Dawainusa.com — Alwiansyah, si bocah viral, kini memang telah menjadi penyanyi cilik pendatang baru di jagad musik Indonesia. Berkat popularitasnya di media sosial, ia diundang oleh berbagai stasiun televisi dan bertemu dengan selebritas papan atas.

Namun, kisah awal mula remaja asal Kolaka, Sulawesi Tenggara, ini begitu sederhana.

Pada awal mula, pamannya, Basman, mengaku iseng mengunggah video Alwiansyah yang sedang bernyanyi dengan memperlihatkan ekspresi penuh penghayatan dan unik di akun Facebook-nya. Video tersebut mencuri perhatian netizen dan mendadak viral.

Hal itu diungkapkan Basman dalam sebuah acara bersama Denny Cagur dalam acara di Youtube Denyy Cagur TV, Sabtu (29/8).

Baca Juga: Bocah Viral Alwiansyah dapat Hadiah Jam Tangan dari Irwan Mussry

Alwiansyah Viral karena Videonya Diunggah ke Medsos

Dalam obrolan dengan Denny Cagur, Basman menceritakan bahwa awal mula video Alwiansyah viral karena diunggah ke media sosial.

Ia menduga bahwa keponakannya itu tidak sadar ketika merekam dirinya sendiri yang sedang bernyanyi dengan keadaan kamera handphone menyala.

Kemudian video tersebut terekam dan tersimpan di galeri handphone Basman. Karena keisengan melihat-lihat galeri video, Basman pun mengunggah video itu ke Facebook.

“Iseng-iseng (upload) lihat videonya sih kocak. Dia enggak sangka kayaknya (kamera) videonya on (hidup). Dia kayak gini (peragakan seperti video yang viral),” ungkapnya.

Basman menuturkan, sebelum terkenal, keluarga Alwi hanya menggunakan satu handphone untuk digunakan bersama-sama secara bergantian.

Ketika berada di rumah, kata Basman, ponaannya terbiasa bernyanyi dengan ekspresi yang unik tersebut. Hal itu untuk menghibur dirinya.

Terkadang, ia bernyanyi di depan cermin dengan ekspresi kocak, kata Basman.

“Dia kan dulu enggak punya (handphone), ada kan di lemari, ada cermin, dia suka hibur dirinya sendiri, sembunyi lagi, sembunyi lagi, tertawa sendiri,” terang Basman.

Alwiansyah kini telah didapuk dan tinggal bersama Posan Tobing, mantan drummer KotaK, di Cibubur, Jakarta, untuk melanjutkan karir musiknya di ibukota.

Posan Tobing sendiri telah berjanji akan mengorbitkan remaja Kelas 1 SMP Kolaka itu untuk terjun ke industri musik profesional di tanah air.*