Dawainusa.com – Pernah menyantap makanan yang dibungkus daun pisang? Atau, pernahkah menyantap makanan dengan daun pisang sebagai alasnya?

Rasa makanan atau nasi yang dibungkus memakai daun pisang disebut-sebut lebih enak dan wangi. Masyarakat Asia sendiri sudah melakukan kebiasaan tersebut sejak dahulu, dan masih terus dilakukan hingga saat ini.

Baca jugaWanita Bertubuh Montok, Jaminan Anak Cerdas

Tidak hanya menambah kelezatan dan aroma, ternyata menggunakan daun pisang sebagai bungkus atau alas makan memberi manfaat tersendiri. Berikut ini 6 kelebihan daun pisang sebagai bungkus makanan seperti dilansir laman healthmeup.

1. Mengandung Anti Oksidan

Mengandung Anti Oksidan
Kelebihan daun pisang: Anti Oksidan – Ismed Hasibuan

Pada daun pisang terdapat kandungan polifenol epigallocatechin gallate yang juga disebut EGCG yang sama dengan kandungan pada teh hijau. Itu merupakan jenis antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas.

Saat makanan hangat diletakkan di atas daun pisang, maka senyawa tersebut juga terserap oleh makanan yang akan Anda konsumsi. Terdapat juga senyawa antibakteri di dalam daun pisang yang bisa meminimalisir bakteri dalam makanan.

2. Lebih Beraroma

Kelebihan Daun Pisang - Makanan Enak dan Beraroma
Makanan Lebih Beraroma – Ganapathi Subbaiah

Daun pisang memililiki lapisan lilin yang dapat menghasilkan aroma. Saat makanan panas diletakkan dalam daun pisang, lilin ini akan meleleh dan menambah rasa ke makanan sehingga membuat makanan terasa lebih enak.

Baca jugaFakta-fakta di Balik Aksi Nekat 3 Siwi SMA Buka Bra Saat Live IG

3. Mudah Terurai

Bungkusannya Lebih Terurai
Kemasannya Mudah Terurai – Engdao Wichitpunya

Untuk kebersihan lingkungan, daun pisang pasti lebih ramah lingkungan sebab mudah terurai saat dibuang di alam. Ketimbang kemasan bungkus lainnya, memilih daun pisang berarti membantu melestarikan lingkungan juga.

4. Lebih Higienis

Kemasannya Lebih Higienis
Kemasannya Lebih Higienis – Ismed Hasibuan

Kelebihan daun pisang lainnya adalah lebih higienis ketimbang pembungkus makanan lain. Anda tak perlu mencuci daun pisang sebelum digunakan, cukup dengan dielap memakai lap bersih saja, daun pisang sudah bisa dipakai.

5. Lebih Aman

Alas Makanan yang Aman
Lebih Aman – Santhosh Sarathi

Daun pisang pastinya tak mengandung partikel kimia yang bisa membahayakan kesehatan. Berbeda dengan plastik, kertas, atau styrofoam. Segala sesuatu yang alami pastinya aman bagi tubuh manusia.

6. Lebih Praktis

Daun Pisang Lebih Praktis
Daun Pisang Lebih Praktis – Jit Lim

Bungkus daun pisang sangat praktis. Anda tak perlu mencucinya usai makan, tinggal buang saja ke tempat sampah. Selain itu juga ringan, apalagi untuk bekal piknik.