Ahok dan Veronika, Berawal dari Gereja hingga Berakhir di Pengadilan

Ahok dan Veronika, Berawal dari Gereja hingga Berakhir di Pengadilan

Dalam informasi yang beredar, surat gugatan perceraian Ahok tersebut tertanggal 5 Januari 2018 dan didaftarkan oleh kuasa hukum Ahok dari kantor pengacara Fifi Lety Indra & Partners di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Jumat (05/01) sore sekitar pukul 15.00. (Foto: Veronika Tan - ist)

JAKARTA, dawainusa.com Media sosial kembali digemparkan dengan beredarnya surat gugatan cerai yang dilayangkan oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kepada sang istri Veronika Tan.

Dalam informasi yang beredar tersebut, surat gugatan perceraian Ahok tertanggal 5 Januari 2018 dan didaftarkan oleh kuasa hukum Ahok dari kantor pengacara Fifi Lety Indra & Partners di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Jumat (05/01) sore sekitar pukul 15.00.

Senin (8/1), awak media langsung menyambangi kantor Pengadilan Negerei (PN) Jakarta Utara untuk memastikan kebenaran kabar tersebut. Di PN Jakarta Utara, melalui seorang petugas pendaftaran perkara perdata, membenarkan adanya gugatan cerai yang dilayangkan Ahok.

Baca juga: Kabar Orang Ketiga dan Suara Nitizen soal Gugatan Cerai Ahok

“Jumat suratnya masuk jam 14.30 WIB. Itu dia masukin gugatannya jelang tutup kantor. Jadi belum ada yang tahu. Sekarang humas sudah tahu,” kata panitera muda perdata PN Jakut, Tarmuzi, di kantornya, Senin (8/1).

Meski Tarmuzi enggan menunjukkan surat gugatan cerai tersebut, dirinya menjelaskan, surat itu diserahkan oleh kantor pengacara dari Fifi Lety Indra, adik Ahok. Surat itu sudah ditandatangani oleh Ahok. “Ahok tanda tangan di atas meterai 6000, ada juga tanda tangan Lety (adik Ahok),” ucapnya.

Belum Ada Kepastian

Meskipun banyak media yang memberitakan kabar tentang gugatan perceraian sosok fenomenal itu, hingga saat ini  publik masih enggan percaya dengan kabar yang beredar tersebut. Alasan mereka, banyak informasi yang beredar dan memberikan penjelasan yang samar-samar terkait hal ini.

Dari informasi yang dihimpun dawainusa.com, salah satu kuasa hukum Ahok, I Wayan Sudirta mengaku, dirinya sama sekali tidak mengetahui informasi tersebut.

Baca juga: Gugatan Cerai, Suara Terakhir Ahok Dari Mako Brimob

“Saya ada di Bali, (Kabar) itu yang tidak bisa saya jawab, (karena saya tidak tahu, saya belum tahu,” jelas Wayan ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (8/1).

Menurut Wayan, selama ini kondisi keluarga mantan Bupati Belitung Timur itu masih baik-baik saja. Bahkan, Vero dan ketiga anaknya sempat merayakan acara natalan bersama dengan Ahok di rumah tahanannya di Marko Brimob Kelapa dua Depok beberapa waktu lalu.

“Ya, kalau selama ini (hubungan keduanya) bagus, setahu saya selama ini bagus ya. Kalau Pak Ahok dari segi kesehatan bagus-bagus saja,” jelas Wayan.

Tak hanya Wayan, kabar yang mendadak viral itu juga telah ditanggapi oleh keluarga Ahok sendiri. Kakak kandung Ahok, Nana Riwayatie menjelaskan, pihaknya sama sekali belum mengetahui hal tersebut. Nana yang saat ini sedang berada di Tokyo menganjurkan agar hal itu ditanyakan secara langsung ke Ahok sendiri.

“Itu masalah keluarga saya tidak tahu, coba tanya ke yang bersangkutan, saya sedang di Tokyo,” ungkap Nana.

