Dawainusa.com —Β Artis cantik Luna Maya mengalami patah tulang metatarsal baru-baru ini, demikian informasi yang ditulis Ari Lasso dalam akun Instagramnya, Senin (31/8).

“GWS Kaka @lunamaya yang lagi cedera metatarsal fracture, dikarenakan kisah dan kejadian yang kurang keren…LOL. Speedy recovery biar bisa ngebut n ngakak lagi #arilasso #gwsLunaMaya,” tulis Ari Lasso.

Hal itu dibenarkan Luna Maya melalui unggahan di akun Instagramnya. Artis 37 tahun itu pun mengunggah foto rontgen kakinya yang mengalami cedera.

Luna Maya menjelaskan, kakinya kini ditangani oleh seorang dokter bernama Prof. Nicolaas Budhiparama MD, PhD. Ia pun mengaku harus lebih hati-hati dalam beraktivitas.

“I need to slow down,” tulis Luna Maya.

“Thank you Prof Nico and pak @manojpunjabi. Thank you so much proff,” imbuhnya.

Belum diketahui penyebab kaki mantan pacar Ariel NOAH tersebut. Namun dari unggahan di linimasa Instagramnya, diketahui bahwa ia belakangan ini keranjingan bersepeda.

Ia sempat membeli sepeda lipat merk Brompton beberapa waktu lalu.

Ia juga ternyata memiliki satu sepeda lain seharga Rp60 juta. Bahkan, disebutkan, sepeda itu diterbangkan ke Bali menggunakan pesawat.

Baca Juga: Begini Beda Respon Luna Maya dan Ariel NOAH Saat Ditanya Soal Asmara Masa Lalu

Apa Itu Patah Tulang Metatarsal yang Dialami Luna Maya

Mengutip Detik Health, tulang metatarsal adalah bagian tulang panjang yang berada di kaki, yang menghubungkan pergelangan kaki ke jari-jari kaki.

Tulang ini juga membantu untuk menyeimbangkan tubuh saat berdiri dan berjalan.

Pada kaki manusia, terdapat lima tulang metatarsal. Dari tulang-tulang itu, tulang ke-5 yang menghubungkan tulang luar ke jempol kaki adalah tulang metatarsal. Tulang ini paling sering retak.

Ada berbagai penyebab yang bisa menyebabkan patahnya tulang metatarsal. Salah satunya karena adanya pukulan pukulan tiba-tiba, putaran yang parah pada kaki, atau penggunaan yang berlebihan.

Penyebab patahnya tulang metatarsal lainnya adalah karena stres atau patah tulang traumatis. Misalnya, seperti yang dikutip dari Foot health Fact, yaitu patah tulang metatarsal pertama yang bisa menyebabkan radang sendi.

Ini disebabkan karena jempol kaki sangat sering digunakan untuk menanggung beban lebih berat daripada jari kaki lainnya.

Jenis patah di bagian tulang metatarsal ke-5 yang paling umum dan yang paling dekat dengan pergelangan kaki disebut dengan fraktur Jones.

Jenis patah tulang ini paling sering salah didiagnosis sebagai keseleo pergelangan kaki, dan ini bisa menimbulkan dampak yang serius.