Alasan Orang Ingin Jadi PNS, Tak Hanya Soal Gaji yang Menjanjikan

Alasan Orang Ingin Jadi PNS, Tak Hanya Soal Gaji yang Menjanjikan

JAKARTA, dawainusa.com Tes Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2018 sudah digelar. Ini semacam ‘rahmat’ yang dinantikan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan, saking semangatnya memburu rahmat, sejumlah peserta CPNS di sebuah daerah mengamuk hingga kursi dipatahkan.

Kita coba memahami gairah di balik itu. Merubah nasib menjadi lebih baik dengan gaji yang cukup, menjadi kerinduan setiap orang. Kegelisahan di akhir bulan lantaran tuntutan ekonomi yang semakin mendesak, setidaknya bisa diminimalisir.

Pernyataan perencana keuangan Budi Raharjo beberapa waktu lalu bisa menegaskan hal ini. Menurut Budi, masyarakat Indonesia kebanyakan ingin menjadi PNS karena tergiur akan penghasilannya.

Baca juga: Instruksi Presiden Jokowi Soal Penggunaan Dana Desa

“PNS itu penghasilan mereka tidak sekedar dari gaji, ada tunjangan, dan manfaat lainnya,” ujar Budi seperti dikutip Kompas.com, pada September lalu.

Selain gaji yang cukup menjanjikan, Budi juga menyinggung soal hari tua. Ada anggapan bahwa kehidupan PNS di hari tuannya akan terjamin. Sebab, para pensiunan PNS akan mendapat dana pensiun tiap bulannya. Besaran dana pensiun yang didapatkan PNS, yakni 75 persen dari gaji pokok terakhir mereka.

“Saat mereka sudah pensiun mereka akan mendapatkan dana pensiun. Jadi penghasilan mereka tetap berjalan terus meski sudah tidak kerja,” kata Budi.

Jika mau jujur, tak ada yang salah dengan hal tersebut. Semua orang butuh uang. Semua orang menghendaki keadaan ekonominya baik. Semua orang ingin hidup berkecukupan di hari tuanya. Semuanya, sah-sah saja, selagi totalitas pengabdian menjadi prioritas utama.

Dawainusa coba merangkum hasil wawancara dengan 20 anak muda di Jakarta terkait alasan mereka ingin menjadi PNS. Beberapa hal yang dirangkum di bawah ini tentunya bukan menjadi representasi seluruh masyarakat Indonesia soal motif di balik kegairahan mereka menjadi PNS.

Para peserta mengamuk, kursi dipatahkan

Para peserta CPNS di Kabupaten Manggarai, NTT mengamuk, kursi dipatahkan – VoxNTT

1. Tunjangan Kinerja

Tunjungan merupakan tambahan seseorang dalam sebuah pekerjaan. Namun, tak semua pekerjaan seorang mendapatkan tunjangan. Ada beberapa tahapan tersendiri untuk mendapatkan itu. Ketika Anda menjadi PNS, pastinya seseorang mudah mendapatkannya.

Biasanya, tunjangan kinerja akan diterima seseorang bersamaan dengan gaji pokok tiap bulan. Aturan mengenai tunjangan bagi PNS diatur dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Dengan demikian, ada kepastian setiap PNS mendapatkannya.

2. Tunjangan pensiun

Kelebihan seseorang mengingkan menjadi PNS adalah adanya tunjangan pensiun. Beberapa perusahaan lain, ada yang memberikan dan ada yang langsung mendapatkan pesangon.

Namun untuk PNS, sistem tunjangan akan dibayarkan sampai PNS tersebut meninggal. Aturan mengenai tunjangan bagi PNS diatur dalam Pasal 91 di Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

3. Mudah mendapatkan pinjaman bank

Selain mendapatkan berbagai tunjangan, PNS juga diberikan kemudahan ketika ingin mengambil pinjaman di bank. Status sebagai aparatur negara menjadikan bank memberikan layanan dan kemudanaan untuk itu. Apalagi kalau ada jaminan Surat Keputusan (SK) PNS akan lebih mudah.

4. Gaji pokok sesuai jabatan dan golongan

Gaji seorang PNS berdasarkan golongannya dan masa kerjanya. Gaji akan bertambah apabila bertambahnya masa kerja dan naiknya sebuah golongan. Selain itu, apabila seseorang menempati posisi-posisi penting, dia akan mendapatkan tunjangan lain.

5. Jaminan kesehatan dan jenjang karier

Menjadi seorang abdi negara, otomatis akan mendapatkan jaminan kesehatan yang telah dipersiapkan oleh pemerintah. PNS mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah baik itu melalui BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Jenjang karier dalam PNS juga terbuka lebar. Kinerja maksimal dari seseorang akan mempengaruhi jenjang kariernya menjadi lebih baik dan tinggi. Ketika itu sudah didapatkan, fasilitas lain akan mengikuti.

6. Jalur karier PNS yang panjang

Pengabdian seorang PNS merupakan pengabdian hidup kepada negara. Seseorang harus mendedikasikan waktu, ilmu, dan tenaganya untuk kepentingan negara. Oleh karena itu, karier seorang PNS panjang dari masa masuknya menjadi PNS hingga dia pensiun antara usia 60-65 tahun sesuai jabatan dan lembaga terkait.*

COMMENTS