benar menghubungi Nathanael. Awalnya Nathanael enggan percaya. Namun, setelah siswi tersebut mengirim lampiran surat balasan dari Ahok, ia pun percaya dan melaksanakan instruksi bos-nya itu.

Nael pun menghubungi pihak sekolah bahwa pak Ahok ingin membantu anak yang masih menunggak uang sekolah. Awalnya, pihak sekolah sempat tidak percaya.

“Saya bilang ke kepseknya ‘Oh benar saya mau bayar, mana nomor rekeningnya? Saya minta rinciannya deh Pak, mana rinciannya biar difoto sama si anak buat bukti saya juga ke Pak Ahok’,” ujar Nael.

Namun, sebelum Nael melunasi tunggakan anak tersebut, tiba-tiba si anak tersebut menginformasi kepada dirinya bahwa pihak sekolah sudah memberi ijazahnya. Si anak itu mengirim bukti foto ijazah, cap tiga jari dan videonya kepada Nael.

Menurut Nathanael, kerelaan bos-nya untuk membayar uang sekolah si anak dari Lamongan itu menunjukkan bahwa Ahok sekarang masih seperti Ahok yang dulu. Ahok yang tidak bisa tidak berbuat sesuatu di hadapan fakta orang lain membutuhkan bantuan.

Tidak hanya itu, apa yang dilakukan terhadap anak dari Lamongan itu, bagi Nathanael merupakan hal yang luar biasa. Ini di luar kebiasaan selama ini.

“Pak Ahok masih punya waktu banyak lagi ya. Kalau di Jakarta sih masih oke-lah, tapi ini Lamongan. Kenal juga enggak, sekolahnya Lampongan di mananya juga enggak tahu. Ini luar biasa,” ungkapnya.

Berikut isi surat yang ditulis Ahok:

“Saya juga sama seperti kamu berpikir. Kapan keadilan sosial dapat terwujud. SATU-SATUnya harus masuk ke dalam sistem dan melawan Pejabat Korup, kita harus jadi pejabat (itu nasehat almarhum bapak saya)… Soal Ijazahmu yang nyangkut, kamu coba SMS/WA ke staf saya, namanya Natanael. 085216031888 atau 0811807669. Mudah-mudahan bisa membantu agar kamu bisa kerja, Tuhan Memberkati dan Melindungi kita, ” tulis Ahok. * (RSF)

Surat balasan ahok untuk siswi Lamongan

Surat balasan Ahok untuk siswi Lamongan (ist)