Reaksi Ahok Soal Adik Iparnya Pacaran Pakai Mobil Dinas

Dawainusa.com – Sosok Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok menjadi sorotan dalam kasus Bripda Arjuna Bagas, oknum Polantas yang menggunakan mobil dinas patroli jalan raya (PJR) untuk pacaran.

Kabar pelanggaran yang dilakukan Bripda Arjuna Bagas tersebut heboh oleh narasi yang beredar di media sosial baru-baru ini. Disebutkan, Bripda Arjuna Bagas berani melakukan pelanggaran karena iparnya adalah Ahok, sosok Komisaris Utama PT Pertamina yang juga sahabat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Iya, adik istri,” jawab Ahok dikutip detikcom, Sabtu (23/10/2021). Diketahui, Bripda Arjuna Bagas adalah adik dari istri Ahok, Puput Nastiti Devi.

Baca: Sempat Unggah Foto Hoax, Menteri Tjahjo Minta Maaf

Adik Ipar Pacaran Pakai Mobil Dinas

Kasus ini terungkap setelah sebuah foto tersebar di media sosial. Foto yang tersebar di media sosial adalah foto dari dalam mobil. Di dasbor mobil terdapat topi putih Lantas Polri dan terdapat kode mobil PJR pada bagian kaca mobil.

“Ya emang gua akan bilang sama cowo gua? Kita pacaran make mobil dinas ya biar ada strobonya wkwk apa situ mau ikut naik juga? sini dijemput,” demikian tulisan pada foto tersebut.

Foto tersebut diunggah oleh akun Instagram @dianpspita21. Sedangkan polisi yang menggunakan mobil dinas PJR itu adalah pemilik akun Instagram @ar_bagas11 atau Arjuna Bagas.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Induk Turangga 04 Jagorawi Kompol Fitrisia Kamila membenarkan bahwa Arjuna Bagas adalah anggotanya. Kamila juga mengatakan Arjuna Bagas saat ini diperiksa Mabes Polri atas kasus tersebut.

“Iya yang diduga menggunakan kendaraan dinas itu saat ini sedang diperiksa di Mabes Polri,” katanya.

Adik Ipar Pacaran Pakai Mobil Dinas
Unggahan soal adik ipar Ahok – Ist.

Baca: Anji Akhirnya Bebas, Pulang Dijemput Wina Natalia

Reaksi Ahok Soal Kasus Adik Ipar

Ahok menyesalkan namanya dikait-kaitkan dengan pelanggaran yang dilakukan Bripda Arjuna Bagas. Dia juga menegaskan tidak akan ikut campur terkait persoalan ini, melainkan mendukung Polri memberi tindakan tegas.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan tidak akan ikut campur dalam persoalan ini. Dia menyebut Polri sudah mempunyai prosedur hingga sanksi untuk petugas yang melakukan pelanggaran terhadap aturan.

“Saya tidak ikut campur masalah ini. Setiap anggota Polri sudah tahu konsekuensi pelanggaran yang mereka lakukan, termasuk Bripda Arjuna Bagas,” tegasnya.

Ahok menambahkan, dirinya mendukung Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo dan Kakorlantas Irjen Istiono yang menindak tegas adik iparnya. Menurutnya ini bagus untuk pembelajaran agar kasus serupa tidak terjadi di kemudian hari.

Reaksi Ahok Soal Kasus Adik Ipar
Ahok dan adik iparnya, Arjuna Bagas (kanan) – Instagram/@puputnastitidevi

Baca: 10 Artis Indonesia Lulusan Universitas Luar Negeri

“Saya juga mendukung Propam tindak tegas apa yang dilakukan oleh Bripda Arjuna Bagas, yang juga adik ipar saya. Bagus untuk pembelajaran ke yang bersangkutan supaya ke depan tidak boleh sembarangan sebagai seorang anggota Polri,” kata Ahok.

Respons yang sama juga diberikan Ahok saat putranya Nicholas Sean Purnama dituduh melakukan penganiayaan terhadap seorang perempuan bernama Ayu Thalia. Saat itu Ahok melalui pengacaranya menyatakan tidak ikut campur dan meminta putranya mengikuti proses hukum yang berlaku.

“Saya prinsipnya sama kepada siapa pun, bahkan kepada anak kandung sendiri. Reward and punishment harus tegas dan jelas. Taat dan ikuti prosedur hukum dan aturan yang berlaku,” ujar Ahok.

Bripda Arjuna Bagas Ditindak Tegas

Bripda Arjuna Bagas ditindak tegas setelah ketahuan menggunakan mobil dinas PJR untuk pacaran. Arjuna Bagas telah diperiksa Provos Propam Polri dan dimutasikan menjadi staf.

“Ya, sudah diperiksa Provos dan kita mutasikan. (Jadi) staf,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Istiono saat dikonfirmasi, Jumat (22/10/2021).

Namun Istiono mengaku belum tahu seberapa sering Arjuna Bagas menyalahgunakan mobil dinas itu untuk pacaran. Diketahui, Arjuna Bagas sempat viral di media sosial (medsos) karena pacaran menggunakan mobil PJR.

Dalam Surat Telegram (ST) bernomor: Sprin/722/X/KEP/2021, Bripda Arjuna Bagas, yang merupakan Banit Subditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri, dipindah ke Bamin Subbag SDM Bagrenmin Korlantas Polri dalam rangka Pembinaan Hartib. Surat telegram itu diteken Irjen Istiono pada 22 Oktober 2021.*(Dtk)