Dawainusa.com — Sebuah video yang memperlihatkan delapan cewek berhijab menginjak-injak kain berwarna merah putih tengah viral di media sosial.

Video itu menjadi sorotan karena kain yang diinjak segerombolan perempuan cantik itu dilakukan bertepatan dengan momentum perayaan HUT RI ke-75.

Video tersebut diunggah oleh akun Tiktok @kaae01 dan dibagikan kembali oleh akun gosip @berita_gosip hingga akhirnya viral dan menuai kontroversi.

Yang menjadi kontroversi adalah karena netizen menganggap bahwa kain berwarna putih tersebut merupakan representasi Bendera Merah Putih.

Buntut dikritik dan dikecam netizen, video tersebut dihapus oleh pemilik akun. Namun video itu terlanjur viral karena telah diedarkan oleh akun lain.

“Walau video tiktoknya sudah dihapus tapi sudah ke-save sama netizen… Ntah apa tujuan mereka berbuat seperti itu… Miris banget liatnya..” tulis sebuah akun Instagram yang mengunggah kembali video @kaae01.

Baca jugaViral Kisah Anak Kecil Berani Naik Pesawat Sendiri demi Jenguk Ayahnya yang Sakit

Dalam video tersebut, tampak delapan perempuan dengan kostum seragam membentangkan sebuah kain merah putih di sebuah tempat di bawah pohon.

Kemudian salah seorang dari mereka tampak berada di atas atap untuk mengarahkan posisi yang lainnya.

Kemudian, mereka berpose dengan duduk dan beralaskan kain merah putih itu. Pose mereka tampak berbeda-beda.

Namun tak cuma duduk-duduk, mereka juga menginjak-injak bendera tersebut dan asyik berfoto-foto di atasnya layaknya model.

Tangkapan layar video viral delapan perempuan menginjak-injak kain berwarna merah putih.
Tangkapan layar video viral delapan perempuan menginjak-injak kain berwarna merah putih.

Baca Juga: Intip Kisah Ngatimin, Pejuang Indonesia Saat Lawan Belanda yang Kini Jual Mainan

Aksi Injak Kain Merah Putih Dihujat Netizen

Menanggapi aksi kedelapan wanita tersebut, netizen pun geram dan melontarkan berbagai hujatan kepada pembuat konten itu.

Mereka menyayangkan sikap etis delapan yang tidak menghargai bendera tersebut. Padahal untuk merebut kemerdekaan, butuh perjuangan panjang.

“Astaga… Hanya karena konten akun tiktok @kaae01sampai nginjek bendera Indonesia. Gimana menurut kalian??,” tulis keterangan dalam video tersebut.

“Hahaha rapi, cantik, miskin adab,” kata seorang netizen.

“Bendera nyentuh aspal dikit aja ga boleh apalagi ini diinjek-injek,” komentar netizen lainnya.

“Pahlawan bertaruh nyawa demi berkibarnya bendera, ehhh ini dijadiin alas, sedih,” ujar yang lainnya.

“Apa dia gak tau, untuk bisa ngibarin bendera kita itu susah. Nah ini malah di injek2,” tulis akun @hartinas.

“Bendera gaj sengaja nyentuh tanah aja disuruh push up 100 kali sama senior ini malah diinjek-injek. Heran gua mah banyak orang cantik tapi kelakuannya aneh aneh,” tulis akun @riskaaryananda.

“Pahlawan sampe rela kehilangan nyawa demi merebut kemerdekaan Indonesia. Eh sama generasi micin, gada harganya!!! Sakit hati ini,” tulis @pratiwiidyaaah.

Tak berselang lama, akun @kaae01 kembali mengunggah video lain untuk memberikan klarifikasi mengenai kejadian tersebut.

Pemilik akun mengatakan bahwa kain yang dipakai dalam video sebelumnya itu sudah sering dipakai mereka untuk foto, dan bukan bendera merah putih.

“Terkait video kmi yg lg viral.ini bkan bendera ya guys, itu kain yg biasa kami pkai untuk fto2, netizen memang maha benar #dirgahayuindonesia75”, tulis pemilik akun, seperti dilihat di Tribun Jatim, Selasa (18/8).