Sementara itu, Pengacara Ahok, Sirra Prayuna mengaku telah melakukan konfirmasi kepada Ahok sendiri. Ia mengatakan, Ahok telah memberitahukan kepadanya bahwa kabar tentang gugatan perceraian itu ialah sama sekali tidak benar.

“Saya bertanya langsung kepada Pak Ahok, ternyata surat itu tidak benar dan Pak Ahok menanyakan tentang surat perceraian yang menjadi viral ini ‘Apakah di Surat tersebut terdapat tandan tangan saya (Ahok)?’. Ahok pun meminta kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak benar, karena dapat merusak bangsa Indonesia,” jelas Prayuna, dilansir bacakoran.net, Minggu (07/01) malam.

Berbeda dengan pengakuan Prayuna, pengacara Ahok, Josefina A Syukur justru membenarkan terkait informasi  gugatan cerai yang dilayangkan Ahok .

“Sore ya, sore banget jam 3 waktu itu (melayangkan surat cerai). Jadi sudah jam tutup pengadilan,” kata Josefina di Jakarta, Senin (08/01).

Josefina mengaku, dirinya yang mengurus sendiri terkait gugatan perceraian Ahok. Dirinya juga memberitahukan, hari ini, ia akan pergi ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara untuk mengambil surat kuasa.

“Ngambil surat kuasa yang kemarin. Memang ada (gugatan cerai Ahok), tetapi suratnya itu yang saya belum baca, yang beredar itu,” tutur Josefina.

Ahok Berpolik, Istri Akan Menceraikannya?

Kabar tentang perceraian ini memang telah lama beredar. Sebelumnya, telah beredar sebuah informasi yang memberitahukan bahwa Ahok diancam cerai oleh istrinya, Veronica Tan, kalau ia kembali terjun ke dunia politik.

Isu ini pun telah ditanggapi oleh Ketua Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Indonesia I Sumateran-Jawa Partai Golkar, Nusron Wahid. Ia menjelaskan, Ahok tidak akan mungkin melepaskan diri dari dunia politik meskipun diancam cerai oleh sang istrinya.

Baca juga: Irjen Pol Raja Erizman, Kapolda NTT yang Pernah Terseret Kasus Gayus

“Saya yakin orang seperti Ahok itu gatel kalau nggak main politik. Meskipun Bu Vero sebagi istrinya mau mengancam cerai kalau (Ahok) mau main politik lagi, anak-anak mengancam mengasingkan diri,” kata Nusron.

Pernyataan ini dilayangkan Nusron di hadapan Veronica Tan dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto ketika mengadakan acara peluncuran buku “Ahok di Mata Mereka” di Ballroom Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta, Rabu (19/7/2017) lalu.

Berawal Dari Gereja Berakhir di Pengadilan

Kisah perjalanan cinta Ahok dan Veronika berawal dari sebuah pertemuan tak sengaja di gereja di daerah Jakarta Utara.

“Pertama ketemu di gereja. Enggak sengaja keinjek kakinya. Jadi ini bukan dari mata turun ke hati, tapi dari kaki naik ke hati,” kata Ahok seraya tersenyum, seperti dilansir tribunnews.com, Senin (8/1).

Baca juga: Pilkada Serentak, Akankah Membawa Dampak Positif Bagi Pertumbuhan Ekonomi?

Ahok mengaku jika pandangan pertamanya jatuh pada Veronica, kakinya yang kokoh mencerminkan jika istrinya tersebut memiliki kepribadian yang kokoh. Tak hanya itu, Ahok juga mengaku terkesima dengan penampilan saat Veronica bermain piano.

Karena merasa cocok, mereka pun berpacaran dan menikah pada tahun 1997. Di pernikahannya yang menginjak umur 20 tahun ini, mereka sudah dikaruniai tiga orang anak, yakni Nicholas Sean, Nathania, dan Daud Albeenner.* (YAH).